Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Cepat Secara Alami

Lingkaran hitam yang terletak dibawah mata atau biasa disebut mata panda merupakan masalah umum yang sering terjadi pada kebanyakan orang saat ini. Hal ini memang bukan suatu masalah yang besar, namun bagi sebagian orang memiliki mata panda sangat mengganggu sekali, karena dapat merusak penampilan serta menurunkan kepercayaan diri untuk tampil didepan umum.

Lalu bagaimana cara menghilangkan masalah mata panda yang kini sedang anda alami, tentu anda ingin cepat-cepat menghilangkannya bukan ?

Namun sebelum masuk ke pembahasan cara menghilangkan mata panda alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa saja sih penyebab timbulnya mata panda tersebut, supaya anda lebih mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

Penyebab mata panda

Penyebab timbulnya mata panda atau lingkaran hitam yang terletak dibawah mata sering dikait-kaitkan dengan masalah kurang tidur, namun ternyata masih banyak hal lainnya yang mempengaruhi timbulnya mata panda tersebut.

Kurang tidur

Penyebab utama seseorang mengalami masalah mata panda adalah karena kurang tidur. Masalah mata panda karena kurang tidur bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, hal ini dikarenakan kulit area bawah mata memiliki selaput yang tipis yang dapat membuat pigmen kulit lebih terlihat menonjol sehingga memberikan kesan gelap karena kulit kelelahan akibat kurang tidur.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung juga dapat menimbulkan masalah lingkaran hitam di area bawah mata anda, hal ini terjadi karena paparan sinar matahari langsung dapat membuat lapisan tipis kulit disekitar bawah mata menjadi keriput dan berwarna kehitam-hitaman.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Ini merupakan penyebab mata panda yang terjadi dari dalam, masalah mata panda juga dapat disebabkan karena terlalu banyaknya zat garam dalam tubuh kita.

Akibat proses osmosis yang terjadi pada tubuh, air akan terbawa pada daerah dengan tingkat garam yang tinggi yaitu disekitar area mata sehingga menyebabkan kantung mata menjadi gembung dan gelap.

Hidung tersumbat

Lingkaran hitam dibawah mata juga bisa disebabkan oleh masalah hidung tersumbat, hidung tersumbat menyebabkan pembuluh darah dari mata kehidung membengkak sehingga menggelapkan area bawah mata.

Stress

Masalah timbulnya mata panda juga dapat disebabkan oleh stress. Menurut sebuah riset yang terbitkan oleh APA (American Psychological Assosciation), saat pikiran dan psikologis seseorang tidak seimbang, secara medis dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit. 

Kulit mudah keriput, kusam, kering, sensitif dan lebih berminyak. Sama halnya dengan kondisi kulit dibawah mata. Apalagi area kulit bawah mata ini lebih tipis, sehingga masalah stress berlebihan akan lebih terlihat dampaknya, dengan ditandai kulit area bawah mata yang menghitam.

Penuaan

Faktor penuaan merupakan faktor umum yang dapat menyebabkan timbulnya masalah mata panda, karena semakin seseorang bertambah umur maka jaringan dan pigmen kulit akan lebih mudah menipis dan memudar, terutama didaerah bawah mata.

Biasanya seseorang akan mengalami masalah mata panda ketika mereka berumur 25 tahun keatas.

Keturunan

Hal ini memang jarang terjadi namun beberapa orang mengalaminya, selain dari faktor yang telah disebutkan diatas penyebab timbulnya mata panda juga bisa dikarenakan oleh faktor keturunan.

Seseorang yang memiliki orang tua dengan lingkaran hitam di bawah mata akan lebih beresiko menderita keadaan yang sama dikemudian hari.

Terlalu lama menatap layar smartphone dan komputer

Aktifitas melihat layar smartphone atau komputer dengan durasi yang lama dan posisi yang salah kerap kali menjadi penyebab baru timbulnya masalah mata panda. Hal ini membuat mata menjadi lelah sehingga menyebabkan area bawah mata menjadi menghitam, kondisi ini dapat diperparah dengan pancaran radiasi yang dikeluarkan oleh perangkat elektronik tersebut.

Baiklah setelah mengetahui beberapa penyebab timbulnya lingkaran hitam dibawah mata atau biasa disebut dengan mata panda, lalu jika sekarang anda sedang mengalaminya, kemudian bagaimana cara menghilangkan masalah mata panda ini.

Cara menghilangkan mata panda secara alami

Jika anda mengalami masalah mata panda, anda tenang saja karena sebenarnya cara menghilangkan mata panda ini sangat mudah sekali, anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan mata panda dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami seperti dibawah ini.

Menghilangkan mata panda dengan mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit. mentimun memiliki sifat pendingin yang dapat mencerahkan kulit, selain itu timun juga kaya akan kandungan lain seperti cucurbitacins, orientin, vitexin, isoscoparin dan vitamin K dan C yang bermanfaat dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang menyebabkan bengkak dan mata panda.
  • Potong mentimun sedikit tebal kemudian letakan dalam lemari es selama 30 menit untuk mendinginkan.
  • Tempatkan potongan mentimun pada area mata panda atau lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari pada malam hari sebelum tidur

Menghilangkan mata panda dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki efek menyegarkan yang dapat membantu merelaksasi kulit yang menghitam dibawah mata. Selain itu ia juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat mengurangi pigmentasi dan membuat kulit sensitif dibawah mata menjadi lebih sehat.
  • Anda dapat menyiapkan gel lidah buaya segar secukupnya dan 1 lembar kapas halus
  • Oleskan secara merata gel lidah buaya tersebut pada lingkaran hitam dibawah mata anda sambil memijat lembut daerah tersebut selama beberapa detik
  • Setelah itu, diamkan selama 10 - 15 menit
  • Dan akhiri dengan membersihkan gel lidah buaya yang tersisa dengan kapas lembut
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari pada siang hari dan malam hari sebelum tidur

Menghilangkan mata panda dengan sendok

What sendok... ?

Iya...bener sendok !

Cara menghilangkan mata pana menggunakan sendok merupakan cara yang efektif sekali. Bahkan cara menghilangkan mata panda menggunakan sendok ini telah dibahas dalam acara televisi bertemakan kesehatan yaitu Dr Oz Indonesia.

Apakah benar, sendok dapat menghilangkan mata panda ?

Sendok logam memiliki efek dingin yang menyegarkan, sehingga dapat membantu merelaksasi kulit dibawah mata yang menghitam. Selain itu sendok logam yang dingin juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dibawah mata yang menghitam. Sehingga kulit pada area kantung mata akan kembali segar dan lingkaran hitam pada kantung mata anda akan menghilang dengan selama - lamanya.
  • Pertama siapkan sendok logam terlebih dahulu
  • Masukkan kedalam lemari es selama beberapa menit
  • Kemudian gunakan untuk menekan-nekan area lingkaran hitam dibawah mata anda dari arah dalam ke luar hingga 8 - 10 kali hingga sendok yang dingin tadi menjadi terasa hangat.
  • Lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan es batu

Prinsip kerjanya mirip seperti sendok logam yang di dinginkan kedalam lemari es. Namun jika anda memiliki es batu, mengapa tidak memakai es batu saja.

Es batu juga memiliki efek dingin yang menygarkan, ia dapat membantu merelaksasi kulit di bawah mata yang menghitam serta melancarkan peredaran darah diarea tersebut, sehingga masalah mata panda pun akan berangsur-angsur menghilang.
  • Anda dapat menyiapkan batu es ukuran kecil
  • Kemudian gosokkan secara perlahan pada area kantung mata anda yang menghitam, dari arah dalam ke luar selama 8 - 10 kali.
  • Lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan minyak almond

Minyak almond banyak mengandung vitamin E dan kaya akan antioksidan alami yang sangat bermanfaat sekali untuk membantu menghilangkan mata panda. Ini membuat kulit kulit dibawah mata menjadi sehat dan segar kembali.
  • Sebelum tidur malam.
  • Oleskan minyak almond pada area lingkaran hitam dibawah mata anda sambil memijat lembut selama 4-5 menit.
  • Diamkan sampai pagi.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Menghilangkan mata panda dengan air mawar

Air mawar juga sangat ampuh sekali untuk menghilangkan mata panda yang kini sedang anda alami, air mawar banyak mengandung antioksidan alami yang dapat membantu menguatkan sel-sel kulit, meregenerasi jaringan kulit serta meremajakan kulit.
  • Teteskan air mawar pada kapas sampai basah.
  • Oleskan pada seluruh area mata panda anda.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 - 2 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan minyak kelapa

Solusi paling mudah untuk menghilangkan masalah mata panda adalah dengan menggunakan minyak kelapa, cukup berjalan beberapa langkah ke dapur rumah anda, anda sudah dapat menemukannya.

Minyak kelapa memiliki sifat pelembab alami yang dapat membantu melembabkan dan menghidrasi kulit yang menghitam di area bawah mata anda. Selain itu minyak ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat baik sekali untuk kesehatan kulit.
  • Cukup anda siapkan minyak kelapa secukupnya
  • Kemudian oleskan secara merata pada lingkaran hitam dibawah mata anda, sambil memijat lembut area tersebut selama beberapa detik
  • Biarkan selama semalam
  • Dan bilas di ke esokan harinya
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Menghilangkan mata panda dengan lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat sekali untuk mencerahkan kulit, selain itu lemon juga memiliki sifat bleaching yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata dengan mudah,
  • Peras lemon kemudian ambil airnya.
  • Teteskan air lemon ke kapas lembut sampai basah.
  • Kemudian oleskan pada bagian lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan minyak jarak

Kandungan alami minyak jarak membantu melembutkan kulit, ia juga dapat meremajakan kulit, sehingga lingkaran hitam dibawah mata dapat berangsur-angsur menghilang. Plus minyak jarak ini juga dapat mengatasi masalah kulit keriput dan kendur dibawah mata anda.
  • Siapkan minyak jarak secukupnya
  • Dan oleskan secara merata pada lingkaran hitam dibawah mata anda
  • Diamkan selama semalam
  • Dan bilas pada ke esokan harinya
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Menghilangkan mata panda dengan kunyit

Kunyit telah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kesehatan kulit, kunyit kaya akan kandungan curcumin yang memiliki sifat anti bakteri, antioksidan, anti inflamasi, anti penuaan yang dapat mengatasi peradangan dan pigmentasi pada kulit.
  • Tubuk kunyit hingga menjadi halus dan lembut.
  • Oleskan pada lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 30 - 40 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan kentang

Gak cuma dapat dijadikan makanan pokok saja. Kentang juga dapat kita manfatkan untuk membantu mengatasi masalah mata panda. Kentang mengandung pati, enzim, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Plus ia juga memiliki efek dingin menyegarkan yang dapat membantu merelaksasi kulit anda. Sehingga masalah mata panda dapat cepat-cepat teratasi.
  • Anda dapat menyiapkan 1 umbi kentang
  • Kemudian bersihkan kulitnya
  • Lalu potong tipis - tipis menjadi beberapa bagian
  • Dan tempelkan pada lingkaran hitam di bawah mata anda
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian gunakan kapas lembut untuk membersihkannya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali sehari pada malam hari

Menghilangkan mata panda dengan  minyak argan

Minyak argan adalah minyak yang mudah menyerap kedalam lapisan kulit, ia kaya akan akandungan vitamin E dan antioksidan alami yang dapat menyembuhkan masalah mata panda dan membuatnya cerah kembali. Minyak ini juga bagus sekali untuk menghilangkan masalah kulit kendur dan keriput.
  • Siapkan minyak argan secukupnya
  • Kemudian teteskan ke ujung jari manis atau kelingking anda
  • Dan tekan ke bagian bawah mata anda yang menghitam
  • Dan biarkan minyak tersebut mengering sendiri
  • Lakukan perawatan ini setiap hari pada malam hari sebelum tidur

Menghilangkan mata panda dengan tomat

Tomat juga merupakan bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam yang terdapat diareah kulit bawah mata kita.
  • Blender halus tomat dan lemon.
  • Ambil satu sendok makan air tomat dan setengah sendok makan air lemon.
  • Campurkan lalu aduk hingga merata.
  • Kemudian oleskan pada area lingkaran hitam pada kulit dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 15 - 20 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 - 2 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satu manfaat madu adalah ke ampuhannya untuk membantu mengatasi masalah lingkaran hitam dibawah mata.

Madu kaya akan kandungan vitamin, mineral, enzim dan antioksidan alami yang kesemuanya sangat baik sekali untuk kesehatan kulit. Selain itu ia juga memiliki sifat pelembab alami yang dapat melembabkan area lingkaran hitam dibawah mata dan mengkondisikan masalah yang terjadi. Sehingga masalah mata panda dapat berangsur-angsur menghilang, dan kesehatan kulit diarea bawah mata tersebut kembali normal.
  • Anda dapat menyiapkan madu secukupnya
  • Kemudian oleskan secara merata pada lingkaran hitam dibawah mata anda, sambi memijat lembut area tersebut selama beberapa detik
  • Setelah itu, biarkan selama 15 - 20 menit
  • Lalu bilas menggunakan air hangat
  • Lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan apel

Apel banyak mengandung asam tanat yang dapat mencerahkan kulit serta vitamin C, B dan potassium yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit.
  • Potong-potong buah apel.
  • Tempelkan pada area lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Kompress menggunakan air dingin atau air es

Dengan mengkomress area lingkaran hitam dibawah mata anda akan membuat pembuluh darah menjadi lancar serta merelaksasi kulit dari masalah-masalah yang menyebabkannya menghitam, seperti peradangan, iritasi dan lain-lain.

Anda bisa mengkomress mata panda anda menggunakan air dingin atau air es secara merata menggunakan handuk atau langsung menggunakan es batu sambil menggosok-gosok ringan 3-5 menit.

Menghilangkan mata panda dengan daun mint

Selain es batu daun mint juga memiliki efek dingin yang menyegarkan untuk relaksasi kulit, hal ini lebih baik karena daun mint merupakan bahan herbal alami yang banyak mengandung antioksidan alami, antiseptik. anti mikroba dan antibakteri yang dapat mengatasi mata panda akibat berbagai masalah.
  • Tumbuk halus daun mint.
  • Oleskan pada bagian mata panda anda.
  • Diamkan selama 30 - 40 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari
Atau anda juga dapat mencampurkan bahan lain seperti.
  • Tubuk halus daun mint dan tomat.
  • Campurkan secara merata kedua bahan alami tersebut.
  • Oleskan pada bagian lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan cuka sari apel

Selain apel, cuka sari apel juga dapat anda jadikan solusi alternatif untuk membantu menghilangkan masalah mata panda. Cuka sari apel ini dapat membantu meremajakan kulit di bawah mata karena adanya kandungan berbagai macam vitamin, mineral dan enzim yang terkandung didalamnya, sehingga area bawah mata yang menghitam dapat segera diatasi dan masalah mata panda pun akan menghilang.
  • Anda dapat menyiapkan cuka sari apel secukupnya
  • Lalu gunakan ujung jari tangan anda untuk mengoleskannya secara merata pada area bawah mata anda yang menghitam
  • Pijat lembut area bawah mata tersebut selama beberapa detik
  • Lalu biarkan cuka sari apel mengering sendiri
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan kantong teh

Usut punya usut ternyata kantong teh ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan herbal alami untuk menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam dibawah mata, karena kantong teh banyak mengandung ekstrak teh itu sendiri.

Kantong teh banyak mengandung antioksidan serta kafein yang dapat dengan mudah menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak pada area kulit bawah mata anda, selain itu kantong teh juga mengandung zat tanin yang dapat mengurangi pmbengkakan dan perubahan warna kulit.
  • Masukkan kedalam lemari es kantong teh bekas bisa dari teh celup hitam atau teh hijau selama 30 - 40 menit.
  • Tempelkan kantong teh pada seluruh area mata panda atau lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Biarkan selama 10 - 15 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun

Minyak zaitun sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin, enzim, mineral dan antioksidan alami, yang dapat membantu meremajakan kulit dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya
  • Oleskan pada lingkaran hitam dibawah mata anda, lalu pijat lembut area tersebut menggunakan ujung jari anda dengan gerakan melingkar selama beberapa detik
  • Jika sudah, biarkan selama semalam
  • Dan bilas pada ke esokan harinya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan baking soda

Baking soda atau soda kue yang biasanya sering kita gunakan untuk mengembangkan kue ini juga dapat anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan masalah mata panda. Bahan ini tentu saja gk sulit anda temukan, karena biasanya telah siap tersedia di dapur rumah anda.

Baking soda memiliki sifat yang menenangkan, ia juga memiliki sifat pencerah alami, yang dapat mencerahkan kulit area bawah mata dengan cepat. Plus ia juga memiliki kandungan sifat anti inflamasi yang dapat memperbaiki sirkulasi darah pada kulit bawah mata anda.
  • Siapkan 1 sendok makan banking soda, 1 gelas air hangat dan kapas lembut
  • Campurkan baking soda kedalam gelas yang berisi air hangat dan aduk hingga merata
  • Setelah itu, rendam kapas kedalam larutan ini dan letakkan dibawah mata anda selama 10 - 15 menit
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari pada pagi hari

Menghilangkan mata panda dengan susu

Susu juga sangat baik sekali untuk kesehatan kulit terutama untuk membantu mengatasi mata panda ini, susu mengandung asam amino, antioksidan, protein, asam laktat dan enzim yang dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulit sekaligus mengurangi bengkak.
  • Dinginkan susu murni selama 20 - 30 menit dalam lemari es.
  • Teteskan susu pada kapas lembut sampai basah.
  • Kemudian oleskan secara merata pada bagian lingkaran hitam dibawah mata anda.
  • Diamkan selama 15 - 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 - 2 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan alpukat

Alpukat memiliki kandungan yang baik sekali untuk kesehatan kulit, alpukat mengandung asam lemak dan vitamin B, E, dan K yang dapat melembabkan kulit dan membuat kulit kering menjadi lebih fleksibel serta menghilangkan kehitam-hitaman pada kulit.
  • Iris buah alpukat.
  • Lalu terapkan pada kulit area mata panda.
  • Diamkan selama 15 -20 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan mata panda dengan minyak jojoba

Minyak jojoba merupakan salah satu minyak esensial yang sangat efektif sekali untuk membantu mengatasi masalah mata panda. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan alami yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit. Dapat membantu meremajakan kulit, mengatasi perubahan warna pada kulit, serta dapat melembabkan kulit. Sehingga masalah lingkaran hitam dibawah mata pun dapat dengan cepat diatasi.
  • Siapkan minyak jojoba secukupnya
  • Lalu oleskan secara merata pada area kulit yang menghitam dibawah mata anda
  • Pijat lembut area kulit bawah mata tersebut selama 1 - 2 menit
  • Kemudian biarkan minyak mengering sendiri selama semalam
  • Lakukan perawatan ini setiap hari

Perbanyak minum air putih

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk membantu metabolisme tubuh tetap lancar, sehingga kinerja tubuh tidak terganggu. Jika tubuh kekurangan air lingkaran hitam mungkin tampak dibawah mata anda.

Lingkaran hitam dibawah mata juga dapat terbentuk dari retensi natrium akibat anda terlalu banyak mengkonsumsi garam. Inilah alasan mengapa mata anda cenderung bengkak di pagi hari setelah makan asin malam sebelumnya. Untuk membantu mentralkannya dan mengeluarkan kelebihan natrium pada tubuh, anda dapat mengkonsumsi banyak air putih.

Menurut pakar kesehatan dunia, rekomendasi asupan air yang seimbang adalah 8 gelas atau 2 liter perhari.

Tidur yang cukup

Penyebab utama timbulnya masalah mata panda adalah karena kurang tidur, oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalaminya, wajib bagi anda untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur anda setiap hari, menurut anjuran pakar kesehatan dunia durasi tidur yang baik adalah 8 jam pada malam hari serta diimbangi dengan 1-2 jam tidur siang.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari terhadap kulit merupakan penyebab umum terjadinya masalah mata panda, kulit akan mudah menghitam dan berkerut akibat paparan sinar matahari langsung, apalagi untuk bagian kulit diarea bawah mata anda, karena kulit pada area bawah mata memiliki jaringan kulit yang tipis sehingga sangat sensitif terhadap paparan sinar matahri langsung,

Solusi terbaiknya adalah dengan selalu melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung, contohnya dengan memakai tabir surya atau menggunakan pelindung kulit lainnya.

Kurangi konsumsi garam

Asupan garam untuk tubuh memang perlu namun jika asupan garam berlebih bisa menimbulakan masalah mata panda ini, oleh sebab itu selalu perhatikan takaran konsumsi garam harian anda.

Menurut United Kingdom Reference Nutrient Intakes  batas konsumsi garam perhari 575 mg dan maksimum 1.600 mg, namun pengaruh iklim dan cuaca juga mempengaruhi dalam tingkat konsumsi garam, misalnya pada iklim dan cuaca panas tubuh sering mengeluarkan banyak keringat yang mengandung sodium.

Hilangkan stress

Selain membuat pikiran kacau, suasana hati buruk dan kecemasan, masalah stress berkontribusi besar terhadap timbulnya lingkaran hitam dibawah mata. Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalaminya, mulai sekarang kelola stress anda dengan baik.

Cara menghilangkan stress sebenarnya mudah sekali, anda dapat pergi rekreasi, bermain game, nonton movie atau melakukan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. 

Batasi penggunakan komputer dan smartphone

Pekerjaan, hiburan, komunikasi semua bisa didapatkan dari perangkat komputer dan smartphone, namun jika penggunaanya salah dan terlalu berlebihan, hal ini tidak baik untuk kesehatan mata, efek yang timbul mata menjadi lelah dan kemudian timbullah masalah mata panda tersebut.

Oleh sebab itulah mulai sekarang, batasi penggunakan perangkat tersebut, jika pun harus terpaksa menggunakannya dalam durasi yang lama, setiap 15 menit usahakan untuk mengistirahatkan mata sebentar dengan mengalihkan pandangan selama 5 menit atau lebih kemudian melanjutkannya lagi. 

Posisikan juga mata anda tidak terlalu dekat atau tidak terlalu jauh dari layar perangkat, agar mata dapat rileks dan tidak menimbulkan kelelahan.

Sembuhkan hidung tersumbat

Flu, pilek atau meriang biasanya disertai dengan masalah hidung tersumbat, Karena hidung tersumbat dapat membuat area bawah mata menjadi hitam maka sembuhkanlah terlebih dahulu masalah hidung tersumbat yang kini  sedang anda alami.

Anda dapat membeli obat hidung tersumbat di apotik atau berobat lebih lajut ke dokter terkait.

Jika masalah hidung tersumbat telah teratasi maka mata panda berangsung-angsur akan hilang.
By