Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dan Berlebihan Secara Alami dan Cepat

Memiliki rambut indah, lebat dan sehat merupakan dambaan semua orang, baik pria maupun wanita pasti mengingikan rambut yang lebat indah dan sehat karena rambut merupakan aset yang begitu berharga bagi manusia, selain memiliki fungsi utama sebagai penghias penampilan, rambut juga berfungsi sebagai pelindung kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung.

Namun pada saat ini banyak sekali masalah-masalah yang timbul pada rambut karena barbagai sebab, salah satu masalah yang tidak bisa dianggap remeh adalah masalah rambut rontok.

Masalah rambut rontok bisa menimpa siapa saja baik wanita maupun pria, terdapat kurang lebih 100.000 helai rambut pada kepala manusia, dan umumnya memang bisa rontok 50 - 100 helai perhari namun jika rambut rontok dengan jumlah lebih dari itu maka masalah rambut rontok yang sedang anda alami bisa dianggap parah atau berlebihan.

Oleh sebab itulah jika anda mengalami masalah rambut rontok, mulai dari sekarang anda harus waspada karena jika masalah rambut rontok tidak cepat-cepat anda atasi tentu saja cepat atau lambat rambut anda akan habis dan timbullah kebotakan.

Baca juga : Penyebab rambut rontok parah dan berlebihan

Mungkin anda telah banyak mencoba berbagai produk kecantikan misalnya shampo dan vitamin untuk mengatasi rambut rontok namun hasilnya kurang memuaskan, oleh sebab itu sebaiknya anda beralih menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi masalah rambut rontok tersebut.

Mengatasi rambut rontok secara alami juga telah terbukti lebih aman tanpa efek samping karena cara mengatasi rambut rontok secara alami ini menggunakan bahan-bahan tradisional alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah di rumah anda.

Penasaran bukan bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami ini, mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Memijat kulit kepala menggunakan minyak rambut alami

Jika anda sedang mengalami masalah rambut rontok langkah yang tepat pertama kali harus anda lakukan adalah dengan memijat kulit kepala anda menggunakan minyak rambut alami, memijat kulit kepala menggunakan minyak rambut alami selain bisa menutrisi rambut juga dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala ke folikel rambut, meningkatkan kekuatan akar rambut serta dapat mengurangi stress.

Anda dapat menggunakan minyak rambut alami seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, minyak amla, atau minyak alami lainnya.
  • Gunakan salah satu minyak rambut alami diatas pada rambut dan kulit kepala anda kemudian sambil menggunakan minyak rambut tersebut pijat secara merata dan perlahan-lahan kulit kepala anda menggunakan ujung jari anda.
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya

Lidah buaya sangat baik sekali untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga telah dipercaya secara turun temurun untuk menyuburkan rambut serta mengatasi rambut rontok dengan cepat.

Lidah buaya mengandung enzim-enzim penting yang dapat menutrisi rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, selain itu lidah buaya memiliki sifat alkalizing yang dapat menyetabilkan pH kulit kepala agar sehat terhadap rambut.
  • Potong lidah buaya kemudian ambil jel nya.
  • Oleskan secara merata jel lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan rambut anda.
  • Diamkan selama beberapa jam.
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat.
  • Gunakan cara tersebut 3- 4 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi rambut rontok menggunakan bawang merah

Ternyata bawang merah sangat ampuh sekali untuk mengatasi rambut rontok yang kini sedang anda alami, bawang merah kaya akan kandungan sulfur yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, mempercepat regenerasi folikel rambut dan mengurangi peradangan pada kulit kepala anda.

Selain itu bawang merah juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri dan kuman dan mengobati infeksi pada kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Pemanfaatan bawang merah untuk mengatasi rambut rontok juga telah diterbitkan dalam Jurnal Of Dermatology pada studi tahun 2002, dalam studi tersebut hampir 74 % dari peserta penelitian yang menggunakan ramuan bawang merah pada kulit kepala mengalami pertumbuhan rambut kembali secara signifikan.
  • Ambil ekstak bawang merah dengan cara diblender kemudian saring lalu ambil airnya, gunakan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut anda, biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih atau bisa dengan menggunakan shampoo.
  • Atau anda bisa juga berkolaborasi dengan mencampur 3 sendok makan ekstak bawang merah, satu sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan gel lidah buaya, aduk ramuan tersebut sampai merata kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut anda, biarkan selama 30 menit lalu bersihkan rambut anda menggunakan air bersih atau keramas menggunakan shampoo.
  • Gunakan cara diatas minimal 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Mengatasi rambut rontok dengan bawang putih

Selain menggunakan bawang merah, untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok juga dapat anda lakukan dengan menggunakan bawang putih. Kandungan alami yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menguatkan akar rambut serta meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, selain itu bawang putih juga memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti infeksi, gatal-gatal dan pengelupasan.
  • Anda dapat menyiapkan beberapa siung bawang putih
  • Kemudian menghaluskannya menggunakan blender atau ditumbuk
  • Setelah halus, kemudian gunakan untuk menggosok-gosok rambut anda selama beberapa menit
  • Jika sudah, biarkan hingga 10 - 15 menit
  • Lalu akhiri dengan membilasnya sampai bersih
  • Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari pada saat sore hari

Mengatasi rambut rontok menggunakan buah bit

Anda kenal dengan buah bit, buah yang satu ini ternyata sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi rambut rontok yang sedang anda alami, bukan cuma buahnya namun daun nya juga sangat bermanfaat sekali.

Buah bit benyak mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut seperti protein, kalium, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin B dan C.
  • Konsumsilah buah bit bisa dengan membuat jus atau olahan lainnya secara rutin setiap hari.
  • Atau anda juga bisa membuat ramuan dengan menggiling beberapa daun bit sampai menjadi lembut seperti pasta kemudian oleskan pada seluruh kulit kepala anda, diamkan selama 15 - 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih, gunakan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Mengatasi rambut rontok menggunakan santan kelapa

Santan kelapa ternyata juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah rambut rontok yang sering kita alami, santan kelapa adalah ekstrak daging buah kelapa tua yang berbentuk cairan putih dan encer, yang biasanya digunakan untuk bumbu berbagai macam olahan makanan.

Santan kelapa kaya akan kandungan lemak essensial dan protein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan menguatkan akar rambut agar tidak rontok.
  • Ambil daging kelapa tua kemudian parut lalu saring santannya.
  • Rebus hingga mendidih lalu kemudian saring lagi.
  • Setelah santan dingin, kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala serta rambut anda,
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih atau cuci rambut serta kulit kepala anda menggunakan shampo.
  • Gunakan cara ini 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi rambut rontok menggunakan bunga sepatu

Bunga sepatu atau hibiscus juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok yang kini sedang anda alami, bunga sepatu dapat memilhara kesehatanrambut dari masalah kerontokan, mencegah uban dini, serta mengatasi ketombe.
  • Ambil 2 sami 3 helai bunga sepatu kemudian haluskan.
  • Kemudian campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala anda.
  • Biarkan selama kurang lebih satu jam.
  • Lalu bilas menggunakan sampo sampai bersih.
  • Gunakan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi rambut rontok menggunakan telur

Telur memiliki kandungan sulfur, selenium, yodium, ahs fosfor, seng dan protein  yang baik sekali untuk kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok serta mengontrol masalah rambut rontok.
  • Siapkan 1 telur kemudian ambil putih telurnya saja.
  • Kemudian campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun.
  • Campurkan sampai merata.
  • Kemudian oleskan pada seluruh kulit kepala serta rambut anda.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih atau sampo.
  • Gunakan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi rambut rontok menggunakan biji rami

Biji rami merupakan pilihan yang tepat, jika anda ingin mengatasi masalah rambut rontok dengan cepat. Biji rami merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan lebat.
  • Untuk mendapatkan manfaatnya anda dapat mengkonsumsi satu sendok makan biji rami setiap hari. Pilihan lainnya, anda juga dapat mengambil minyak biji rami, lalu menerapkannya pada rambut anda

Mengatasi rambut rontok dengan akar licorice ( akar manis )

Akar licorice atau yang biasa disebut akar manis ini merupakan bahan tradisional alami yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah keampuhannya untuk mebantu mengatasi masalah rambut rontok. Akar licorice memiliki sifat mollifying yang dapat membantu membuka pori-pori kulit kepala, menguatkan akar rambut, menenangkan kulit kepala dan menghilangkan berbagai masalah iritasi yang terjadi pada kulit kepala. Bahan alami ini juga cocok untuk mengatasi ketombe, rambut rontok dan kebotakan.
  • Anda dapat mengambil beberapa akar licorice kemudian mencampurkannya dengan air hangat untuk menjadi teh yang dapat anda konsumsi setiap hari.
  • Cara lainnya juga dapat anda lakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan akar licorice halus dengan 1 gelas susu dan 1/4 sendok makan kunyit. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga tercampur sempurna. Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala anda dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya, anda dapat membilas rambut anda sampai bersih. Lakukan perawatan ini 2- 3 kali dalam seminggu

Mengatasi rambut rontok dengan fenugreek

Fenugreek atau yang biasa disebut dengan klebet/klabet ini merupakan tumbuhan asli dari Yunani. Jadi wajar jika masih asing ditelinga anda. Namun tanaman dari Yunani ini juga memiliki manfaat yang luar biasa sekali untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok yang kini sedang anda alami. Biji fenugreek memiliki kandungan hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membangun kembali folikel rambut. Selain itu biji fenugreek juga memiliki kandungan protein dan asam nikotinat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.
  • Siapkan biji fenugreek secukupnya
  • Kemudian rendam dan biarkan selama semalaman
  • Ke esokan harinya, giling biji fenugreek tersebut hingga membentuk adonan halus
  • Jika sudah, lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala anda kemudian bungkus kepala anda dengan plastik atau shower cap.
  • Biarkan selama 30 - 40 menit
  • Lalu bilas kepala anda
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Mengatasi rambut rontok dengan amla

Bumbu dapur yang satu ini juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok yang kini sedang anda alami. Amla memiliki sifat pengelupasan, anti bakteri, anti oksidan, anti inflamasi dan kandungan vitamin C yang tinggi. Dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok, selain itu, kandungan yang terdapat pada amla juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan amla yang sudah dilembutkan dengan 1 sendok makan air perasan lemon.
  • Lalu pijat kulit kepala anda dengan ramuan tersebut
  • Setelah itu tutup rambut anda dengan shower cap atau plastik
  • Biarkan selama semalam dan bilas rambut anda pada pagi hari
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Mengatasi rambut rontok dengan minyak rosemary

Minyak rosemary merupakan minyak esensial yang dapat memberikan keharuman yang nikmat untuk rambut dan kulit kepala anda, selain itu minyak rosemary juga memiliki khasiat yang luar biasa sekali untuk membantu mengatasi rambut rontok. 

Minyak rosemary memiliki sifat antibakteri dan kandungan antiseptik yang kuat. Dapat membantu mengobati berbagai masalah yang terjadi kulit kepala seperti ketombe, rambut rontok, infeksi, pengelupasan kulit kepala dan masalah kulit kepala lainnya yang berkontribusi terhadap timbulnya masalah rambut rontok. Selain itu minyak rosemary juga memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat.
  • Anda dapat menyiapkan minyak rosemary secukupnya
  • Lalu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala anda
  • Biarkan selama semalaman 
  • Dan bilas ke esokan harinya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Mengatasi rambut rontok dengan cuka sari apel

Bila folikel rambut tersumbat dan kekurangan minyak, bakteri dapat menumpuk dan minyak sehat menjadi langka, mengakibatkan rambut rontok dan berpotensi malah kebotakan. Untuk mencegah atau memperbaiki folikel tersumbat, coba bilas kulit kepala Anda dengan campuran cuka sari apel dan air. Perawatan rambut rontok alami ini dapat memberi keajaiban untuk membersihkan pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan rambut kembali. Ini adalah manfaat yang luar biasa dari cuka sari apel.

Mengatasi rambut rontok dengan minyak jojoba

Kulit kepala yang kering berkepanjangan sering menyebabkan ketombe, pengelupasan kulit kepala, dan folikel rambut menjadi melemah, sehingga masalah rambut rontok pun akan mudah menyerang. Solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok secara alami yang ampuh adalah dengan memanfaatkan minyak jojoba. Minyak ini dapat membantu melembabkan folikel rambut dan kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat dan kuat. Minyak jojoba juga bisa membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat, dan untungnya tidak meninggalkan residu berminyak setelah dicuci.
  • Anda dapat menyiapkan minyak jojoba secukupnya
  • Kemudian tetes kan pada telapak tangan anda
  • Gosok-gosok terlebih dahulu
  • Kemudian pijat lembut kulit kepala anda menggunakan minyak tersebut
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian bilas kulit kepala anda sampai bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 - 2 kali dalam sehari

Mengatasi rambut rontok dengan minyak safflower

Di samping minyak rosemary dan jojoba, minyak safflower juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok. Minyak safflower dapat membantu melembabkan folikel rambut yang kering dan melawan ketombe. Minyak safflower ini dapat memberi makan kulit kepala anda dengan meresap menembus folikel rambut dan menguatkan sel-selnya dari dalam.
  • Cukup anda siapkan minyak safflower secukupnya
  • Kemudian teteskan pada telapak tangan anda
  • Gosok minyak tersebut menggunakan telapak tangan anda
  • Lalu pijatkan pada kulit kepala anda secara merata
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian bilas kulit kepala anda sampai bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 - 2 kali dalam sehari

Mengatasi rambut rontok dengan daun nimba ( intaran )

Daun nimba atau daun biasa disebut intaran memiliki sifat antibakteri yang dapat menyingkirkan ketombe dari kulit kepala anda, sehingga rambut dapat tumbuh secara optimal. Daun nimba juga dapat membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala, sehingga akar rambut dapat memperoleh pasokan gizi yang dubutuhkannya. Bahkan daun neem juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu kepala dan telurnya.
  • Rebus daun nimba secukupnya hingga air rebusannya berkurang setengah
  • Tunggu hingga dingin
  • Lalu gunakan untuk membilas rambut anda
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Mengatasi rambut rontok dengan teh hijau

Jika kalian pencinta minuman teh, yang harus kalian tahu, teh bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk diminum saja, lebih daripada itu, teh juga ternyata dapat kita manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok yang kini sedang anda alami. Teh hijau dapat membantu detoksifikasi dan mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Siapkan 2 kantong teh hijau dan 1 gelas air panas
  • Celupkan kantong teh hijau tersebut kedala gelas yang berisi air panas, lalu aduk hingga teh larut dengan sempurna
  • Tunggu hingga larutan teh mendingin
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan pangkal rambut anda sambil memijat lembut area tersebut selama beberapa menit
  • Diamkan lagi selama 20 - 30 menit
  • Lalu bilas menggunakan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari
  • Untuk memperoleh manfaat teh hijau terhadap rambut anda juga dapat mengkonsumsi teh hijau ini secara rutin setiap hari

Mengatasi rambut rontok dengan kentang

Bahan makanan pokok yang satu ini telah sering kita konsumsi setiap hari, namun siapa sangka, kentang juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok. Kentang banyak mengandung zat besi, kalium dan vitamin C, yang kesemuanya sangat penting untuk kesehatan rambut.
  • Anda dapat menyiapkan ketang secukupnya
  • Kemudian kupas kulitnya sampai bersih
  • Lalu blender kentang tersebut hingga lembut sampai membentuk adonan tipis, jika kurang tipis, anda juga dapat menambahkan air
  • Tambahkan sedikit madu juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Jika sudah, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan pangkal rambut anda
  • Diamkan selama 20 - 30 menit
  • Lalu bilas hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Mengatasi rambut rontok dengan lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C dan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, lemon juga mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat menghilangkan kelebihan minyak pada kulit kepala, mengencangkan pori-pori kulit kepala, mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulit kepala, serta menghilangkan ketombe yang banyak berserakan di kulit kepala anda. Sehingga dapat mengendalikan masalah rambut rontok.
  • Ambil beberapa lemon dan peras airnya hingga menjadi 1/2 gelas
  • Setelah itu tambahkan dengan 1/2 gelas air hangat
  • Kemudian gunakan untuk mencuci kulit kepala dan pangkal rambut anda, sambil memijat lembut area tersebut selama beberapa menit
  • Setelah itu biarkan selama 10 - 15 menit
  • Lalu bilas area kapala anda dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

Mengatasi rambut rontok dengan ketumbar

Satu lagi bumbu dapur yang dapat kita manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok, yaitu ketumbar. Bukan biji ketumbarnya tapi daunnya.

Ketumbar telah dikenal lama ampuh untuk membuat rambut anda lembut dan mencegah masalah rambut rontok. Selain itu, ketumbar ini juga sangat efektif untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Ambil beberapa daun ketumbar kemudian blender dengan sedikit air hingga membentuk adonan lembut
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan pangkal rambut anda
  • Diamkan selama 20 - 30 menit
  • Lalu bilas area kepala anda hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 2- 3 kali dalam seminggu

Mengatasi rambut rontok dengan madu, minyak zaitun dan kayu manis

Kombinasi ketiga bahan alami ini sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok karena mereka dapat membantu melembabkan rambut, sehingga rambut dapat terhindar dari masalah kekeringan dan rambut dapat tumbuh lebih sehat.
  • Anda dapat menyiapkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan bubuk kayu manis
  • Campurkan ketiga bahan diatas hingga tercampur sempurna 
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala dan pangkal rambut anda
  • Pijat lembut area kepala anda selama beberapa menit
  • Lalu diamkan selama 15 - 20 menit
  • Dan akhiri dengan membilasnya dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Mengatasi rambut rontok dengan minyak spikenard

Minyak spikenard atau minyak atsiri narwastu merupakan minyak yang sering dijadikan bahan pembuatan parfum. Ini merupakan termasuk kedalam minyak essensial yang selain dapat memberikan keharuman untuk rambut dan kulit kepala anda, juga dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok yang kini sedang anda alami.

Menurut penelitian, kandungan alami yang tedapat pada minyak spikenard dapat membantu mempromosikan pertumbuhan rambut dengan cepat dan memperlambat proses munculnya rambut beruban. 
  • Anda dapat menyiapkan minyak spikenard secukupnya
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala dan pangkal rambut anda
  • Pijat lembut kulit kepala anda selama beberapa menit.
  • Kemudian diamkan minyak bekerja selama 10 - 15 menit
  • Barulah anda dapat membilasnya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Mengatasi rambut rontok dengan kafein

Bagi kalian pecinta minuman kopi dan teh, tentu kalian tidak akan mengira, ternyata kafein yang terkandung didalam kopi dan teh juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok ini. Kafein yang terdapat pada kopi dan teh dalam takaran normal dapat membantu memacu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Menurut penelitian, kafein dapat merangsang poros rambut dan membantu mereka tumbuh lebih cepat, dengan mengurangi efek DHT, zat yang secara umum memperlambat pertumbuhan rambut.
  • Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lebat, cukup anda konsumsi kafein setiap hari, baik dari minuman kopi atau teh, namun jangan terlalu berlebihan, cukup dalam dosis yang seimbang. 
  • Cara lainnya juga dapat anda lakukan dengan menggunakan larutan kopi dan teh untuk membilas rambut anda setiap hari.

Mengatasi rambut rontok dengan mengkonsumsi asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 sangat baik sekali untuk kesehatan rambut, oleh sebab itulah dia dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan, infeksi atau masalah lain yang menyerang kulit kepala. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi asam lemak omega 3 juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

Anda bisa mendapatkan asam lemak omega 3 ini dari berbagai macam bahan makanan, contohnya saja adalah ikan salmon, alpukat, minyak zaitun dan lain-lain.

Mengatasi rambut rontok dengan mengurangi stress

Stress atau gejolak emosial merupakan salah satu pemicu timbulnya masalah rambut rontok. Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah rambut rontok, mulai sekarang kelola stress anda dengan baik.

Cara untuk mengurangi stress agar tidak timbul masalah rambut rontok, misalnya adalah dengan pergi berlibur, tidur nyenyak, meditasi, berkumpul bersama teman-teman atau melakukan kegiatan positif lainnya.

Mengatasi rambut rontok dengan menghindari perawatan rambut yang salah

Perawatan rambut yang salah juga kerap kali menimbulkan masalah rambut rontok. Catok, smothing, rebonding, semua itu menggunakan teknik pemanasan dan obat kimia yang dapat merusak kesehatan rambut, sehingga jika tidak dirawat secara maksimal, rambut dapat menjadi kering dan mengalami kerontokan.

Pewarnaan rambut juga lebih beresiko menimbulkan masalah rambut rontok karena dapat menutup folikel rambut sehingga rambut tidak dapat tumbuh maksimal.

Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah rambut rontok, perawatan rambut yang baik dan benar harus benar-benar anda pahami. Lebih baik anda melakukan perawatan rambut tersebut secara alami, untuk memberikan perawatan terbaik bagi rambut dan kesehatan rambut anda, seperti yang caramedika ulas pada artikel caramedika sebelumnya :
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mengatasi rambut rontok parah dan berlebihan secara alami, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua.
By