Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat Secara Alami

Perut buncit merupakan masalah yang sering terjadi pada orang-orang zaman sekarang. Pada umumnya masalah perut buncit ini banyak menyerang kaum pria. Namun bukan hanya pria, wanita juga rentan terserang masalah ini. Para ahli kesehatan memperkirakan bahwa penyebab terjadinya perut buncit ini tidak lain dan tidak bukan karena buruknya gaya hidup dan pola makan orang-orang zaman sekarang.

Masalah perut buncit ini memang sangat menjengkelkan sekali, karena selain dapat membuat kita tidak nyaman, masalah perut buncit juga dapat membuat penampilan menjadi buruk sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri untuk tampil didepan umum.

Pada saat ini memang telah banyak sekali cara untuk mengecilkan perut buncit, seperti dengan melakukan operasi plastik, teknik sedot lemak atau menggunakan obat-obatan tertentu, namun apakan semua itu aman, untuk urusan kesehatan tentu anda sangat berhati-hati sekali bukan, karena kesehatanlah yang harus diutamakan.

Oleh sebab itulah untuk mengecilkan perut buncit lebih baik kita mencoba menggunakan cara alami terlebih dahulu, karena selain aman, cara mengecilkan perut buncit secara alami juga sangat ampuh untuk mengecilkan perut buncit dengan cepat, bahkan jika anda menerapkannya secara konsisten dan teratur tidak mustahil perut buncit anda akan teratasi dalam waktu 1 minggu saja. Cara mengecilkan perut buncit secara alami ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja baik pria maupun wanita.

Ingin tau bagaimana cara mengecilkan perut buncit tersebut, mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Melakukan diet

Gaya hidup dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan obesitas, dan obesitas tersebut merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah perut buncit.

Obesitas membuat berat badan naik sehingga lemak banyak menumpuk di berbagai area tubuh anda, misalnya saja pada lengan, pinggang, pipi dan area perut ini, jika lemak terlalu banyak menumpuk pada area perut maka timbulah masalah perut buncit seperti yang anda alami sekarang ini.

Oleh sebab itulah jika anda benar-benar ingin mengecilkan perut buncit secara tuntas, mulai sekarang rubahlah gaya hidup dan pola makan anda menjadi lebih sehat. Salah satu cara merubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat adalah dengan melakukan diet.

Karena dengan menjalankan program diet, akan secara signifikan mengurangi lemak yang menempel pada seluruh tubuh anda sehingga bukan hanya perut buncit anda yang teratasi namun juga berat badan anda menjadi normal dan menjadi lebih proporsional.

Untuk lebih jelasnya bagaimana menjalankan program diet yang sehat sebagai langkah mengecilkan perut buncit ini silahkan ada baca artikel saya sebelumnya tentang :

Olahraga teratur

Olahraga juga merupakan contoh penerapan gaya hidup yang baik, olahraga sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia misalnya saja membuat jantung menjadi sehat, mencegah tekanan darah tinggi serta mampu menjaga berat badan anda tetap ideal.

Olahraga juga dapat membantu mengecilkan perut buncit, dengan melakukan olahraga, tubuh akan aktif membakar kalori serta lemak yang ada pada tubuh anda, sehingga lemak yang menumpuk pada area tubuh anda terutama pada area perut dapat dibakar secara maksimal sehingga perut anda akan menjadi langsing dan proporsional.

Semua olahraga memang baik untuk mengecilkan perut buncit namun jika anda menginginkan olahraga yang efektif untuk mengecilkan perut buncit, anda dapat mencoba olahraga lari, jogging, bersepeda, berenang, sit up dan lain sebagainya. ( baca selengkapnya : olahraga untuk mengecilkan perut buncit pria dan wanita ).

Banyak mengkonsumsi air

Selain baik untuk kesehatan, mengkonsumsi air juga dapat membantu mengecilkan perut buncit yang kini sedang anda alami.

Mengkonsumsi air dapat membuat metabolisme tubuh anda menjadi lancar, membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta mampu membantu membuang sisa-sisa pembakaran lemak dari tubuh anda.

Untuk itulah ketika anda sedang mencoba untuk mengecilkan perut, perbanyaklah asupan air untuk tubuh anda, menurut pakar kesehatan, asupan air yang seimbang adalah 2 liter atau 8 gelas perhari, bisa lebih bisa kurang sesuai intensitas aktifitas kerja tubuh anda.

Kurangi mengkonsumsi karbohidrat

Karbohidrat merupakan penghasil energi utama pada tubuh, celakanya jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, hal ini malah tidak baik untuk berat badan.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat membuat tubuh mengalami obesitas, sehingga tubuh akan lebih banyak menghasilkan cadangan lemak yang tersimpan pada tubuh anda, contohnya saja yang terjadi pada area perut anda.

Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalami masalah perut buncit, mulai sekarang kurangi asupan karbohidrat harian anda. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat contohnya adalah nasi, roti, gula, pati, dan lain-lain.

Kurangi mengkonsumsi garam

Garam dapat mengikat air dan menyimpannya pada lapisan tubuh, sehingga jika anda terlalu banyak mengkonsumsi garam, hal ini dapat meningkatkan resiko mengalami masalah perut buncit.  

Oleh sebab itulah, mulai sekarang kurangi asupan garam yang berlebihan. Agar masalah perut buncit yang kini sedang anda alami dapat cepat-cepat teratasi.

Perbanyak mengkonsumsi protein

Protein juga merupakan sumber energi, namun tingkatannya jauh dibawah karbohidrat. Jika anda ingin memiliki perut yang langsing dan proporsional, mengkonsumsi banyak protein dan mengurangi karbohidrat adalah solusi terbaiknya. 

Selain dapat memberikan tambahan energi, protein juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kadar insulin pada tubuh anda. Insulin sendiri merupakan hormon yang mengatur penyimpanan lemak, terutama di sekitar bagian tengah tubuh anda.

Selain itu protein juga merupakan zat pembangun, dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membentuk otot pada tubuh anda. Jika anda rutin mengkonsumsi protein, bukan hanya masalah perut buncit yang dapat teratasi, namun anda juga akan mendapatkan tubuh yang lebih berisi dan proporsional.

Perbanyak mengkonsumsi sayuran

Sayuran merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi sayuran sangat baik terhadap berat badan karena sayuran merupakan makanan yang rendah kalori. 

Jika anda menghindari asupan karbohidrat dalam jumlah besar, sayuran bisa anda jadikan solusi sebagai penggantinya. Membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan tidak perlu khawatir terhadap berat badan. Jika anda konsisten mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak mengkonsumsi sayuran bukan hanya masalah perut buncit saja yang dapat cepat teratasi, namun anda juga dapat memperoleh tubuh yang langsing dan sehat.

Hampir semua aneka sayuran baik untuk kesehatan, namun jika anda ingin mendapatkan tambahan kalori, anda dapat mengkonsumsi wortel, tomat, brokoli, kol, kembang kol, asparagus dan lain sebagainya.

Hindari stress

Stress merupakan masalah kesehatan yang sering kita alami pada saat ini, namun jika anda tidak ingin mengalami masalah perut buncit, usahakan untuk menghilangkan masalah stress ini dari hidup anda.

Ketika kita stress, tubuh akan cenderung menghasilkan lebih banyak hormon kortisol, hormon ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur nafsu makan dan rasa menyenangkan ketika makan. 

Pernahkan kalian merasa mengalami peningkatan nafsu makan ketika stress, tentu saja kalian pernah bukan ?

Celakanya jika anda menuruti nafsu makan, hal ini sangat tidak baik untuk berat badan, dapat membuat berat badan menjadi naik, dan tentu saja akan berdampak terhadap timbulnya masalah perut buncit.

Selain itu stress juga dapat mempengaruhi metabolisme pada tubuh anda, dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga lemak lebih banyak tersimpan pada tubuh daripada diolah menjadi energi. Yang kemudian berdampak terhadap timbulnya masalah perut buncit.

Oleh sebab itulah, mulai sekarang kelola stress anda dengan baik, untuk menghilangkan stress anda dapat melakukan refresing dengan liburan, meditasi, yoga, olah pernafasan dan teknik relaksasi lainnya.

Hindari makanan berlemak tinggi

Solusi terbaik untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan menghindari makanan yang berlemak tinggi. Hal ini memang sulit, karena makanan yang berlemak tinggi biasanya adalah makanan yang enak-enak seperti permen, eskrim, keripik kentang, daging olahan, jajanan gorengan, makanan cepat saji, makanan yang bersantan, minuman bersoda dan aneka makanan enak lainnya.

Makanan yang berlemak tinggi memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jika kebutuhan kalori harian anda tidak sebanding dengan kalori yang anda konsumsi, ia akan diubah oleh tubuh menjadi lemak dan akan disimpan pada seluruh lapisan tubuh anda. Termasuk juga pada area perut anda, sehingga membuat perut anda menjadi buncit dan enggk sedap banget untuk dipandang.

Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalami masalah perut buncit, mulai sekarang hindari berbagai macam makanan yang berlemak tinggi. Walaupun anda tidak bisa menghindarinya secara total, namun anda dapat berusaha untuk menguranginya.

Meminum teh hijau

Teh hijau merupakan bahan alami yang telah dipercaya sangat ampuh sekali untuk mengecilkan perut buncit. Teh hijau dapat membuat perut anda lebih kenyang jika dikonsumsi sebelum dan sesudah makan sehingga rasa lapar yang mendorong kita untuk makan terus menerus akan berkurang.

Selain itu khasiat teh hijau juga dapat membantu memperlancar metabolisme lemak dalam tubuh sehingga pembakaran lemak bisa menjadi lebih cepat dan efektif.

Bukan hanya itu saja teh hijau juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan antioksidan alami pada teh hijau secara medis telah dipercaya dapat mencegah kanker. dan menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh.

Tapi ingat jika anda ingin mengkonsumsi teh hijau untuk mengecilkan perut buncit, usahakan untuk megkonsumsinya tanpa gula, karena gula merupakan sumber kalori yang sangat buruk sekali terhadap berat badan.

Meminum jamu kunyit asam

Ini merupakan ramuan tradisional yang turun temurun telah dipercaya dapat mengecilkan perut buncit yang sedang anda alami, mendengar namanya saja anda pasti sudah terbayang bagaimana rasanya.

Namun jangan anda anggap remeh kemampuan jamu kunyit asam ini, karena jamu kunyit asam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi sekali sehingga selain bermanfaat untuk kesehatan jamu kunyit asam juga merupakan ramuan herbal tradisional yang paling efektif untuk menurunkan kadar lemak didalam tubuh terutama diarea perut.

Cara membuat jamu kunyit asam juga sangat mudah sekali cukup anda siapkan 300 gram gula jawa, 500 gram kunyit, 500 gram asam jawa, 2 liter air dan satu sendok teh garam.

Untuk proses membuat jamu kunyit asam pertama bersihkan terlebih dahulu kunyit agar lebih steril, setelah itu blender atau parut kunyit yang telh dibersihkan tadi, peras lalu saring pisahkan antara ampas dan airnya, lalu ambil airnya saja.

Kemudian rebus air kunyit yang telah kita buat tadi dengan 2 liter air yang telah kita siapkan sebelumnya jangan lupa untuk menambahkan bahan-bahan lainnya seperti gula jawa, asam jawa dan sedikit garam.

Setelah ramuan yang direbus mendidih, kemudian angkat lalu dinginkan dan jamu kunyit asam pun telah selesai dibuat dan siap untuk anda minum 1 kali sehari.

Meminum jamu madu dan jahe

Ini merupakan kombinasi bahan herbal alami yang ampuh sekali untuk membantu membakar lemak yang menempel pada perut anda, madu memiliki kandungan fruktosa yang dapat membantu tubuh untuk membakar lemak secara tak langsung dari dalam, selain itu madu juga merupakan bahan herbal seribu manfaat yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia.

Sedangkan jahe merupakan bahan herbal tradisional alami yang dapat membantu menekan nafsu makan berlebih sehingga anda tidak mudah merasa lapar untuk menghindari mengkonsumsi makanan berlebih agar tidak membuat perut anda semakin buncit.

Cara membuat jamu dari madu dan jahe ini juga sangat mudah sekali cukup anda campurkan 2 sendok makan air perasan jahe dengan 3 sendok makan madu kedalam satu gelas air hangat, aduk hingga merata lalu diminum 2 kali sehari.

Mengkonsumsi buah berry-berryan

Salah satu buah yang sangat efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit adalah buah bery-beryan, ini adalah satu keluarga buah yang terdiri dari blueberry, blackberry, stawberry dan buah bery-beryan lainnya.

Alasan utama mengapa buah berry dapat membantu mengecilkan perut buncit adalah karena adanya kandungan antioksidan tinggi yang dapat menetralisir radikal bebas serta membantu mengoptimalkan pembakaran lemak didalam tubuh.

Cobalah mengkonsumsi buah berry-berryan tersebut setiap hari sebagai kumsumsi buah harian anda.

Mengkonsumsi alpukat

Selain buah berry, buah yang dapat membantu mengecilkan perut buncit lainnya adalah buah alpukat, buah alpukat merupakan jenis buah yang mengandung lemak baik yang memiliki khasiat untuk menurunkan kolestrol didalam tubuh selain itu vitamin dan mineral yang terkandung didalam buah alpukat juga dipercaya dapat meluruhkan lemak yang menumpuk didalam tubuh secara optimal.

Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat ini pada pagi hari sebagai pengganti sarapan dengan cara memakannya langsung atau dengan mengkreasikan dengan menu makan rendah kalori lainnya.

Mengkonsumsi lemon

Lemon merupakan buah yang ampuh sekali untuk membantu mengecilkan perut buncit, lemon dapat bertindak sebagai detoksifikasi alami yang dapat mengeluarkan racun bersamaan dengan lemak dari tubuh anda. 

Lemon juga dapat memperkuat fungsi hati, sehingga bisa melakukan fungsi dasarnya secara efisien. Jika dicampur dengan air hangat, ia bekerja dengan sangat baik dengan memperkuat hati dan membantu melunakkan lemak di sekitar pinggang anda.

Cukup anda konsumsi air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat pada pagi hari disaat perut anda masih kosong.

Mengkonsumsi ikan dan minyak ikan

Ikan dan minyak ikan keduanya juga sangat efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit yang kini sedang anda alami. Minyak ikan, atau ikan itu sendiri kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini dapat membantu memecah lemak sekaligus mengurangi penyimpanan lemak disekitar lingkar pinggang anda.

Ikan yang banyak mengadung asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, makarel, dan tuna. Selain itu anda juga bisa mendapatkan asam lemk omega 3 tersebut dari minyak ikan yang banyak beredar di toko-toko atau apotik terdekat.

Mengkonsumsi kayu manis

Bumbu dapur yang memiliki kaharuman nikmat ini juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mengecilkan perut buncit yang kini sedang anda alami. Kayu manis adalah thermogenic. Artinya, kayu manis cenderung menghasilkan panas melalui stimulasi metabolik. Dengan demikian kayu manis dapat membuat anda membakar lemak lebih cepat.

Selain itu, kayu manis juga memiliki komponen aktif yang disebut dengan methylydroxy chalcone polimer (MHCP) yang dapat menjaga kadar insulin di aliran darah rendah. Tingkat insulin yang tinggi memicu tubuh untuk menyimpan lebih banyak lemak, terutama di bagian tengah tubuh anda.

Jadi mengkonsumsi bumbu seperti kayu manis dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi lemak perut. Cukup campurkan kayu manis pada aneka masakan anda setiap hari, untuk mendapatkan manfaat dari kayu manis tersebut.

Mengkonsumsi cabai

Jika anda hobi mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas, beruntunglah anda, karena ternyata, banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu menurunkan berat badan, yang berdampak terhadap mengecilnya perut buncit yang kini sedang anda alami.

Cabai mengandung capsiacin yang memiliki efek thermogenic. Dapat meningkatkan produksi panas pada tubuh sehingga tubuh lebih banyak menghasilkan energi. Hal ini kemudian berdampak terhadap percepatan pembakaran lemak yang banyak menempel pada perut dan tubuh anda.

Cukup anda konsumsi cabai setiap hari, baik dalam bentuk saus atau mencampurkannnya pada aneka masakan kesukaan anda.

Penuhi waktu tidur

Cara yang mengejutkan untuk mengecilkan perut tanpa olahraga adalah dengan lebih banyak tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tidur selama enam sampai delapan jam per malam akan membantu menjaga tingkat insulin dan hormon stres anda tetap terkendali. Plus, anda akan memiliki energi yang diperlukan untuk membakar kalori lebih efektif di siang hari.

Namun usahakan sebelum tidur untuk tidak mengkonsumsi banyak makanan berkalori tinggi, karena hal ini malah tidak baik terhadap berat badan. Ketika anda tidur, tubuh cenderung tidak memerlukan banyak energi sehingga kalori yang anda konsumsi tidak dapat diproses secara maksimal dan akhirnya akan disimpan sebagai cadangan lemak pada tubuh anda.

Mandi dengan garam epsom

Bersantai di bak mandi merupakan aktifitas yang menyenangkan. Aktifitas ini dapat lebih anda maksimalkan dengan menambahkan 2 cangkir garam epsom pada bak mandi anda.

Garam epsom secara efektif dapat membantu menarik retensi air yang banyak melekat pada lapisan perut anda sehingga perut anda dapat menjadi lebih langsing dan proporsional. Selain itu, garam epsom juga baik untuk terapi anggota badan, ia dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh, merelaksasi otot-otot yang kaku, mengurangi peradangan dan mengurangi stress.

Untuk menghindari dehidrasi anda dapat melakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

Mengkonsumsi biji jintan

Bukan hanya disebabkan oleh obesitas dan tumpukan lemak pada perut saja, perut buncit juga dapat disebabkan oleh perut kembung dan kelebihan gas pada perut anda.

Solusi untuk mengatasinya adnda dapat memanfaatkan biji jintan. Biji jintan efektif dalam mengurangi gas dan kembung karena ia dapat memberikan bantuan pencernaan yang hebat. 

Mereka dapat membantu mengusir dan menghilangkan gas karena sifat karminatifnya. Biji jintan juga bermanfaat untuk menjaga agar tidak terjadi perut kembung karena mereka dapat membantu bakteri baik di saluran cerna mencerna dan memecah makanan sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Untuk memanfaatkan biji jintan sebagai ramuan pengecil perut buncit, anda dapat membuat teh dari biji jintan tersebut. Cukup rebus 1 sendok teh biji jintan dengan segelas air hingga mendidih, setelah itu biarkan hingga hangat, lalu tuangkan kembali kedalam gelas dan teh jintan pun siap anda konsumsi. Anda dapat mengkonsumsi teh jintan ini 1 kali dalam sehari.

Makan secara perlahan-lahan

Anda mungkin tidak menganggap ini penting, tapi bila anda makan makanan dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan udara terjebak dalam sistem pencernaan anda, sehingga perut anda menjadi kembung dan membengkak.

Selain itu, dengan mengkosumsi makanan terlalu cepat juga dapat membuat jumlah makanan yang anda konsumsi menjadi tidak terkontrol yang akan berakibat terhadap meningkatnya berat badan anda.

Untuk mengurangi risiko ini, kunyah makanan anda perlahan dan luangkan waktu anda untuk menyelesaikan makanan anda.

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang

Rumus makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang merupakan rumus efektif untuk menjaga perut anda tetap proporsional dan mencegah timbulnya masalah perut buncit.

Rumus makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang dapat membuat berat badan anda menjadi lebih terkontrol, karena dapat mencegah kita untuk makan terlalu berlebihan. Selain itu rumus ini juga dapat mencegah perut kita menjadi kembung dan membengkak akibat produksi gas berlebihan pada sistem pencernaan yang terlalu lama dibiarkan kosong.
By