Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Secara Alami

Karang gigi adalah plak yang menumpuk dan mengendap pada sela-sela gigi, karang gigi biasanya berwarna kuning namun jika karang gigi telah menumpuk terlalu lama karang gigi yang parah biasanya berwarna kuning kehitam-hitaman.

Karang gigi sangat sulit sekali dibersihkan karena karang gigi memiliki tekstur keras seperti gigi, mengerasnya karang gigi ini disebabkan oleh plak yang telah mengendap pada gigi bercampur dengan mineral yang dibawa oleh air liur manusia yang lama kelamaan akan mengeras sehingga terciptalah karang gigi.

Mungkin sebagian orang kurang menghiraukan adanya karang gigi pada gigi mereka namun sebenarnya karang gigi ini sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan gigi dan mulut anda.

Karang gigi dapat menjadi berbahaya terhadap kesehatan gigi dan mulut karena karang gigi merupakan rumah tempat berkumpul dan berkembang biaknya berbagai macam bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi anda termasuk juga dapat menyebabkan bau mulut yang tak sedap pada mulut.

Selain dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut karang gigi juga dapat merusak penampilan anda, bayangkan saja jika anda sedang berkumpul bersama teman-teman atau keluarga kemudian anda tersenyum dan terlihat gigi anda berwarna kuning kehitam-hitaman tentu saja anda akan sangat malu sekali.

Oleh sebab itulah sangat perlu sekali untuk menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi anda, solusi untuk menghilangkan karang gigi terbaik memang dengan mengunjungi dokter gigi namun karena faktor biaya mungkin anda enggan untuk melakukannya.

Namun anda tenang saja karena kita bisa membersihkan karang gigi tersebut sendiri secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami yang telah dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi secara tuntas.

Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi tersebut, untuk informasi lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Cara membersihkan karang gigi secara alami 

Cara membersihkan karang gigi bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan - bahan tradisional alami yang dapat anda temukan dengan mudah di rumah anda seperti minyak kelapa, baking soda, garam, kulit jeruk, teh hitam, keju, stawberry, tomat, siwak, arang dan lain-lain.

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi yang mengendap pada gigi anda karena minyak kelapa tinggi asam laurat yang memiliki efek anti inflamasi dan anti mikroba.

Sebuah studi di Nigeria oleh Nigerian Medical Jurnal tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak kelapa murni sangat efektif untuk mengurangi pembentukan plak pada gigi.
  • Siapkan 1 sendok makan minyak kelapa murni, dan buatlah kumur-kumur minyak kelapa murni tersebut selama 15 - 20 menit.
  • Kemudian muntahkan minyak kelapa tersebut dari mulut anda.
  • Dan lakukan sikat gigi seperti biasa.
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan baking soda dan garam

Baking soda merupakan bahan untuk menghilangkan karang gigi yang paling efektif sekali, baking soda atau natrium bikarbonat dapat menetralkan asam di mulut sehingga mampu membunuh bakteri, mengurangi jumlah bakteri berbahaya pada karang gigi dan meluruhkan karang gigi dengan cepat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal dengan judul The Journal of Clinical Dentistry pada tahun 2008, pada jurnal tersebut dijelaskan bahwa dalam lima studi klinis yang dilakukan menunjukkan bahwa baking soda dapat lebih efisien untuk menghilangkan karang gigi yang menempel keras pada gigi.
  • Tempatkan secara merata baking soda pada sikat gigi anda, kumur-kumur sebentar menggunakan air hangat, lalu gosok gigi anda menggunakan sikat gigi yang telah di olesi baking soda tadi, setelah itu bilas mulut anda menggunakan air hangat kembali dengan berkumur berulang-ulang.
  • Atau anda juga bisa membuat ramuan dengan mencampurkan 2 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh garam, aduk hingga merata lalu gunakan ramuan ini sebagai pasta gigi anda.
  • Gunakan kedua cara diatas 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk merupakan pemutih alami yang sangat ampuh sekali untuk menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi anda.

Kandungan limonene di kulit jeruk dapat membantu memecah karang gigi dan plak gigi tanpa merusak enamel gigi anda, selain itu vitamin C pada jeruk juga dapat membantu pertumbuhan kuman, bakteri dan mikroorganisme pada gigi anda.
  • Ambil jeruk
  • Kupas
  • Makan buahnya 
  • Lalu ambil kulitnya
  • Gunakan kulit bagian dalam jeruk untuk menggosok-gosok gigi anda tepat pada area karang gigi.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan cara ini sebelum tidur lalu bilas gigi pada pagi hari.
  • Ulangi cara ini setiap hari agar memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan teh hitam

Berkumur menggunakan teh hitam mampu mengontrol pertumbuhan bakteri di gusi dan mulut serta membantu mengurangi pembentukan plak pada gigi berkat adanya kandungan antioksidan, sifat antimikroba, dan fluoride pada teh hitam.

Kandungan pada teh hitam juga dapat menyehatkan enamel gigi dan mengurangi kemampuan bakteri untuk menghasilkan asam yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan gigi.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Jurnal Of Dentistry of Tehran University of Medical Sciences pada tahun 2011, menunjukkan bahwa teh hijau dan hitam kaya akan kandungan fluoride dan memiliki sifat anti bakteri yang ampuh sekali.
  • Masukkan satu kantong teh hitam celup kedalam gelas panas selama beberapa menit.
  • Peras juga kantong teh celup tersebut agar kandungan fluoride dapat keluar dengan sempurna.
  • Jika sudah keluarkan kantong teh.
  • Biarkan teh sampai dingin.
  • Lalu gunakan ramuan teh untuk berkumur-kumur selama beberapa menit.
  • Ulangi satu kali sehari untuk mencegah pembentukan karang gigi dan penumpukan plak gigi.

Menggunakan keju

Keju merupakan makanan enak yang sangat ampuh sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi pada gigi anda, keju dapat membantu memperoduksi alkali dalam air liur untuk menetralkan asam pada plak gigi, hal ini dapat membuat pelindung pada lapisan luar gigi anda terhadap bakteri pembuat plak gigi.

Selain itu keju juga mengandung kalsium dan fosfat yang sangat baik sekali untuk kesehatan gigi anda.

Menurut studi yang diterbitkan oleh The Journal of European Academy of Pediatric Dentistry pada tahun 2012, mencatat bahwa Keju tanpa tambahan gula dapat mencegah timbulnya karies pada gigi dengan meningkatkan konsentrasi kalsium dan fosfor dalam plak gigi.

Anda dapat mengkonsumsi keju secara teratur, dengan mengunyahnya menggunakan gigi secara merata selama beberapa menit. Lakukan cara ini 1 kali dalam sehari.

Menggunakan stawberry dan tomat

Strawberry dan tomat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik sekali untuk kesehatan gigi dan mulut, vitamin C pada buah ini dapat menetralisir pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab karang gigi serta mampu meluruhkan karang gigi dengan cepat.
  • Siapkan buah stroberi atau tomat
  • Kupas 
  • Lalu gunakan bagian dalam buah untuk menggosok-gosok gigi anda tepat pada posisi karang gigi pada gigi anda.
  • Rekomendasi gunakan cara ini sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari.
  • Lakukan secara rutin cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan daun sirih

Sirih merupakan resep gigi awet muda yang telah turun temurun di wariskan dari zaman dahulu kala, coba anda lihat orang-orang tua yang sering menggunakan sirih, gigi mereka masih terlihat kuat dan terhindari dari masalah - masalah.

Selain dapat menguatkan gigi, aktifitas menyirih dengan menggigit dan mengunyah sirih secara berulang ulang juga dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi yang banyak mengendap pada gigi kita. Plus sirih juga mengandung fenol dan kavikol yang terbukti dapat bertindak sebagai antibakteri 3x lebih efektif daripada senyawa fluoride yang terdapat pada pasta gigi. Sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab karang gigi dan masalah gigi lainnya dengan cepat.
  • Anda dapat menyiapkan 2 - 3 lembar daun sirih
  • Cuci menggunakan air bersih
  • Lalu gunakan untuk menyirih selama 30 - 40 menit
  • Setelah itu gosok gigi anda hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menggunakan miswak / siwak

Bagi anda yang ingin menghilangkan karang gigi, sekaligus mengikuti sunah Rosul, menghilangkan karang gigi menggunakan siwak adalah pilihan terbaiknya.

Siwak atau miswak ini adalah ranting pohon yang besaral dari pohon Salvadora Persica ( Arak ). Pohon ini banyak ditemui di kawasan Timur Tengah, Afrika dan Asia. Memiliki harum seperti seledri dan rasa sedikit pedas. Jika dikupas berwarna putih dan memiliki serat. 

Siwak ini merupakan pembersih gigi yang zaman dahulu sering digunakan oleh Nabi Muhammad S.A.W, sehingga tidak heran banyak umat Muslim menggunakannya. 

Siwak ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang banyak mengendap pada gigi anda, terutama untuk plak dan karang gigi yang terdapat pada bagian depan gigi. Selain itu siwak juga memiliki kandungan vitmain C, sodium, tannin, potasium, sulfur, silika dan flouride yang kesemunya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan gigi.
  • Anda dapat mengambil ranting siwak seukuran 3 - 4 cm
  • Kemudian kupas kulit di bagian ujungnya sepanjang 1 cm
  • Gigit aja ujung siwak tersebut hingga terbentuk seperti bulu sikat
  • Rendam sebentar siwak tersebut kedalam air bersih
  • Lalu gunakan untuk menyikat gigi 2 - 3 kali dalam seminggu

Menggunakan lemon

Cara menghilangkan karang gigi juga dapat anda lakukan dengan menggunakan buah lemon. Kandungan asam pada lemon secara efektif dapat mengikis lapisan keras pada plak dan karang gigi, sehingga membuatnya mudah untuk dibersihkan. 

Selain itu lemon juga memiliki kandungan sifat antimikroba yang dapat menghilangkan bakteri penyebab karang gigi dan masalah pada gigi lainnya. Plus, lemon juga dapat membuat gigi anda menjadi lebih putih dan bercahaya karena adanya kandungan sifat pemutih alami didalamnya.
  • Anda dapat menyiapkan 1 sendok makan lemon dan sikat gigi
  • Tuangkan lemon ke atas sikat gigi anda, atau celupkan sikat gigi kedalam air lemon
  • Kemudian gunakan untuk menyikat gigi dan gusi anda secara lembut dan perlahan-lahan
  • Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas mulut anda menggunakan air hangat
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menggunakan biji wijen

Biji wijen dapat bertindak sebagai scrub gigi alami, ia dapat memoles dan membersihkan gigi sehingga karang gigi dengan hilang dengan cepat. 
  • Siapkan 1 sendok makan biji wijen dan sikat gigi
  • Kunyah biji wijen tersebut tapi jangan menelannya
  • Sementara biji wijen yang anda kunyah masih berada di mulut, gunakan sikat gigi untuk menggosok gigi anda secara merata.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu

Menggunakan cengkeh dan lemon

Selain dapat mengobati sakit gigi, cengkeh juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan karang gigi yang banyak mengendap pada gigi kita. Untuk mendapatkan hasil yang makasimal, anda juga dapat menambahkan sedikit lemon untuk perawatan gigi ini.

Kombinasi kedua bahan alami ini sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi. Kandungan asam pada lemon dapat mengikis lapisan keras pada karang gigi, sedangkan kandungan alami cengkeh dapat menyerap plak gigi. Cengkeh juga memiliki sifat antibakteri dan lemon memiliki sifat antimikroba yang keduanya dapat mengusir jauh-jauh bakteri penyebab karang gigi dan masalah pada gigi lainnya.
  • Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh cengkeh yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh air perasan lemon.
  • Lalu oleskan ke atas sikat gigi dan gunakan untuk menggosok gigi sebelum tidur
  • Lakukan perawatan ini 2  - 3 kali dalam seminggu

Menggunakan arang

Arang secara aktif dapat mengikat kotoran. Sehingga sangat efektif sekali jika digunakan sebagai scrub untuk membantu menghilangkan karang gigi dan plak gigi yang banyak mengendap pada gigi dan sela-sela gigi anda. Plus arang ini juga memiliki sifat pemutih yang dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat. Sehingga bukan hanya masalah karang gigi saja yang dapat anda hilangkan, anda juga bisa memperoleh gigi yang putih bersih dengan menggunakan arang ini.
  • Siapkan 1 sendok makan arang aktif, kemudian oleskan secara merata pada gigi anda
  • Lalu gunakan sikat gigi lembut untuk menggosok gigi anda bersama dengan arang tersebut
  • Lakukan perawatan ini 1 -  2 kali dalam seminggu
  • Sebaiknya jangan gunakan cara ini terlalu sering, karena dapat mengikis enamel gigi anda, jika dalam 2 - 3 kali perawatan belum membuahkan hasil, lebih baik hentikan perawatan ini.

Menggunakan buah jambu biji

Selain nikmat untuk dimakan, buah yang satu ini juga dapat bertindak sebagai pembersih plak dan karang gigi dengan cara memecah plak dan karang gigi melalui gesekan ketika menggigit dan mengunyahnya. Selain itu seperti yang dimuat dalam Journal of Applied Microbiology, buah jambu biji juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab karang gigi dan masalah - masalah pada gigi lainnya.
  • Anda dapat menyiapkan buah jambu biji secukupnya dan mengkonsumsinya setiap hari

Menggunakan buah ara

Cara lain untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan mengkonsumsi buah ara. Buah ini dapat membantu merangsang kelenjar ludah dan sekresi air liur, yang kemudian berdampak terhadap melunaknya karang gigi, sehingga karang gigi dapat dengan mudah untuk dibersihkan. Plus buah ini juga dapat membantu menguatkan gusi anda.
  • Anda dapat menyiapkan 2 - 3 buah ara
  • Kemudian mengunyahnya secara perlahan-lahan dengan menggunakan semua permukaan gigi anda
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Menggunakan lidah buaya, gliserin, baking soda dan minyak lemon

Ke 4 bahan alami ini merupakan kombinasi yang efektif sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi dengan cepat. Plus mereka juga dapat menjaga kesehatan gigi anda secara keseluruhan.
  • Anda dapat menyiapkan1 sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin, 4 sendok makan baking soda, 10 tetes minyak esensial lemon dan 1 gelas air
  • Campurkan semua bahan diatas, hingga terbentuk adonan halus
  • Kemudian gunakan untuk menggosok gigi anda
  • Kemudian bilas mulut anda hingga bersih
  • Lakukan cara ini 1 kali dalam sehari hingga karang gigi menghilang

Menggunakan buah dan sayuran

Cara yang mudah dan sederhana untuk menghilangkan karang gigi dan plak gigi adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran. Hal ini tidak hanya dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi namun juga dapat menyehatkan gigi anda secara keseluruhan.

Buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat memecah karang gigi dan plak yang banyak menempel pada gigi, selain itu gesekan ketika anda mengkonsumsi sayur dan buah juga dapat mengikis lapisan plak dan karang gigi sehingga karang dan plak gigi dapat hilang dengan cepat.

Ada banyak sekali buah dan sayur yang dapat membantu menghilangkan karang gigi tersebut. Contohnya saja adalah apel, wortel, seledri, melon, pir, salak dan lain-lain.

Mengkonsumsi makanan pedas

Jika anda penggemar makanan pedas, beruntunglah anda, karena ternyata mengkonsumsi makanan pedas juga dapat membantu menghilangkan karang gigi yang banyak mengendap pada gigi anda. 

Mengkonsumsi makanan pedas seperti cabai atau merica, dapat membantu meningkatkan produksi kelenjar ludah dan sekresi air liur, sehingga dapat membantu melunakkan karang gigi dan membuatnya mudah untuk dibersihkan.

Sikat gigi dengan benar

Jika anda tidak ingin memiliki gigi yang penuh plak atau karang gigi, rajin menyikat gigi merupakan solusi terbaiknya. Namun dalam menyikat gigi juga tidak boleh sembarangan, karena dapat berdampak terhadap kesehatan gigi anda secara keseluruhan.
  • Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi anda
  • Sikat semua sudut permukaan gigi sehingga gigi dapat bersih dengan maksimal
  • Perhatikan untuk selalu memegang sikat gigi pada sudut 45 derajat ke garis gusi
  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluroida

Menggunakan pasta gigi fluorida

Jika anda ingin menyikat gigi, jangan lewatkan untuk menggunakan pasta gigi yang banyak mengandung fluorida. Karena pasta gigi yang mengandung fluorida dapat membantu meningkatkan konsentrasi fluorida pada gigi yang membantu menguatkan gigi dan mencegah gigi berlubang. 

Selain itu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride juga dapat melindungi gigi dari abrasi makanan dan minuman yang asam serta melindungi gigi dari bakteri yang bertanggung jawab terhadap pembentukan karang gigi.
  • Anda dapat membeli pasta gigi yang mengandung fluoride ini pada apotik atau supermarket terdekat.
  • Kemudian gunakan bersama sikat gigi yang dapat anda pakai setiap hari.

Lakukan flossing gigi secara teratur

Flossing gigi adalah teknik membersihkan gigi menggunakan benang. Cara ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan karang gigi dan plak gigi, terutama yang banyak menumpuk di sela-sela gigi anda. Cara penggunaannya cukup mudah sekali.
  • Anda cukup menyiapkan benang gigi
  • Kemudian gulung benang pada jari tengah dan arahkan perlahan-lahan ke sela-sela gigi anda
  • Lalu tarik benang ke arah depan, sambil menggerakkan benang dengan gerakan ke atas dan kebawah selama 3 - 4 kali.
  • Lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam seminggu
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi dan plak pada gigi secara alami, Selain dengan menggunakan cara diatas, untuk membantu mengatasi masalah karang gigi secara tuntas, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips seperti dibawah ini.

Tips mencegah timbulnya karang gigi

  • Bersihkan gigi anda dengan menyikat gigi setiap hari, untuk menghilangkan kotoran sisa makanan yang banyak menempel pada gigi dan sela-sela gigi, agar tidak timbul plak gigi dan pengendapan yang bisa menjadi karang gigi
  • Membersihkan gigi bukan hanya bagian depan gigi saja, namun gigi bagian belakang juga perlu dibersihkan
  • Gunakan juga mouthwash setelah menggosok gigi, untuk menghilangkan bakteri penyebab karang gigi.
  • Batasi mengkonsumsi makanan olahan dari gula dan pati karena bakteri mudah berkembang biak pada makanan yang manis.
  • Hindari merokok, karena tembakau dapat menyebabkan akumulasi plak yang banyak menempel pada sela-sela gigi anda, terutama pada gigi bagian depan.
  • Perbanyak mengkonsumsi air, untuk menjaga produksi kelenjar ludah dan sekresi air liur tetap stabil. Hal ini bermanfaat untuk membersihkan gigi secara alami.
  • Lakukan perawatan secara rutin minimal 1 tahun 2 kali ke dokter gigi terkait, untuk menghilangkan karang gigi yang membandel dan pemeriksaan lebih lanjut tentang kesehatan gigi anda.
Baca juga :
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara menghilangkan karang gigi secara alami, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua.
By