Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Tradisional Alami

Intensitas tinggi rendahnya nafsu makan yang dimiliki oleh seseorang sangat erat hubungannya dengan berat badan. Hal ini terjadi karena nafsu makan yang tinggi dapat memicu tubuh untuk mengkonsumsi makanan di luar batas setiap harinya. 

Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh tentunya makanan tersebut akan di olah oleh tubuh dan disimpan sebagai cadangan makanan berupa lemak yang menempel pada seluruh tubuh anda.

Apalagi jika anda gemar mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi seperti nasi, gula, gorengan, junk food dan makanan berkalori tinggi lainnya, tentu saja cepat atau lambat tubuh anda akan mengalami obesitas.

Memang benar bahwa mengkonsumsi makanan merupakan hal wajib yang harus anda lakukan untuk menutrisi tubuh demi berlangsungnya kehidupan, namun jika nafsu makan anda terlalu tinggi tentu saja hal ini dapat berdampak terhadap berat badan anda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat menggangu kesehatan dan sangat buruk sekali terhadap penampilan anda.

Namun anda tenang saja, karena sebenarnya kita bisa menekan nafsu makan yang berlebihan tersebut dengan cepat dan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya atau menggunakan obat-obatan kimia yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Cara mengurangi nafsu makan tersebut merupakan cara mengurangi nafsu makan secara alami yang hanya memanfaatkan bahan-bahan alami dan trik khusus sehingga cara mengurangi nafsu makan ini tergolong aman dan sama sekali tidak menganggu kesehatan anda.

Ingin tahu bagaimana cara mengurangi nafsu makan secara alami tersebut, mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Minum kopi

Kopi merupakan minuman yang merakyat dan telah banyak dikonsumsi oleh orang-orang pada saat ini, namun tahukah anda bahwa minuman kopi ini ternyata sangat ampuh sekali untuk membantu menekan nafsu makan berlebihan yang kini sedang anda alami, karena menurut penelitian kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi nafsu makan seseorang secara signifikan.

Namun jika anda sedang menjalankan program diet sangat disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi kopi bebas gula, karena gula banyak mengandung kalori tinggi yang justru dapat memperburuk program diet yang sedang anda jalani.

Selain dapat membantu mengurangi nafsu makan, meminum kopi juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih fresh, meningkatkan konsentrasi, menghilangkan ngantuk dan meningkatkan produktifitas anda.

Anda dapat mengkonsumsi minuanan kopi pada pagi dan disela-sela jam kerja anda.

Minum teh

Mirip seperti kopi, teh juga merupakan minuman yang merakyat dan sangat digemari oleh orang-orang pada saat ini, teh juga mengandung kafein namun dengan takaran yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi, itulah mengapa teh juga sangat ampuh sekali untuk menekan tingginya nafsu makan yang kini anda miliki.

Jika anda tidak menyukai minuman kopi, anda bisa mencoba minuman teh sebagai alternatif penekan nafsu makan, namun anda harus ingat untuk mengkonsumsi minuman teh bebas gula agar tidak menyebabkan obesitas dan merusak program diet yang sedang anda jalani.

Anda dapat mengkonsumsi minuman teh pada pagi dan disela-sela jam kerja anda.

Minum jahe

Jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, dan ternyata ia juga dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebihan yang kini sedang anda alami.

Jahe dapat mengurangi nafsu makan dengan cara membuat perut anda menjadi lebih kenyang, sehingga dapat membuat anda tidak makan berlebihan. Kuncinya yaitu dengan mengkonsumsi 2 gram jahe yang diencerkan dengan air hangat sebelum anda makan.

Minum air putih

Air putih juga sangat ampuh untuk menekan nafsu makan berlebih yang kini sedang anda alami, dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat menstimulasi otak bahwa perut telah kenyang sehingga rasa ingin makan yang anda alami akan terkurangi secara alami.

Bukan berarti anda hanya meminum air putih seharian namun anda bisa mensiasatinya dengan mengkonsumsi banyak air putih sebelum makan dan ketika makan agar perut cepat kenyang sehingga nafsu makan dapat terkendali.

Selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga sangat baik sekali untuk kesehatan, dapat memperlancar metabolisme tubuh, dapat mencegah dehidrasi dan dapat memperlancar proses pencernaan pada tubuh anda.

Untuk menekan nafsu makan yang berlebihan anda bisa mengkonsumsi 4 gelas air putih beberapa menit sebelum masuk jam makan atau ketika anda merasa lapar namun tidak di jam lapar.

Makan makanan yang masam dan kecut

Makan makanan yang asam-asam juga sangat ampuh sekali untuk menekan nafsu makan berlebih yang kini sedang anda alami, ini merupakan resep yang telah turun temurun dilakukan oleh orang-orang dari zaman dahulu untuk menekan nafsu makan dengan cepat dan mudah.

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan rasa masam seperti belimbing wuluh, kedondong muda, mangga muda dan lainnya 2 - 3 buah perhari.

Makan coklat hitam

Jika anda pencinta coklat, cara alami untuk membantu mengurangi nafsu makan juga dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi coklat. 

Berdasarkan penelitian, rasa pahit pada coklat hitam diperirakan dapat mengurangi nafsu makan dan hasrat untuk makan berlebihan.

Para periset juga percaya bahwa asam strearat yang terkandung pada coklat hitam dapat membantu memperlambar proses pencernaan, sehingga dapat membuat perut anda kenyang lebih lama.

Untuk mengurangi nafsu makan, anda dapat mengkonsumsi coklat hitam ini setiap hari, khususnya di jam-jam kritis dan beberapa saat sebelum masuk jam makan.

Makan makanan tinggi serat

Cara mengurangi nafsu makan paling efektif adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berserat. Makan-makanan berserat dapat membuat perut anda kenyang lebih lama, sehingga anda tidak mudah untuk lapar.

Ia juga bagus untuk kesehatan, dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, dapat membantu mengatasi sembelit, dan dapat menekan kebutuhan asupan kalori pada tubuh anda. 

Ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung serat, dan hampir semua makanan tersebut merupakan makanan yang enak-enak, misalnya saja adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, wortel, kentang, bayam, kangkung, seledri, buncis, brokoli, daun selada, pare, alpukat, oatmeal, roti gandum, apel, pepaya, mangga dan lain-lain.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang berserat tersebut setiap hari, sesuai dengan kreasi selera anda.

Makanan makanan yang kaya lemak omega 3

Lemak omega 3 merupakan lemak baik yang dapat menurunkan nafsu makan berlebihan. Lemak ini banyak ditemukan dari aneka makanan seperti ikan tuna, sarden, salmon, telur ayam, bayam, kangkung dan lain-lain.

Makanan yang banyak mengandung lemak omega 3 tersebut dapat membuat anda kenyang lebih cepat dan dapat membuat perut anda kenyang lebih lama.

Makanan yang banyak mengandung lemak omega 3 ini cocok sekali dikonsumsi bagi anda yang sedang membatasi asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Selain memiliki kandungan lemak omega 3 makanan yang memiliki sumber lemak omega 3 juga memiliki kandungan nutrisi yang komplit, sehingga dapat membantu memenuhi asupan nutrisi harian anda.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tersebut setiap hari dengan mengolahnya sesuai dengan selera anda.

Makan daun mint

Daunt mint merupakan bahan alami yang dapat merangsang sistem pencernaan dan dapat menekan rasa lapar secara alami, daun mint juga dapat mengurangi nafsu makan, rasa kecanduan dan memberikan efek rasa kenyang pada perut setelah makan.

Anda bisa menggunakan daun mint ini sebagai aneka minuman sesuai dengan selera anda yang dapat anda minum sebelum dan sesudah makan untuk mengurangi nafsu makan dan membuat perut lebih mudah kenyang.

Mengurangi nafsu makan untuk mencegah masalah obesitas memang perlu sekali anda lakukan namun anda harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh dengan memenuhi nutrisi harian yang cukup untuk tubuh anda.

Makan kayu manis

Kayu manis merupakan bumbu masakan yang luar biasa sekali. Ia dapat membuat anda kenyang lebih cepat sehingga mencegah anda makan secara berlebihan, selain itu kayu manis juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat pada sistem pencernaan anda sehingga anda dapat kenyang lebih lama. 

Jika anda ingin menekan nafsu makan, menaburi makanan yang anda konsumsi dengan bubuk kayu manis, atau dengan mencampurkan kayu manis ke aneka masakan kesukaan anda merupakan cara yang tepat.

Konsumsi buah di awal bukan di akhir ketika makan

Kebanyakan dari kita kerap mengkonsumsi buah-buahan sebagai pencuci mulut setelah makan, sebenarnya hal itu benar, namun jika ingin menekan nafsu makan yang berlebihan justru akan lebih baik kita mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan, hal ini dimaksudkan agar perut dapat lebih kenyang dengan buah-buahan yang tidak mengandung kalori tersebut namun tetap mengkonsumsi makanan sesuai jam makan yang telah anda tetapkan.

Bedanya kompisisi makanan yang anda konsumsi akan lebih terkontrol karena sebelumnya perut kita telah setengah kenyang oleh buah-buahan yang kita konsumsi sebelum makan tadi.

Ngemil buah pada saat lapar di jam kritis

Baru jam 10 pagi tapi perut sudah keroncongan dahsyat, jangan panik, cukup anda ambil buah-buahan seperti apel atau pisang karena kedua buah tersebut sangat ampuh sekali sebagai pemadam kelaparan ketika jam-jam kritis.

Ngemil makanan seperti gorengan, martabak, atau coklat bukan solusi terbaik karena banyak mengandung kalori yang malah dapat membuat berat badan anda membengkak.

Mengkonsumsi buah-buahan seperti apel dan pisang bukan hanya dapat mengenyangkan perut tetapi juga sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh karena buah-buahan kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Gunakan minyak grapefruit

Grapefruit adalah sejenis buah jeruk yang berasal dinegara Barbados. Di Indonesia sendiri buah ini biasa disebut dengan jeruk limau gedang. 

Manfaat jeruk limau gadang ini ternyata banyak sekali, khususnya untuk ektrak minyak bijinya. 

Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan mencium minyak grapefruit dapat membantu menekan hormon ghrelin sehingga anda dapat merasa kenyang lebih lama. 

Hormon ghrelin sendiri merupakan hormon yang digunakan oleh tubuh untuk mengirim sinyak ke otak untuk meningkatkan nafsu makan pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Selain itu, beberapa orang juga mengatakan bahwa aroma dari minyak grapefruit dapat mengurangi hasrat untuk untuk makan dan mengurangi mood buruk ketika kehilangan nafsu makan.

Anda dapat menemukan ekstrak minyak grapefruit ini di apotik atau toko-toko obat terdekat di kota anda.

Menyalakan lilin beraroma

Menyalakan lilin beraroma merupakan cara yang ampuh untuk membantu mengurangi nafsu makan berlebihan.

Jika nafsu makan berlebih mulai muncul pada diri anda coba anda nyalakan lilin beraroma bisa aroma lavender, pappermint atau pisang, karena menurut penelitian aroma-aroma lilin tersebut dapat menekan nafsu makan yang datang secara tiba-tiba.

Sadar diri antara pengen makan dan harus makan

Untuk dapat mengontrol nafsu makan hal yang utama harus anda perhatikan adalah anda harus sadar diri antara pengen makan dan harus makan.

Ini merupakan faktor psikologis yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini, biasanya mereka cenderung makan ketika pengen makan saja artinya jam berapapun dan berapapun banyaknya makanan yang ingin mereka makan akan dilahap habis tanpa memperhatikan nilai gizi dan kesehatannya.

Misalnya pada malam minggu ketika anda jalan-jalan ketemu warung sate anda makan sate, ketemu warung bakso anda makan bakso, ketemu warung nasi goreng anda makan nasi goreng tanpa berfikir apakah tubuh anda butuh semua makanan tersebut.

Berbeda halnya dengan kita melakukan sarapan, makan siang dan makan malam, jadwal makan ini merupakan jadwal makan yang telah direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dunia sehingga harus anda lakukan agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan sempurna, selanjutnya hanya tinggal bagaimana kita mengontrol komposisi dan jumlah asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita agar tidak gemuk dan tetap ideal.

Makan perlahan-lahan

Sering sekali ketika nafsu makan sedang naik kita cenderung makan seperti orang kesetanan, untuk mengantisipasi agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan ketika nafsu makan kita sedang dalam puncaknya triknya cukup anda makan perlahan-lahan, awali dengan satu sendok makanan, kunyah makanan sampai lembut kemudian telan dibarengi dengan meminum seteguk air putih begitulah seterusnya sampai mulut dan perut anda puas.

Dalam keadan normal sebenarnya otak anda tau apakah anda lapar atau kenyang, oleh sebab itulah, untuk dapat mengendalikan nafsu makan, ketika anda makan sangat dianjurkan bagi anda untuk makan secara perlahan-lahan.

Keuntungan lainnya dengan makan perlahan-lahan juga dapat membuat makanan yang anda konsumsi lebih terasa nikmat dan nikmatnya dapat bertahan lebih lama. Hal ini dapat membantu menjaga fokus pada kualitas makan dari pada kuantitas, dan mengurangi perilaku makan berlebihan.

Ayo, mulai sekarang coba makan secara perlahan-lahan untuk mengurangi nafsu makan anda.

Awali pagi dengan sarapan

Sarapan merupakan salah satu jadwal makan yang sangat direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dunia, selain dapat menutrisi tubuh sebagai bekal aktifitas sehari-hari, dengan melakukan sarapan kita cenderung tidak tidak mudah lapar di jam-jam kritis yang dapat menyebabkan kita ngemil berlebihan.

Tidak perlu takut gemuk karena melakukan sarapan, karena makanan yang anda konsumsi ketika sarapan akan dibakar tuntas oleh intensitas aktifitas sehari-hari yang anda lakukan, selain itu melakukan sarapan juga dapat membuat kita tidak terlalu bernafsu makan ketika jam makan siang telah tiba.

Makan siang sedikit saja

Jika pagi hari anda telah melakukan sarapan maka dijamin pada saat makan siang anda tidak terlalu bernafsu untuk mengkonsumsi banyak makanan, oleh sebab itu kurangi porsi makan siang anda ya, jika bisanya anda mengkonsumsi satu piring nasi, coba deh ketika makan siang anda kurangi porsi makan hanya setengah piring saja.

Jangan sampai telat makan

Ini merupakan hal yang penting sekali, karena ketika kita telat makan dan perut telah keroncongan maka pada saat itu nafsu makan anda akan sangat sulit sekali terkontrol, makanan apa saja yang tersaji pada meja makan dijamin akan anda lahap habis semuanya.

Hal ini biasanya terjadi ketika telah memasuki jam makan siang yang diakibatkan karena anda tidak melakukan sarapan.

Oleh sebab itulah, agar nafsu makan anda dapat terkontrol, mulai sekarang jangan sampai telat makan, makanlah 3 kali dalam sehari dengan jam-jam seperti pada umumnya.

Makan dengan piring kecil

Cara efektif untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan juga dapat anda lakukan dengan makan menggunakan piring yang kecil. Ini merupakan teknik untuk menipu otak anda.

Menggunakan piring kecil untuk makan dapat membantu anda secara tidak sadar mengurangi porsi makan, yang kemudian dapat membantu anda mengkonsumsi lebih sedikit makanan.

Menariknya teknik ini juga dapat dengan tidak sadar membuat tubuh anda menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi, sehingga anda tidak merasa tidak puas ketika makan.

Mulai sekarang, cobain untuk makan dengan menggunakan piring yang kecil. Agar nafsu makan anda dapat lebih terkendali.

Olahraga 

Jika anda merasa memiliki nafsu makan yang berlebihan, coba mulai sekarang anda rutin berolahraga.

Olahraga diperkirakan bisa mengurangi aktivasi daerah otak yang terkait dengan nafsu makan, yang bisa berakibat pada rendahnya motivasi makan. 

Hal ini juga dapat mengurangi kadar hormon kelaparan, sekaligus meningkatkan perasaan kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan resistensi sama efektifnya dalam mempengaruhi kadar hormon dan ukuran makanan yang dimakan setelah berolahraga.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup ternyata berhubungan erat dengan nafsu makan. Dengan tidur yang cukup dapat membantu mengurangi rasa lapar dan melindungi tubuh anda dari kenaikan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24%, dan menurunkan kadar hormon kenyang hingga 26%.

Intinya dengan mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya tujuh jam per malam cenderung dapat mengurangi tingkat kelaparan anda sepanjang hari.

Kurangi stress

Stress ternyata dapat berkontribusi besar terhadap meningkatknya nafsu makan. Ketika stress tubuh cenderung akan meningkatkan hormon kortisol. 

Hormon ini dapat memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap individu, namun secara umum hormon ini biasanya akan memberikan dorongan terhadap seseorang untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan ketika mereka dalam kondisi normal. 

Kalian tentu pernah mengalami stress dan tiba-tiba kalian ingin makan bukan ?

Misalnya saja pengen makan es krim, pengen makan coklat atau pengen makan banyak cemilan. 

Oleh sebab itulah, untuk mengurangi nafsu makan, mulai sekarang kontrol stress anda sebaik mungkin. Jika anda mengalami stress, anda dapat mengatasinya dengan pergi jalan-jalan, nonton movie, mendengarkan musik, melakukan yoga, atau melakukan hobi yang anda sukai.

Bayangkan diri anda memakan makanan yang anda idam-idamkan

Membayangkan memakan makanan yang di idam-idamkan ini merupakan teknik mengurangi nafsu makan yang unik sekali, namun ternyata teknik ini memang ampuh sekali.

Teknik ini merupakan teknik visualisasi yang bisa menipu pikiran anda agar percaya bahwa anda telah memakan makanan yang diinginkan, sehingga secara signifikan dapat mengurangi keinginan anda untuk memakan mereka.

Walaupun teknik ini sedikit menggelikan, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan 😁

Sikat gigi 

Menyikat gigi merupakan teknik untuk mengalihkan perhatian anda dari rasa lapar dan keinginan makan yang sedang anda alami. 

Bisa dibilang, teknik ini merupakan teknik pengorbanan, apakah anda rela mengotori gigi anda kembali setelah anda membersihkannya.

Teknik ini sangat efektif jika anda lakukan ketika memasuki jam-jam kritis, sehingga dapat menjaga anda dari keinginan nafsu makan yang mendorong anda makan diluar jam makan.

Cara ini juga dapat lebih efektif jika anda menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung mint atau peppermint. Karena menurut penelitian aroma mint dan peppermint dapat menekan hormon nafsu makan diotak anda menjadi lebih terkontrol.

Baca juga :
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mengurangi nafsu makan secara tradisional alami, semoga bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kita semua.
By