Langsung ke konten utama

10 Cemilan yang Boleh Dimakan Pada Malam hari : Enak, Sehat dan Tidak Bikin Gemuk !

Advertisement
10 Cemilan yang Boleh Dimakan Pada Malam hari : Enak, Sehat dan Tidak Bikin Gemuk !

Sering ngemil dimalam hari ?. Hati-hati lho, jika kamu salah pilih cemilan, bisa-bisa berat badan mu naik dan kamu jadi gendut nantinya. Kan enggak banget bukan ?

Ngemil merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan sekali. Apalagi bagi kalian yang sudah terbiasa ngemil, bisa dibilang, hidup kurang lengkap rasanya kalau tidak ngemil.

Namun tahukan kalian, ternyata kebiasaan ngemil ini tidak baik untuk berat badan lho. Apalagi kamu ngemilnya tidak kenal waktu. Misalkan pada malam hari.

Kenapa ngemil pada malam hari dapat membuat gendut ?

Berbeda dengan siang hari, pada malam hari aktifitas fisik cenderung berkurang, sehingga pembakaran kalori pada tubuh tidak berjalan maksimal.

Jika kamu terlalu banyak ngemil pada malam hari, kalori yang dihasilkan dari cemilan yang kalian konsumsi akan masuk ke tubuh tanpa melalui pembakaran, yang kemudian akan disimpan menjadi lemak pada seluruh tubuh anda.

Celakanya ketika ngemil terkadang kita juga tidak sadar sama sekali berapa banyak kalori yang telah kita konsumsi, apalagi ketika kita mengkonsumsi cemilan sambil melakukan aktifitas menyenangkan seperti nonton tv, ngobrol santai, belajar, membaca buku dan lain-lain.

Hal ini juga dapat diperparah dengan jenis cemilan yang kita konsumsi. Gorengan, coklat, dan makanan-makanan berminyak merupakan cemilan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia, namun cemilan-cemilan tersebut merupakan cemilan yang memiliki kalori tinggi.

Jika kalian memang benar-benar ingin ngemil atau memang sedang kelaparan pada malam hari, menghindari makanan-makanan yang berkalori tinggi merupakan cara yang tepat untuk mencegah masalah kegemukan.

Berbagai cemilan rendah kalori yang cocok dikonsumsi pada malam hari 

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena beberapa makanan dibawah ini merupakan makanan rendah kalori yang sangat cocok sekali kalian jadikan cemilan pada malam hari :

Popcorn 

Popcorn merupakan cemilan yang menyenangkan sekali, selain rasanya nikmat, popcorn juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik terhadap kesehatan. Cocok dibawa sambil bersantai, mengerjakan tugas atau ketika sedang meonoton tv.

Anda dapat membeli popcorn kemasan pada supermarket-supermarket terdekat kemudian dimasak dengan dipanaskan pada microwave arau panci. Ketika popcorn mulai mengembang, itu tandanya popcorn siap untuk dikonsumsi.

Telur

Khusus buat kalian yang benar-benar kelaparan pada malam hari, kalian bisa mensiasatinya dengan mengkonsumsi telur sebagai cemilan. Tenang saja, telur merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi namun tetap rendah kalori. 

Selain itu, telur juga memiliki kandungan protein yang tinggi, dapat dapat membantu menambah massa otot, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan alternatif penghasil energi.

Kalian dapat mengambil 1 - 2 butir telur, kemudian merebusnya hingga beberapa menit.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis cemilan yang sangat nikmat sekali, rasanya renyah, gurih dan cepat membuat kenyang. Jenis cemilan dari kacang-kacangan juga sangat cocok sekali dikonsumsi ketika sedang bersantai.

Selain nikmat, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang kaya kandungan protein, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Hampir semua jenis kacang-kacangan dapat anda jadikan cemilan yang nikmat pada malam hari, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang merah, kacang mede dan lain-lain. 

Susu dan produk olahan susu

Susu merupakan minuman sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Jika kamu lagi pengen ngemil, atau sedang kelaparan pada malam hari, susu ini juga dapat kamu jadikan cemilan lho...

Susu merupakan makanan yang bernutrisi tinggi, kaya akan kandungan kalsium, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kalian dapat meminum susu sambil nonton tv, belajar, atau ketika sedang bersanti dirumah. Agar lebih nikmat, alternatif lainnya kalian juga dapat mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt atau keju.

Kuaci

Cemilan yang berasal dari biji bunga matahri ini juga sangat cocok sekali untuk menemani aktifitas santai kita. Walaupun bentuknya kecil dan terkadang membuat kita jengkel ketika membuka kulitnya, ternyata kuaci ini sangat bermanfaat sekali lho untuk kesehatan tubuh kita.

Kuaci memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, terutama kandungan vitamin E nya. Vitamin E yang terdapat pada kuaci terolong tinggi sekali. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

Ternyata kuaci ini memiliki manfaat yang luar biasa sekali bukan ?

Apel

Buah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita bukan. Apel merupakan buah yang memiliki serat yang tinggi, dapat membuat kita kenyang lebih lama dan tentu saja buah ini merupakan buah yang rendah kalori. Kandungan vitamin dan mineralnya juga banyak, sehingga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Jika kalian kelaparan pada malam hari, atau hanya sekedar ingin ngemil, buah yang satu ini bisa anda jadikan pilihan tebaiknya.

Coklat hitam

Siapa yang bilang semua coklat itu gak baik untuk berat badan. Kalau kamu pencinta coklat, kamu juga dapat ngemil coklat pada malam hari, namun pilih jenis coklat hitam ya...

Dark chocolate atau coklat hitam merupakan jenis coklat yang sangat bergizi sekali, berbeda dengan coklat-coklat yang banyak di jual di toko atau supermarket, coklat hitam ini merupakan coklat yang rendah gula sehingga sehingga sangat aman untuk berat badan anda.

Selain itu, dark chocolate juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang telah terbukti secara medis dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, melawan peradangan, dan mampu memperbaiki mood kamu. 

Pisang

Buah yang satu ini memang penyelamat sekali bila sedang kelaparan pada malam hari. Selain mengenyangkah pisang ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Oleh sebab itulah, siapkan beberapa buah pisang pada lemari pendingin mu, agar bisa kalian nikmati jikalau pengen ngemil atau sedang kelaparan pada malam hari.

Alpukat

Banyak yang menjadikan buah ini sebagai menu sarapan sehat, karena mengenyangkan dan rendah kalori. Namun jika kalian sedang kelaparan atau pengen ngemil pada malam hari, buah ini juga bisa kamu jadikan pilihan terbaiknya.

Alpukat merupakan salah satu makanan yang paling sehat di planet ini, alpukat memiliki lebih dari 25 nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Aneka sayuran

Gak lengkap rasanya jika tidak memasukkan sayuran kedalam daftar cemilan yang dapat kita konsumsi di malam hari. Sayuran merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi dan vitamin, memiliki cukup serat dan tentu saja jenis makanan dari sayuran ini merupakan makanan yang sangat rendah kalori.

Kalian dapat makan sayuran sebanyak-banyaknya tanpa takut dihantui oleh masalah kegemukan, untuk lebih nikmat, kalian juga bisa mengkombinasikan sayuran tersebut menjadi menu-menu yang menarik, seperti salad, jus sayur, atau gado-gado.
Advertisement