Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Secara Alami

Jerawat merupakan masalah kulit yang menjengkelkan sekali, biasanya jerawat menyerang area kulit wajah berbentuk bulat-bulat berwarna merah dan ketika sudah meletus akan menimbulkan bekas jerawat bopeng-bopeng yang enggak enak banget dipandang.

Jenis jerawat biasanya dibagi menjadi dua yaitu jerawat kecil-kecil dan jerawat besar atau biasa disebut dengan jerawat batu.

Jerawat kecil-kecil masih tergolong jerawat yang ringan namun jika jerawat yang muncul berbentuk besar dan bernanah itu sudah termasuk jenis jerawat batu dan susah sekali untuk dihilangkan, jika perawatannya tidak tepat malah akan menimbulkan bekas jerawat yang berbentuk bopeng-bopeng seperti lubang.

Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat secara alami

Tentu anda ingin sekali untuk menghilangkan jerawat ini bukan, selain merusak penampilan, kulit wajah yang terserang jerawat juga terasa tidak nyaman dan risih sekali. untuk itulah anda sangat perlu sekali tips cara ampuh untuk mengatasi dan membersihkan jerawat secara tuntas dengan cara yang mudah yaitu menghilangakn jerawat menggunakan bahan-bahan obat herbal tradisional alami atau secara alami.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghilangkan jerawat secara tradisional alami, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah kita tersebut, agar kita bisa meminimalisir timbulnya jerawat atau jika anda saat ini telah terkena jerawat dengan mengetahui penyebab timbulnya jerawat anda bisa mencegah terjadinya jerawat pada kulit wajah anda lagi di kemudian hari.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang umum sekali terjadi pada manusia, timbulnya jerawat biasanya ditandai dengan muncul nya bintik-bintik merah pada bagian tubuh misalnya saja wajah, punggung dan dada, namun kasus yang paling sering terjadi adalah jerawat yang timbul pada kulit area wajah.

Hampir 54 % orang di dunia pernah mengalami jerawat, terutama bagi mereka yang sedang mengalami masa remaja, tidak perduli laki-laki atau perempuan sama-sama beresiko terserang jerawat ini, namun ada fakta yang menarik bahwa remaja laki-laki cenderung mengalami jerawat dengan skala berat dibandingkan dengan remaja perempuan.

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik faktor dari dalam tubuh maupun faktor dari luar tubuh, untuk lebih jelasnya mari kita simak berbagai penyebab jerawat yang paling umum sekali mempengaruhi timbulnya jerawat pada kulit wajah tersebut.

Hormon

Timbulnya jerawat pada kulit wajah paling sering terjadi pada remaja, tentu anda sering sekali bukan melihat anak-anak yang menginjak masa remaja tiba-tiba mengalami masalah jerawat ini, timbulnya jerawat pada saat anak-anak menginjak remaja ini diduga karena faktor meningkatnya hormon testosteron ketika mereka memasuki masa pubetas.

Selain itu ketidakseimbangan hormon juga sering terjadi pada wanita terlebih lagi pada wanita yang sedang menjelang periode menstruainya, sedangkan bagi wanita hamil jerawat akan muncul pada 3 bulan pertama kehamilan.

Keturunan

Jerawat juga dapat timbul karena faktor keturunan, jika salah satu atau kedua orang tua kita pernah menderita jerawat kemungkinan besar kita juga akan terkana jerawat, bahkan menurut penelitian jika kedua orang tua kita menderita jerawat yang cukup parah kemungkinan besar kita juga akan menderita jerawat yang lebih parah daripada orang tua kita.

Kosmetik

Kosmetik juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat, kasus yang sering terjadi jerawat akibat kosmetik adalah ketika bahan yang digunakan oleh kosmetik tidak sesuai dengan jenis kulit wajah atau karena kulit wajah yang terlalu sensitif terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut, selain itu pemakaian kosmetik yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena dapat menyumbat pori-pori kulit wajah.

Kebersihan kulit wajah

Kebersihan kulit wajah juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat pada kulit wajah anda, umumnya hal ini terjadi karena setelah beraktifitas seharian kulit akan menjadi kotor dan berdebu namun anda tidak membersihkannya sehingga dapat menyebabkan bakteri dan kuman mudah berkembang biak.

Jenis kulit

Jenis kulit juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat pada kulit wajah anda, biasanya jenis kulit yang berminyak lebih beresiko terserang jerawat karena pada kulit yang berminyak debu dan kotoran sangat mudah untuk menempel, oleh sebab itu jika anda memiliki kulit wajah ang berminyak anda harus rajin membersihkannya setiap hari sehabis beraktifitas atau kegiatan lain yang dapat menyebabkan kulit wajah anda menjadi kotor.

Cara mengobati jerawat secara alami

Pada saat ini memang telah banyak sekali beredar produk-produk atau obat-obatan untuk menghilangkan jerawat, baik pada apotik atau toko kosmetik terdekat. Namun jika anda ingin perawatan jerawat yang lebih ramah dan aman, pengobatan jerawat secara alami juga dapat anda jadikan pilihan terbaiknya. Selain ramah dan aman cara menghilangkan jerawat secara alami juga lebih mudah dan murah, bahkan bahan-bahanya dapat anda temukan disekitar rumah anda.

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan tradisional alami, mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Madu

Madu merupakan bahan alami yang telah dipercaya dari zaman dahulu dapat menyehatkan dan membuat cantik kulit wajah, dan ternyata madu juga sangat berkhasiat sekali untuk membantu mengobati jerawat yang membandel dari kulit wajah anda karena madu memiliki kandungan antibiotik, antibakteri dan antioksidan yang sangat tinggi, mampu mempercepat penyambuhan penyakit kulit maupun masalah kulit lainnya termasuk jerawat.
  • Oleskan madu dikapas lembut.
  • Lalu tempelkan ke bagian jerawat yang ada di kulit wajah anda.
  • Diamkan hingga 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas hingga besih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Lidah buaya

Siapa sangka ternyata tanaman lidah buaya juga sangat ampuh sekali untuk mengusir jerawat, mungkin selama ini yang anda tahu bahwa lidah buaya hanya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut saja, namun ternyata tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit. Lidah buaya telah dimanfaatkan secara turun temurun untuk membantu meredakan peradangan kulit termasuk peradangan kulit akibat jerawat. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu menyerap, kotoran, debu dan minyak berlebih pada kulit wajah anda, seperti yang kita ketahui bahwa minyak dan debu yang menempel pada kulit wajah merupakan penyabab umum yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit wajah.
  • Ambil bagian tanaman lidah buaya secukupnya.
  • Potong lidah buaya.
  • Ambil dagingnya saja yang berupa gel.
  • Lalu oleskan gel tersebut ke area wajah yang terkena jerawat.
  • Biarkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Tomat

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat yang baik sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit, selain dapat menghaluskan kulit wajah ternyata tomat juga sangat berkhasiat sekali untuk membantu mengobati jerawat. Tomat memiliki kandungan vitamin C dan A sehingga sangat baik sekali untuk kesehatan kulit termasuk dalam hal menghilangkan jerawat.
  • Sediakan 2-3 buah tomat.
  • Tumbuk atau blender hingga halus dan pisahkan airnya,
  • Lalu pakailah untuk masker tomat yang sudah anda haluskan tersebut.
  • Diamkan sampai 20 - 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin setiap hari.

Lemon

Buah lemon juga sangat ampuh sekali untuk membasmi jerawat yang membandel pada kulit wajah. Lemon memiliki kandungan vitamin C, asam sitrat dan antioksidan alami, dapat menghilangkan jerawat dengan cepat serta mencegahnya untuk tumbuh kembali.
  • Siapkan 2-3 buah lemon.
  • Peras buah lemon lalu ambil airnya.
  • Kemudian oleskan air perasan buah lemon tadi dikapas lembut.
  • Lalu tempelkan kapas ke bagian jerawat yang ada di kulit wajah anda.
  • Diamkan hingga 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Mentimun

Gak cuma dapat dijadikan lalapan, ternyata mentimun juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Timun memiliki efek anti inflamasi, anti peradangan dan sifat dingin yang menenangkan, dapat menyejukkan wajah yang berjerawat, mengatasi peradangan pada jerawat dan menghilangkan jerawat tersebut dengan tuntas.
  • Ambil 1-2 timun.
  • Blender atau tumbuk hingga halus.
  • Pisahkan ampas timun dengan airnya.
  • Kemudian gunakan untuk masker ampas timun tersebut selama 30 - 40 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Daun kemangi

Tanaman yang memiliki aroma sedap ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat, selain bisa digunakan sebagai ramuan untuk menghilangkan bau badan ternyata daun kemangi bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati jerawat yang membandel pada kulit wajah kita. Daun kemangi memiliki kandungan anti oksidan, anti inflamasi dan anti bakteri. Dapat menumpas tuntas peradangan jerawat, dapat mengusir bakteri penyebab jerawat serta dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat jerawat.
  • Ambil 10 - 15 helai daun kemangi segar.
  • Kemudian lumat atau tumbuk jangan sampai terlalu halus.
  • Siapkan panci dan masukkan satu gelas air.
  • Kemudian rebus air bersama daun kemangi hingga tercium aroma.
  • Biarkan dingin terlebih dahulu.
  • Kemudian celupkan kapas ke dalam ramuan daun kemangi tersebut dan oleskan ke bagian area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Jeruk nipis

Buah yang satu ini masih termasuk keluarganya buah lemon, jeruk nipis juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengobati jerawat yang membandel dari kulit wajah. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat, antioksidan alami dan vitamin C yang tinggi. Dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, dapat mengobati peradangan akibat jerawat serta dapat membersihkan kulit wajah dari noda dan perubahan warna.
  • Siapkan 1 - 2 buah jeruk nipis.
  • Potong lalu peras, ambil airnya saja.
  • Kemudian campurkan dengan madu 1 - 2 sendok.
  • Lalu oleskan pada area wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, vitamin E sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak serta mengatasi berbagai permasalaha kulit, termasuk masalah kulit wajah berjerawat.
  • Siapkan buah alpukat setengah potong saja.
  • Lalu blender atau tumbuk buah alpukat.
  • Campurkan dengan 1 sendok madu dan 1 sendok air perasan jeruk nipis.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit wajah yang tumbuh jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih. 
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Stroberi

Buah stroberi memang tergolong buah yang langka, mungkin anda hanya bisa menemukan buah ini di beberapa supermarket besar, namun tahukah anda bahwa buah stroberi ini ternyata sangat bermanfaat sekali untuk mengobati jerawat karena buah stroberi banyak mengandung asam salicylic yang mampu merangsang epidermis atau lapisan atas kulit untuk melepaskan sel-sel kulit yang rusak, zat salicylic ini juga dapat mendorong perkembangan sel-sel kulit baru dan mencegah terjadinya infeksi akibat jerawat.
  • Siapkan 1 buah stroberi.
  • Lalu tubuk atau blender sampai halus.
  • Campurkan dengan 1 sendok madu.
  • Aduk sampai merata.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Kunyit

Tahukah anda bahwa kunyit yang sehari-hari kita gunakan sebagai bumbu dapur untuk aneka masakan ternyata memiliki khasiat yang baik sekali untuk kesehatan kulit terutama untuk membantu memasmi jerawat yang membandel pada kulit wajah anda, kulit memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat menangkal perkembangan bakteri jerawat pada kulit wajah anda, selain itu kunyit juga memiliki senyawa aktif yang disebut curcumin. Curcumin yang terdapat pada kunyit tersebut memiliki sifat anti inflamasi, mampu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan serta menyembuhkan peradangan akibat jerawat.
  • Siapkan 1 - 2 potong kunyit.
  • Lalu blender atau tumbuk kunyit sampai halus.
  • Kemudian oleskan pada bagian area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilsa area wajah anda sampai bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Wortel

Wortel merupakan jenis sayur dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi sekali, selain itu wortel juga banyak mengandung karoten dan vitamin-vitamin lain yang bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit, jika anda bingung mencari solusi untuk membantu mengobati jerawat. wortel ini bisa anda gunakan sebagai alternatifnya karena vitamin dan karoten pada wortel telah lama digunakan sebagai kandungan utama dari beberapa obat jerawat di Amerika yang biasa dikenal sebagai isotretonion, tretinoin, retinoid dan masih banyak lainnya.
  • Ambil setengah potong wortel atau secukupnya.
  • Kemudian blender sampai halus.
  • Lalu campurkan dengan satu sendok minyak zaitu.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan kebagian area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 -30 menit.
  • Kemudian bilas kulit wajah sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Kulit pisang

Jika anda suka memakan buah pisang jangan sampai anda hiraukan kulitnya, ternyata kulit buah pisang ini sangat ampuh sekali untuk membantu mengobati jerawat dari kulit wajah anda, kulit pisang ini mengandung zat antioksidan yang disebut lutein, zat ini mampu mengatasi masalah kulit akibat jerawat misalnya saja pembengkakan, peradangan dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat.
  • Potong kecil-kecil kulit buah pisang sampai seukuran lebih besar dari jerawat anda.
  • Kemudian oleskan potongan kulit buah pisang yang berwarna putih tersebut ke bagian bundaran jerawat secara melingkar dari samping permukaan bulatan jerawat, ingat jangan sampai anda menekan jerawat tersebut.
  • Lakukan cara ini untuk setiap bagian jerawat.
  • Biarkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda sampai bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Es batu

Selain murah dan mudah untuk mendapatkanya, es batu ini memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan kulit, es batu memiliki sifat dingin yang bermanfaat untuk merelaksasi kulit dan membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat, selain itu es batu juga dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak penyebab timbulnya jerawat.
  • Cuci bersih terlebih dahulu area kulit wajah anda lalu keringkan.
  • Ambil es batu dengan ukuran sedang kemudian bungkus menggunakan handuk lembut.
  • Kompres area kulit wajah anda dengan mengoleskan handuk yang sudah diberi es batu tadi secara merata ke area kulit wajah anda yang di tumbuhi jerawat.
  • Kemudian rasakan sensasinya.
  • Gunakan cara ini secara rutin setiap hari.

Air putih

Air putih merupakan air yang menyehatkan tubuh, karena tubuh kita tersusun dari 60 -70 % air maka air sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh anda, dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari dapat melancarkan metabolisme tubuh anda sehingga tubuh bisa secara maksimal membuang racun dari tubuh anda. Karena jerawat bisa saja tumbuh karena timbunan racun dari tubuh anda yang belum ter sekresi sempurna sehingga memunculkan efek samping berupa jerawat, karena sejatinya jerawat bukan hanya terjadi pada area kulit wajah namun bisa juga timbul pada seluruh tubuh anda namun jumlahnya saja yang berbeda.

Oleh sebab itu usahakan selalu mengkonsumsi air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda, anjuran yang tepat untuk mengkonsumsi air putih yaitu 8 - 10 gelas ( 1 gelas = 240 ml ) air setiap hari.

Putih telur

Selain enak untuk disantap sebagai lauk ternyata telur juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit, namun anda jangan sampai salah sangka karena bagian telur yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit khususnya untuk membantu mengobati jerawat pada kulit wajah adalah bagian putih telurnya saja, karena menurut penelitian putih telur kaya akan kandungan asam amino dan vitamin yang bermanfaat sekali untuk membunuh jerawat dan membantu mempercepat proses regenasi sel-sel kulit yang rusak.
  • Ambil 2 butir telur kemudian pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
  • Aduk-aduk putih telur tersebut.
  • Kemudian oleskan ke bagian wajah yang terkena jerawat.
  • Tungu hingga kering kemudian bersihkan.
  • Ulangi hinga 3-4 kali.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi masalah jerawat, cuka sari apel memiliki kandungan asam suksinat, asam sitrat, sifat anti bakteri dan sifat anti septik. Dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat, menekan peradangan akibat jerawat serta menyerap kelebihan minyak pada wajah, yang kesemuanya akan berdampak pada menghilangnya jerawat.
  • Siapkan gelas 100 ml.
  • Campurkan air bersih dan cuka apel dengan perbandingan 3 : 1.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu teteskan campuran ramuan tersebut ke kapas lembut.
  • Dan oleskan ke bagian wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan jangan terlalu lama cukup 15 - 20 menit.
  • Kemudian bilas kulit wajah menggunakan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Minyak pohon teh

Alternatif untuk menghilangkan jerawat yang banyak bersarang pada kulit wajah anda adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang dapat menghalau pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan anti inflamasi yang kuat yang dapat menghilangkan peradangan akibat jerawat, sehingga keduanya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dari kulit wajah anda.
  • Sipakan kapas lembut dan minyak pohon teh secukupnya
  • Kemudian teteskan minyak pohon teh kedalam kapas lembut tersebut
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit wajah anda yang terkena jerawat
  • Dan diamkan selama semalam
  • Lakukan perawatan ini secara rutin pada malam hari

Bawang putih

Siapa sangka, bumbu dapur yang sering kita manfaatkan untuk bumbu aneka masakan ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kandungan bawang putih mirip seperti minyak pohon teh. Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, dapat membantu menghilangkan bekteri penyebab jerawat dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan. 
  • Siapkan beberapa bawang putih dan air secukupnya
  • Campurkan kedua bahan diatas kedalam blender, kemudian blender hingga lembut
  • Dan terapkan secara langsung pada jerawat yang banyak tumbuh di kulit wajah anda
  • Diamkan selama 10 - 15 menit
  • Lalu cuci bersih wajah anda
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Baking soda

Baking soda atau soda kue juga dapat anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Bahan pembuat kue ini memiliki keistimewaan tersendiri. Baking soda dapat menjadi exfoliant kulit yang bagus. Dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit, serta dapat membersihkan debu, kuman, bakteri dan kotoran yang banyak menempel pada kulit wajah.
  • Siapkan baking soda dan air secukupnya
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga membentuk adonan tipis
  • Kemudian oleskan secara merata pada jerawat yang banyak tumbuh diwajah anda
  • Diamkan selama 10 - 15 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali dalam seminggu

Kentang

Bukan hanya untuk makanan pokok saja, kentang ternyata juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kentang memiliki kandungan anti iflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan, seperti halnya peradangan merah-merah akibat jerawat. Plus kentang ini juga memiliki kandungan niasin, yang sekaligus dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.
  • Siapkan kentang putih secukupnya
  • Kemudian blender atau parut kentang tersebut hingga menjadi halus seperti masker
  • Gunakan masker tersebut secara merata pada jerawat di wajah anda
  • Diamkan selama 20 - 30 menit
  • Kemudian bilas hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal

Kulit jeruk

Bukan hanya airnya saja yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan jerawat, ternyata kulit jeruk juga sangat ampuh sekali untuk membantu menghilangkan jerawat yang banyak tumbuh di kulit wajah anda. Hal ini karena kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi, dan antioksidan yang penting untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat jerawat.
  • Siapkan beberapa lembar kulit jeruk dan sedikit air
  • Campurkan kulit jeruk dan air tersebut dan blender hingga menjadi halus
  • Lalu oleskan pada jerawat di wajah anda
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Pasta gigi

Tidak begitu disarankan !. Namun ternyata pasta gigi juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Pasta gigi memiliki kandungan baking soda dan hydrogen peroxide, keduanya ampuh untuk membantu mengusir jerawat dari kulit wajah anda. Selain itu pasta gigi juga memiliki sifat pengering, yang dapat membantu mengeringkan jerawat dengan cepat.
  • Siapkan pasta gigi yang berwarna putih
  • Kemudian oleskan pada bulatan-bulatan jerawat di kulit wajah anda.
  • Dan diamkan selama semalam
  • Jika pasta gigi menimbulkan reaksi yang mencurigakan
  • Cepat bersihkan pasta gigi tersebut dari kulit wajah anda dan jangan gunakan kembali.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid dan tanin yang dapat membantu melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan jerawat. 
  • Sipakan 1 kantong teh hijau dan setengah gelas air panas
  • Masukkan kantong teh hijau kedalam air panas, seduh hijau teh terurai dengan sempurna
  • Diamkan hingga air teh menjadi dingin
  • Kemudian oleskan secara merata pada wajah anda yang tumbuh jerawat
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini setiap hari
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat mengkonsumsi teh hijau ini setiap hari

Scrub gula

Jerawat terjadi akibat bakteri, debu, kotoran dan sel - sel kulit mati banyak menumpuk pada kulit wajah, agar jerawat dapat diatasi dengan tuntas, anda perlu menghilangkannya. Caranya adalah dengan membuat scrub gula. Scrub gula ini dapat anda jadikan agen pengelupasan alami, sehingga bakteri, debu, kotoran dan sel - sel kulit mati yang banyak menumpuk pada kulit wajah dapat dihilangkan dengan tuntas.

Pengelupasan diyakini bisa memperbaiki masalah jerawat dengan mengeluarkan sel kulit yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga diyakini membuat perawatan jerawat yang anda lakukan menjadi lebih efektif dengan membiarkannya menembus lebih dalam, begitu lapisan paling atas kulit dilepas.
  • Campurkan 1 sendok gula dan 1 sendok minyak kelapa atau madu
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga tercampur sempurna
  • Kemudian oleskan pada wajah anda yang banyak ditumbuhi jerawat
  • Gosok wajah anda secara lembut dan perlahan-lahan selama beberapa menit
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Madu dan kayu manis

Campuran kedua bahan alami ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan jerawat. Madu dan kayu manis memiliki kadungan anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Dapat membantu mengusir bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan akibat jerawat serta menghilangkan peradangan tersebut dengan cepat.
  • Siapkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga membentuk adonan tebal
  • Kemudian oleskan secara merata pada jerawat yang banyak tumbuh di kulit wajah anda
  • Biarkan hingga 20 - 30 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Kosumsi makan dengan indeks glisemik yang rendah

Hubungan makanan dan jerawat ternyata sangat tinggi sekali. Hal ini berkaitan dengan melonjaknya kadar insulin (gula darah) yang kemudian menghasilkan sebum putih penyebab jerawat pada lapisan kulit. Bukti terbaru menunjukkan bahwa faktor makanan, seperti indeks insulin dan glisemik, dapat dikaitkan dengan jerawat. Indeks glikemik makanan (GI) adalah ukuran seberapa cepat meningkatkan gula darah.

Makanan dengan indeks glisemik tinggi meliputi roti putih, minuman ringan manis, kue, donat, kue kering, permen, sereal sarapan, makanan olahan manis dan lainnya . Makanan dengan indeks glikemik rendah meliputi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian dan lainnya.

Kurangi stress

Hormon yang dilepaskan selama periode stres dapat meningkatkan produksi sebum dan peradangan kulit, sehingga membuat masalah jerawat menjadi lebih buruk. Sebenarnya, beberapa penelitian telah menghubungkan stres dengan peningkatan tingkat keparahan jerawat. Terlebih lagi, stres dapat memperlambat penyembuhan luka hingga 40%, yang dapat memperlambat perbaikan masalah jerawat. Tertentu Perawatan relaksasi dan pengurangan stres telah terbukti memperbaiki jerawat, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Tips mencegah agar jerawat tidak timbul kembali

Dengan mencoba mengobati jerawat bukan berarti perjuangan anda melawan jerawat selesai sampai disini, selain harus mengobati jerawat, anda juga harus mengetahui tips mencegah agar jerawat tidak muncul kembali, dan bagi anda yang belum pernah terkena jerawat, tips ini bisa juga anda terapkan untuk menjaga kulit wajah anda terhindar dari jerawat selama-lamanya.

Baca juga : Perawatan wajah berjerawat
  • Selalu bersihkan kulit wajah anda setelah selesai berkatifitas untuk mencegah berkembangnya bakteri pada area kulit wajah anda yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, anda bisa membersihkan kulit wajah anda menggunakan pembersih yang cocok dan sesuai dengan kulit wajah anda.
  • Jika telah timbul jerawat jangan sampai memencet jerawat tersebut, karena jika jerawat dipencet, kulit area jerawat tersebut akan mengalami peradangan sehingga malah akan semakin sakit dan membengkak.
  • Hindari makanan yang dapat menyababkan meningkat kelenjar minyak pada kulit anda, sebetulnya belum ada penelitian khusus yang menyebutkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat, namun karena minyak yang berlebih bercampur dengan kotoran dan bakteri pada kulit mampu meningkatkan resiko berkembangnya jerawat sebaiknya anda menghindari berbagai macam manakan yang dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak pada kulit anda tersebut, misalnya saja makanan berlemak, junk food dan lain sebagainya.
  • Hindari stress dan tidur yang cukup
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara menghilangkan jerawat dengan cepat secara tradisional alami, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua.
By