Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah dengan Cepat Secara Alami dan Permanen

Pada dasarnya pori-pori merupakan lubang kecil-kecil tak kasat mata yang terdapat pada kulit kita, jika pori-pori tiba-tiba bermasalah salah satunya adalah dengan membesarnya volume lubang pori-pori tersebut tentunya akan menimbulkan berbagai masalah terhadap kulit kita.

Lalu bagaimana cara mengecilkan pori-pori yang membesar ini terutama jika pori-pori yang membesar ini terdapat pada bagian area wajah kita, tentu ini sangat membuat anda tidak nyaman sekali bukan, karena setelah pori-pori kulit wajah anda membesar anda akan merasakan efek negatif terhadap kulit wajah anda nantinya.

Efek yang timbul karena pori-pori kulit wajah yang membesar sangat banyak sekali, karena pori-pori merupakan tempat sirkulasi antara kulit dengan dunia luar, jika pori-pori tidak dalam keadaan normal tentu saja berbagai masalah bisa timbul karenanya.

Salah satu efek yang sering kita rasakan karena pori-pori wajah yang membesar misalnya saja kulit wajah mudah berminyak, kering, kusam bahkan masalah lainnya seperti jerawat dan komedo akan dangan mudah menyerang kulit wajah anda karena kotoran dan debu mudah menempel pada pori-pori wajah anda yang membesar.

Baca juga : Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam secara alami

Tentunya masalah pori-pori wajah yang membesar ini sangat mengganggu sekali bukan, karena selain dapat merusak penampilan, masalah pori-pori wajah yang besar juga dapat mengganggu kesehatan kulit wajah anda.

Namun anda tenang saja karena kita bisa kok untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar tersebut yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami yang dapat kita temukan dengan mudah dirumah kita.

Tetapi sebelum mencoba mengecilkan pori pori wajah yang membesar alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebanarnya apasih peyebab pori-pori wajah membesar ini, agar kita bisa mengambil solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab kulit wajah berpori besar

Banyak sekali penyebab pori-pori wajah yang membesar, untuk itulah anda harus berhati-hati dan selalu tetap waspada karena masalah pori-pori wajah membesar ini bukan hanya terjadi karena faktor eksternal, faktor internal seperti kesalahan anda sendiri bisa saja menjadi penyebab utamanya.

Namun ada dua faktor utama penyebab pori-pori kulit wajah membesar yaitu faktor genetika dan faktor usia. Orang yang terlahir memiliki kulit yang tebal dan berminyak cenderung memiliki pori-pori kulit wajah yang besar sedangkan orang-orang tua yang telah kehilangan keelastisan kulit mereka lebih mudah terserang pori-pori kulit yang membesar.

Selain itu faktor lingkungan seperti pancaran sinar matahari langsung dan kotoran maupun debu yang menempel pada kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan benar juga ikut ambil bagian dalam masalah pori-pori kulit wajah yang membesar ini.

Bukan hanya itu saja masalah-masalah kulit lainnya juga bisa menyebabkan terjadinya pori-pori kulit wajah yang membesar, misalnya saja jerawat dan komedo yang penanganannya tidak benar seperti di pencet secara paksa ataupun dibiarkan merajalela dapat menyebabkan rusaknya jaringan kulit wajah terutama rusaknya volume pori-pori wajah tersebut.

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang membesar secara alami

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah, tidak perlu repot untuk melakukannya karena anda dapat mengecilkan pori-pori wajah tersebut dirumah, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar rumah anda.

Es batu

Es batu sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, karena es batu mampu membantu mengencangkan kulit yang kendur sehingga lubang pori-pori yang membesar akan berangsur-angsur mengecil, cara penggunaan es batu untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar adalah dengan membungkus es batu dengan kain katun atau kain lembut, lalu gosokan pelan-pelan disekitar area kulit wajah anda secara merata.

Madu

Madu telah dipercaya sebagai ramuan herbal untuk kecantikan yang sangat bagus sekali, khasiat madu dapat melembabkan, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit serta mampu menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk pada pori-pori kulit wajah, cara penggunaan madu untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yaitu dengan mencampurkan 2-3 sendok madu dengan 1 sendok perasan air lemon, oleskan secara merata pada area kulit wajah anda lalu pijat perlahan sampai beberapa menit, kemudian bilas wajah anda dengan air sampai bersih.

Tomat

Tomat merupakan buah yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah untuk membantu menyehatkan kulit wajah serta membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar, cara penggunaannya sangat mudah sekali yaitu dengan membuat masker wajah dari tomat, tumbuk atau blender tomat hingga lembut kemudian tempelkan ke sekitar area kulit wajah anda secara merata, tunggu sekitar 20 menit lalu bilas wajah anda dengan air sampai bersih.

Putih telur

Putih telur juga sangat baik sekali untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, karena putih telur memiliki efek yang dapat mengencangkan kulit wajah dan merapatkan pori-pori pada kulit dengan cepat. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali cukup anda jadikan putih telur sebagai masker pada malam hari sebelum tidur, lalu membersihkannya pada pagi hari menggunakan air hangat, lakukan cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mentimun

Siapa yang tidak tau dengan mentimun, buah yang satu ini memang memiliki khasiat yang ampuh sekali untuk kesehatan kulit, selain dapat digunakan untuk relaksasi kulit wajah mentimun juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar.

Cara penggunaan mentimun untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar bisa dengan memotong-motong timun hingga beberapa bagian lalu tempelkan ke area kulit wajah anda atau bisa juga dengan menumbuk mentimun hingga halus lalu menjadikannya masker, gunakan irisan potongan dan masker tersebut selama 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Yoghurt

Yoghurt alami mengandung prebiotik dan laktat, dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang dapat merusak kulit wajah dan menyebabkan wajah mengalami masalah pori pori yang membesar. Selain itu yoghurt juga merupakan pembersih wajah terbaik yang dapat membersihkan wajah anda dari debu dan kotoran yang menempel di sela-sela pori pori wajah anda.

Untuk cara penggunaannya, anda dapat menyiapkan yoghurt murni, kemudian tambahkan dengan sedikit air panas hingga terbentuk seperti adonan tipis, lalu oleskan secara merata pada wajah anda, diamkan selama 10 - 15 menit, lalu bilas dengan air bersih, lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari. 

Baking soda

Bahan pengembang kue, atau yang biasa disebut dengan baking soda juga sangat efektif sekali untuk membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah anda. Baking soda dapat membantu menyimbangkan pH kulit wajah serta mengilangkan berbagai macam kotoran yang banyak menempel pada permukaan kulit wajah anda. Dan semua itu kemudian dapat menghilangkan sekaligus mencegah masalah pori-pori wajah yang membesar.

Cara penggunan baking soda untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air hangat hingga membentuk adonan tipis, kemudian oleskan pada wajah anda dengan gerakan melingkar sambil memijat lembut kulit wajah anda, setelah itu diamkan selama 20 - 30 menit, lalu bilas hingga bersih, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Telur dan lemon

Kombinasi kedua bahan ini sangat efektif sekali untuk membantu mengecilkan pori pori yang membesar pada kulit wajah anda. Putih telur dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengangkat kotoran pada wajah, sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C dan asam laktat yang dapat menghilangkan bakteri penyebab berbagai masalah pada kulit wajah anda.

Cara penggunaanya adalah dengan menyiapkan putih telur dari 2 butir telur dan 1 sendok makan air perasan lemon, campurkan kedua bahan diatas, kemudian oleskan pada kulit wajah anda hingga mengering, setelah itu bilas wajah anda hingga bersih, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat asam, anti bakteri dan anti mikroba yang tinggi, dapat menghilangkan bakteri penyebab berbagai masalah pada kulit wajah dan dapat memperbaiki kondisi kulit wajah anda.

Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1 : 1, setelah itu terapkan pada wajah anda menggunakan bola kapas, diamkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air bersih, lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari.

Masker tanah liat

Tanah liat telah dimanfaatkan dalam bidang kecantikan sejak zaman dahulu kala. Dan ternyata tanah liat juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tanah liat alami memiliki kemampuan menyerap minyak, kotoran, debu serta bakteri yang banyak terdapat pada kulit wajah anda, selain itu masker tanah juga dapat mengencangkan kulit wajah sehingga pori-pori kulit wajah dapat mengecil dengan cepat. Anda bisa mendapatkan tanah liat kecantikan ini pada klinik kecantikan atau salon-salon kecantikan terdekat.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan tanah liat kosmetik dengan air sehingga membentuk masker yang dapat anda terapkan pada wajah anda, diamkan selama 20 - 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih, lakukan perawatan ini 1 minggu sekali.

Scrub gula dan lemon

Scrup gula merupakan scrub wajah alami yang dapat membersihkan kulit wajah anda dari berbagai macam debu dan kotoran, hal ini juga dapat membantu mengkat sel-sel kulit mati pada wajah anda sehingga membuat pori pori wajah anda yang membesar menjadi kecil. Plus campuran lemon dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab berbagai masalah kulit wajah serta membuat kulit wajah anda menjadi lebih cerah berseri.

Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan gula dengan 1 sendok makan air lemon, kemudian oleskan pada wajah anda dan pijat lembut selama 20 - 30 detik, setelah itu diamkan selama 15 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air bersih, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Oatmeal

Oatmeal dapat membantu membersihkan kulit wajah, menyerap kelebihan minyak pada wajah dan mengangkat kotoran, sel kulit mati serta bakteri yang banyak menempel pada kulit wajah. Sehingga pori pori kulit wajah anda dapat mengecil dengan cepat.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan oatmel dan air hangat hingga membentuk adonan tipis, oleskan secara merata pada kulit wajah anda, lalu gosok kulit wajah anda secara lembut dengan gerakan melingkar, diamkan selama 15 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air bersih, lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam seminggu.

Madu dan yoghurt

Madu dan yoghurt merupakan pembersih wajah yang sangat efektif sekali, keduanya mampu membersihkan wajah dari debu, kotoran dan sel-sel kulit mati yang sering menyumbat pori pori wajah, sehingga pori-pori wajah menjadi bersih, dan ukuran pori-pori wajah akan kembali normal.

Bukan cuma itu saja manfaat kedua bahan alami tersebut, madu juga dapat membantu melembabkan kulit wajah, mengencangkan kulit wajah dan menghaluskan kulit wajah sedangkan yoghurt dapat menghilangkan bakteri penyebab berbagai masalah pada kulit wajah anda.

Anda dapat menggunakan kombinasi kedua bahan alami ini sebagai perawatan untuk mengecilkan pori pori wajah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok makan yoghurt hingga membentuk adonan halus, jika sudah, kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah anda, diamkan selama 15 - 20 menit, dan akhiri dengan mencuci wajah anda menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari.

Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar secara alami memang sangat ampuh sekali. Jika anda menerapkan cara diatas secara rutin, selain dapat membuat pori-pori kulit wajah anda perlahan-lahan mengecil juga dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih sehat alami.

Namun jika anda ingin cara yang lebih praktis, bukan hanya untuk mengecilkan pori pori kulit wajah namun untuk menghilangkan pori-pori kulit wajah tersebut, menghilangkan bukan berarti benar-benar hilang, tetapi menghilangkan yang dimaskud disini adalah hanya sekedar menyamarkan sehingga tidak terlihat oleh orang lain, yaitu menghilangkan pori-pori wajah yang membesar menggunakan make up, cara nya cukup simple dan mudah sekali.

Cara menyamarkan pori-pori wajah yang membesar menggunakan make up

Semua memang urusan penampilan, jika anda tidak ingin repot-repot untuk mencoba mengecilkan pori-pori yang membesar secara alami anda bisa memanfaatkan make up untuk menyamarkan pori-pori kulit wajah anda.

Jangan pernah remehkan kekuatan make up, dengan menggunakan make up kekurangan apa saja yang terjadi pada kulit wajah anda akan teratasi dengan mudah salah satunya adalah masalah pori-pori kulit wajah yang membesar ini.

Langkah-langkah untuk mulai menyamarkan pori-pori kulit wajah anda yang membesar menggunakan make up adalah :
  • Mulailah dengan riasan dasar yang merata pada area sekitar wajah anda, yang akan menjadi pondasi dan menutupi lubang pori-pori wajah anda agar merata seperti orang yang memiliki kulit normal pada umumnya, di sarankan untuk menggunakan riasan yang sedikit basah agar terlihat pori-pori wajah yang belum tertutup sempurna jika nanti telah kering.
  • Jika sudah kering berikan lagi riasan yang lebih tebal pada seluruh area kulit wajah, riasan bebas sesuai dengan keinginan anda dan ratakan menggunakan spons make up hingga benar-benar rata.
  • Cara menyamarkan pori-pori wajah yang membesar menggunakan make up telah selesai kini anda bebas menghias wajah anda dengan berbagai riasan yang anda suka.

Tips agar pori-pori wajah tidak membesar

Anda pasti tidak ingin mengalami masalah pori-pori kulit wajah yang membesar bukan, untuk itulah alangkah lebih baiknya anda mencegah agar semua itu tidak terjadi, banyak sekali cara mencegah agar pori-pori kulit wajah tidak membesar namun disini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang ekstra sekali dari diri anda sendiri.

Bersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah

Debu dan kotoran inilah penyabab utama membesarnya pori-pori wajah anda, memang terkadang karena begitu padatnya aktifitas kita sehari-hari kita cenderung lupa untuk membersihkan wajah, jangan anggap sepele karena debu dan kotoran yang menempel pada wajah selain bisa menyababkan pori-pori kulit wajah anda membesar namun juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah lainnya, seperti jerawat, komedo, bercak-bercak dan masih banyak lainnya.

Bersihkan bekas make up wajah ketika sudah tidak dipakai

Sama seperti kotoran dan debu, bekas make up seperti bedak, perona pipi dan lain-lain merupakan butiran kecil yang tak kasat mata, efeknya hampir sama seperti debu dan kotoran, bekas make up yang tidak terpakai bisa dengan mudah masuk ke pori-pori wajah sehingga lama kelamaan pori-pori kulit wajah pun akan menjadi elastis dan membesar.

Mencuci wajah menggunakan bahan yang mengantung vitamin C 

Vitamin C telah dipercaya mampu menyehatkan kulit secara alami, maka tidak heran jika saat ini banyak sekali produk kecantikan dan perawatan yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C, vitamin C ini mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin sekaligus menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori.

Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mengecilkan pori pori wajah dengan cepat secara alami semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua.
By