Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Cepat Secara Alami

Memiliki gigi yang putih bersih dan sehat berkilau memang merupakan impian semua orang, tidak heran pada saat ini orang-orang menggunakan berbagai cara untuk bisa mendapatkannya.

Dengan memiliki gigi putih bersih dan berkilau tentu akan sangat menunjang penampilan anda, membuat senyum menjadi lebih menarik dan membuat penampilan menjadi lebih indah.

Walaupun anda memiliki wajah ganteng atau cantik, namun ketika anda tersenyum dan ternyata gigi anda terlihat kuning, hitam atau berkarat tentu itu sangat memalukan sekali bukan.

Selain untuk menunjang penampilan, memiliki gigi yang putih bersih dan berkilau juga menandakan bahwa gigi anda sehat dan anda rajin merawatnya, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi terhadap masalah gigi lain yang akan timbul dikemudian hari.

Namun untuk memutihkan gigi tidaklah mudah karena selain anda harus memahami cara memutihkan gigi, anda juga harus memahami berbagai penyebab mengapa gigi anda berwarna ke kuning-kuningan supaya jika anda telah berhasil memutihkan gigi, gigi anda tidak akan berwarna kekuning-kuningan lagi karena anda telah mengantisipasi dengan mengetahui berbagai penyababnya.

Penyebab gigi kuning

Karena gigi berfungsi sebagai pengunyah makanan tentu kinerja gigi akan selalu digunakan setiap hari, letak gigi yang berada pada pintu gerbang sistem pencernaan juga membuat gigi menjadi benteng pintu masuk utama dari setiap aktifitas konsumsi.

Melihat tingginya fungsi dan aktifitas gigi tersebut, tantunya akan timbul berbagai masalah jika kita tidak rajin merawatnya salah satunya adalah masalah gigi kuning. Beberapa penyebab gigi kuning tersebut adalah :

Jarang menggosok gigi

Penyebab gigi kuning pada umumnya adalah karena kita jarang membersihkan gigi, setiap kali kita makan pasti menggunakan gigi untuk mengunyah makanan tersebut, gigi akan meghancurkan makanan yang kita konsumsi menjadi super lembut baru kemudian di transfer masuk ke kerongkongan.

Dari aktifitas menyunyah itulah biasanya masih tertinggal butiran kecil dari sisa makanan yang menempel pada gigi kita, karena aktiftias mengunyah makanan ini kita lakukan setiap hari bahkan setiap saat dan anda membiarkan kondisi gigi anda tersebut dalam jangka waktu yang lama tentu masalah gigi kuning akan timbul pada gigi anda.

Kerusakan enamel gigi

Kerusakan enamel gigi juga dapat menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Enamel atau email gigi merupakan bagian luar gigi yang dapat terlihat. Berbentuk tipis dan keras yang menutupi dentin atau badan utama gigi

Enamel gigi berfungsi melindungi gigi dari suhu dingin dan panas serta melindungi gigi dari kerusakan akibat penggunaan sehari-hari. Celakanya aktifitas seperti menggosok gigi terlalu keras, kebiasaan menggigit gigi, serta makananan yang manis-manis dan asam dapat membuat enamel gigi kita menjadi terkikis dan rusak.

Bukan cuma masalah gigi menjadi kuning, jika enamel gigi mengalami kerusakan, masalah gigi lainnya seperti gigi keropos dan gigi sensitif juga dapat anda alami.

Merokok

Selain tidak sehat aktifitas merokok juga sangat buruk sekali terhadap gigi anda, bukan rahasia umum lagi bahwa rokok dapat membuat gigi menjadi kuning, bahkan jika sudah terlalu parah akan terlihat berwarna kuning berkarat.

Gigi berwarna kuning akibat rokok disebabkan oleh asap rokok yang kita hisap membawa banyak sekali kandungan nikotin, tentunya setelah kita menghisap asap rokok, asap akan masuk ke mulut melalui sela-sela gigi dan jika aktifitas merokok berlangsung dalam waktu yang lama tentu timbunan nikotin pada gigi akan semakin banyak dan dapat membuat sela-sela gigi kita menjadi kuning pekat.

Minuman kopi

Minuman yang satu ini memang merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia, namun tahukah anda bahwa minuman kopi ini ternyata dapat membuat gigi kita kuning dan tidak sedap sekali untuk dipandang.

Hal ini karena adanya kandungan kafein pada kopi. Tingginya kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan tidak sedap banget untuk dipandang.

Minuman berenergi

Jika anda penggemar minuman berenergi mulai pada saat ini anda harus lebih berhati-hati karena ternyata minuman berenergi ini dapat membuat gigi anda menjadi kuning dan tidak sedap sekali dipandang jika anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi tanpa memperhatikan gigi anda.

Minuman berenergi cenderung bersifat korosit dibandingkan dengan air mineral biasa, bahan-bahan kimia yang terkandung pada minuman berenergi itulah yang sering merusak gigi, membuat gigi kuning dan meninggalkan noda kekuning-kuningan yang sulit sekali untuk dihilangkan.

Sering berenang

Mungkin anda bertanya-tanya apa hubungan antara sering berenang dengan gigi kuning, gigi kuning karena sering berenang disebabkan oleh tingginya kadar klorin pada air, klorin tersebut akan mempengaruhi ph air kolam, sehingga kandungan asam pada air kolam akan menjadi tinggi.

Oleh sebab itulah sangat di sarankan jika anda selesai berenang untuk membersihkan gigi anda dengan menggosok gigi sampai bersih.

Menderita diabetes

Kalau penyebab gigi kuning ini lebih cenderung karena masalah medis yang cukup berat, yaitu gigi kuning yang disebabkan oleh diabetes, penderita diabetes akan cenderung menampilkan gejala seperti kuku menjadi kuning dan gigi menjadi kuning,

Usia

Faktor usia juga sangat mempengaruhi terhadap warna gigi, seseorang yang telah berusia lanjut memang kerap sekali mengalami masalah pada gigi karena ketahanan gigi telah rapuh, email gigi telah terkikis dan masalah gigi lainnya.

Cara memutihkan gigi kuning secara alami

Setelah mengetahui berbagai penyebeb gigi menjadi kuning, lalu bagaimana cara memutihkan gigi ini ?
Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning, tapi disini kita akan membahas bagaimana cara memutihkan gigi secara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami yang telah terbukti secara turun temurun dapat memutihkan gigi dengan cepat, aman dan tentunya tanpa efek samping yang membahayakan.

Cara memutihkan gigi dengan rajin membersihkan gigi

Faktor utama yang harus anda perhatikan supaya gigi anda menjadi putih bersih dan berkilau yaitu dengan rajin membersihkan gigi, rajin membersihkan gigi yaitu dengan cara menggosok gigi secara teratur, pada pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi yang cocok untuk gigi anda.

Dalam menggosok gigi juga harus berhati-hati, jangan terlalu keras dalam memainkan sikat gigi terhadap gigi kita, jika anda menggosok gigi terlalu keras justru malah akan mempercepat dalam pengkikisan email gigi anda, selain itu pilihlah sikat gigi yang lembut dengan bentuk sesuai dengan konstruksi gigi anda.

Supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal dalam membersihkan gigi lengkapi juga dengan mouthwas atau pembersih mulut untuk membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang pada mulut dan sela-sela gigi anda.

Cara membersihkan gigi dengan biji buah pinang

Biji buah pinang ternyata juga sangat ampuh untuk membantu memutihkan gigi kuning anda, biji buah pinang secara turun temurun telah dipercaya oleh orang-orang tua zaman dahulu digunakan untuk memutihkan gigi dan menjaga gigi tetap kuat.

Cara penggunaan biji buah pinang untuk memutihkan gigi adalah :
  • Bakar biji buah pinang sampai sedikit gosong.
  • Kemudian gosokkan kebagian gigi menggunakan kain lembut atau kain katun.
  • Lalu bersihkan dengan menggosok gigi anda menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi.
  • Lakukan cara ini secara teratur 1 minggu 2 kali.

Cara memutihkan gigi dengan siwak

Siwak atau miswak telah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai bahan alami pembersih gigi, bahkan orang-orang pada masa mesir kuno telah memanfaatkan siwak ini sebagai pembersih gigi mereka, selain dapat membersihkan gigi siwak juga dapat dengan mudah membuat gigi anda menjadi putih dan sehat berseri.

Cara penggunaan siwak untuk memutihkan gigi adalah :
  • Siapkan siwak, bisa diambil dari akar atau dahannya.
  • Lembutkan salah satu ujung siwak.
  • Lalu gosokan ke bagian gigi secara merata dan perlahan selama 1- 2 menit.
  • Kemudian bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini 1 kali sehari.

Cara memutihkan gigi dengan permen karet

Mengunyah permen karet merupakan aktifitas yang asik sekali, namun tahukah anda bahwa dengan mengunyah permen karet ternyata dapat membantu membersihkan gigi anda dengan mudah tanpa anda sadari. Bahkan aktifitas mengunyah permen karet juga bisa membantu mengangkat kotoran sisa makanan yang membandel berwarna kekuning-kuningan pada gigi anda sehingga selain membuat gigi menjadi bersih juga dapat membuat gigi anda menjadi sehat putih berseri, tidak heran pada saat ini banyak sekali muncul produk permen karet yang di khususkan untuk membantu memutihkan gigi.

Tidak ada cara khusus untuk memutihkan gigi menggunakan permen karet ini, cukup anda kunyah permen karet secara merata menggunakan semua area gigi anda secara perlahan dan berulang-ulang, untuk memperoleh hasil yang maksimal anda bisa mengunyah permen karet ini sesuka hati anda kapan saja dan dimana saja, karena memang aktifitas mengunyah permen karet ini merupakan aktifitas yang menyenangkan namun usahakan untuk memilih permen karet tanpa gula agar tidak menyebabkan masalah gigi lain akibat gula.

Cara memutihkan gigi dengan arang kayu

Mungkin ini terdengar aneh namun arang kayu dipercaya mampu membantu memutihkan gigi dengan cepat, bahkan oarang-orang zaman dahulu banyak memanfaatkan arang kayu ini sebagai pemutih gigi alami.

Untuk memutihkan gigi menggunakan arang kayu ini juga sangat mudah sekali, cukup anda ambil arang kayu ukuran kecil kemudian gosok-gosokan ke bagian gigi anda secara perlahan dan merata, lalu bersihkan menggunakan sikat gigi biasa tanpa pasta gigi.

Namun anda harus berhati-hati karena cara kerja arang kayu ini adalah dengan mengikis lapisan gigi yang berwarna kuning yang sulit sekali dihilangkan menggunakan cara menggosok gigi biasa.

Cukup gunakan cara ini 1 kali dalam rentan waktu yang lama, jangan terlalu sering menggunakannya agar tidak terjadi masalah lain terhadap gigi anda 

Cara memutihkan gigi dengan buah stroberi dan apel

Stroberi dan apel merupakan buah yang enak dan manis sekali, namun dibalik manisnya buah stroberi dan apel ini ternyata terdapat manfaat yang banyak sekali untuk manusia, selain sehat untuk dikonsumsi buah stroberi dan apel juga mampu membuat gigi kuning anda menjadi putih sehat berseri karena tingginya kandungan vitamin yang terkandung pada buah tersebut.

Memanfaatkan buah stroberi dan apel untuk membantu memutihkan gigi juga sangat mudah sekali, anda tidak perlu cara khusus untuk memperoleh manfaatnya, cukup secara rutin mengkonsumsi kedua buah tersebut dengan mengunyahnya secara merata menggunakan semua gigi anda akan membuat gigi anda menjadi putih dan sehat berseri.

Namun setelah mengkonsumsi buah tersebut sangat disarankan bagi anda untuk membersihkan gigi dari sisa gula alami buah apel dan stroberi yang telah anda konsumsi sebelumnya agar gula tidak mengendap pada gigi dan menimbulkan masalah gigi lainnya.

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang ampuh sekali untuk memutihkan gigi, kandugan asam dan  vitamin C pada kulit jeruk dapat dengan mudah untuk memutihkan gigi serta mengikis bagian gigi yang kuning dan susah sekali untuk dihilangkan.

Cara penggunaan kulit jeruk untuk membantu memutihkan gigi juga sangat mudah sekali cukup anda ambil kulit buah jeruk lalu gunakan bagian putih kulit jeruknya untuk menggosok seluruh area gigi anda secara merata, namun ketika menggosokan kulit jeruk pada gigi anda harus melakukannya secara perlahan saja apalagi jika anda mempunyai masalah dengan gigi sensitif menggunakan kulit buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C dapat membuat ngilu pada gigi sensitif anda.

Gunakan cara ini cukup 1 - 2 kali saja dalam jangka waktu yang lama agar tidak terjadi masalah lain pada gigi.

Cara memutihkan gigi dengan kulit buah pisang

Anda penggemar buah pisang, tentu sehabis mengkonsumsi buah pisang kemudian anda membuang kulitnya, namun sebelum anda membuang kulit buah pisang anda dapat memanfaatkannya terlebih dahulu, kulit buah pisang dapat dengan mudah membantu memutihkan gigi kuning anda dengancepat, bukan itu saja kulit buah pisang juga dapat membantu membuat gigi tetap sehat, kuat dan berkilau karena banyaknya kandungan mineral baik yang terkandung didalamnya.

Cara penggunaan kulit buah pisang untuk membantu memutihkan gigi juga sangat mudah sekali, cukup anda ambil kulit buah pisang, lalu gunakan bagian kulit buah pisang yang berwarna putih untuk menggosok gigi anda, lakukan secara perlahan dan merata selama 1 - 2 menit kemudian selesaikan dengan menggosok gigi anda menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi. Gunakan cara ini secara rutin 3 - 4 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda

Jika anda ingin memutihkan gigi, baking soda dapat anda jadikan pilihan terbaiknya. Baking soda memiliki sifat pemutih alami yang dapat memutihkan gigi kuning anda dengan cepat.

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat abrasif dan alkalin, yang dapat membantu membersihkan noda membandel pada gigi dan menghilangkan bakteri penyebab masalah pada gigi.

Baking soda juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pasta gigi komersial, sehingga tidak diragukan lagi keampuhannya dalam membantu memutihkan gigi.

Untuk memutihkan gigi menggunakan baking soda juga sangat mudah sekali, cukup anda siapkan 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan air dan sikat gigi halus. Campurkan baking soda dan air hingga membentuk adonan tebal, kemudian gunakan untuk menggosok gigi anda. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Cara memutihkan gigi dengan cuka sari apel

Bahan alami yang satu ini juga dapat anda manfaatkan untuk membantu memutihkan gigi, cuka sari apel memiliki kandungan asam asetat dan sifat anti bakteri. Dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat sekaligus menghilangkan bakteri penyebab berbagai macam masalah pada gigi.

Untuk menggunakan cuka sari apel sebagai pemutih gigi, anda dapat menyiapkan setengah gelas cuka sari apel, lalu gunakan sebagai kumur-kumur.

Jangan menggunakan cuka sari apel secara berlebihan, karena sifat asam yang terkandung didalamnya dapat merusak enamel gigi, cukup gunakan cara ini 1 - 2 kali dalam seminggu.

Cara memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida

Alternatif untuk mendapatkan gigi yang putih berseri juga dapat anda lakukan menggunakan hidrogen peroksida. Bahan ini mirip seperti baking soda yang telah banyak dimanfaatkan oleh produk pasta gigi sebagai bahan dasarnya. 

Hidrogen peroksida merupakan pembersih mulut yang efektif. Dapat membantu memutihkan gigi sekaligus menghilangkan bakteri penyebab masalah gigi. Plus membuat nafas anda menjadi lebih segar.

Cara penggunaannya cukup mudah sekali, anda dapat mencampurkan 1 sendok makan hidrogen peroksida dengan setengah gelas air, kemudian gunakan kumur-kumur selama 1 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa

Minyak yang sering kita manfaatkan untuk menggoreng makanan ini ternyata juga dapat kita gunakan untuk membantu memutihkan gigi. Minyak kelapa dapat bertindak sebagai pelumas gigi alami, dapat merontokkan plak gigi yang membandel serta melindungi gigi dari berbagai macam bakteri. 

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan gigi dengan cara mengoleskannya secara merata pada gigi dan sela-sela gigi, tunggu hingga satu menit, kemudian gunakan sikat lembut untuk menyikat gigi anda. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Untuk melindungi gigi, anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa pada gigi anda setelah anda selesai menyikat gigi pada pagi dan sore hari.

Cara memutihkan gigi dengan lemon

Mirip seperti jeruk nipis, lemon juga memiliki kandungan asam dan vitamin C yang tinggi. Dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat, serta efektif untuk membersihkan gigi dari plak dan kotoran yang membandel pada gigi.

Cara penggunaan lemon untuk memutihkan gigi adalah dengan mengambil kulit lemon, lalu gunakan bagian kulit lemon yang putih untuk menggosok seluruh permukaan gigi anda.

Sifat asam pada lemon dapat merusak enamel gigi, oleh sebab itulah gunakan cara ini ini dengan hati-hati dan tidak berlebihan, apalagi jika anda mempunyai masalah gigi sensitif. Cukup lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam seminggu.

Tips memutihkan gigi secara tuntas dan mencegah masalah gigi kuning

Diatas merupakan beberapa cara alami yang dapat anda gunakan untuk membantu memutihkan gigi, selain dengan menggunakan cara diatas, untuk membantu memutihkan gigi secara tuntas dan mencegah masalah gigi kuning, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips seperti dibawah ini :
  • Rajin membersihkan gigi dengan menggosok gigi pada pagi hari setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran dan plak pada gigi serta mencegah bakteri berkembang biak pada gigi dan mulut anda.
  • Gunakan pasta gigi yang cocok untuk membersihkan gigi anda
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menjaga enamel gigi anda agar tidak rusak
  • Jangan menggosok gigi terlalu keras karena dapat merusak enamel gigi
  • Gunakan mouthwash atau pembersih gigi setelah menggosok gigi untuk menghilangkan bakteri penyebab masalah pada gigi dan mulut
  • Hilangkan kebiasaan merokok, karena nikotin yang menumpuk pada gigi dapat membuat gigi kuning dan menimbulkan kerusakan pada gigi.
  • Hilangkan kebiasaan menggigit gigi karena dapat mengikis enamel gigi anda.
  • Kurangi kebiasaan minum kopi, karena kafein yang menumpuk pada gigi dapat membuat gigi kuning dan menimbulkan kerusakan pada gigi.
  • Kurangi kebiasaan minum minuman berenergi, karena minuman berenergi cenderung bersifat korosit dan dapat merusak enamel gigi anda.
  • Kurangi kebiasaan makan yang manis-manis karena dapat merusak enamel gigi
  • Kurangi kebiasaan makan yang asam-asam karena dapat merusak enamel gigi
  • Kurangi aktifitas berenang, karena klorin pada air kolam dapat mempengaruhi ph air kolam, sehingga kandungan asam pada air kolam akan menjadi tinggi dan tidak baik untuk kesehatan gigi anda.
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara memutihkan gigi kuning dengan cepat secara alami semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua.
By