Cara Menambah Berat Badan Ideal Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk menambah berat badan merupakan cara yang ampuh untuk mendongkrak berat badan anda yang kurus menjadi ideal.

Fakta yang terjadi pada saat ini banyak sekali orang-orang yang ingin menurunkan berat badan namun mengapa anda malah ingin menambah berat badan ?

Mungkin anda sering sekali di ejek atau sebagai bahan candaan orang lain karena memiliki tubuh yang kurus, dan anda ingin sekali menambah berat badan agar ideal.

Menambah berat badan agar ideal juga kerap kali mejadi rujukan bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet, biasanya mereka sering kebablasan ketika menurunkan berat badan pada saat melakukan diet dan mereka ingin mengembalikan berat badan agar menjadi ideal.

Selain itu menambah berat badan juga sering dilakukan orang-orang yang sedang melakukan perawatan kesehatan dirumah sakit, hal ini dilakukan agar proses pemulihan tubuh bisa lebih optimal.

Dokter juga sering mengatakan bahwa seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan organ, kualitas sperma berkurang, patah tulang dan lebih beresiko mengalami keguguran.

Memiliki tubuh yang kurus sangat perlu anda waspadai karena kebanyakan orang-orang pada saat ini lebih memperhatikan masalah obesitas namun berat badan dibawah normal cenderung mereka abaikan padahal memiliki berat badan dibawah normal juga sangat beresiko terhadap kesehatan.

Faktor utama yang mempengaruhi badan terlalu kurus adalah kurangnya asupan nutrisi pada tubuh untuk itu kebutuhan nutrisi pada tubuh haruslah anda cukupi.

Ahli gizi merekomendasikan bahwa cara terbaik untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta memperhatikan asupan kalori.

Berikut ini adalah daftar jenis makanan sehat yang tepat dan dapat membantu tubuh anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Jenis makanan sehat penambah berat badan

Jenis makanan sehat untuk menambah berat badan juga banyak sekali, usahakan untuk memilih jenis makanan yang banyak mengandung kalori tinggi, namun tetap kaya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti beberapa makanan penambah berat badan dibawah ini.

Kentang

Salah satu kunci dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat, jika ingin sebaliknya maka kita bisa mencoba untuk menambah asupan karbohidrat tersebut, tetapi kuncinya adalah dengan memilih sumber karbohidrat yang memiliki nilai gizi tinggi.

Kentang adalah pilihan terbaik sebagai sumber karbohidrat sekaligus untuk mendongkrak berat badan anda dengan cepat.

Selain itu kentang juga tinggi serat, protein, dan vitamin C yang dapat membuat perut lebih kenyang dan baik untuk kesehatan.

Anda bisa memilih berbagai olahan makanan dari kentang seperti kentang goreng yang digoreng menggunakan minyak nabati, kentang rebus dan sebagai pelengkap agar semakin bervariasi dan membuat perut lebih kenyang anda bisa juga mengkombinasikan olahan kentang tersebut dengan ubi jalar dan umbi-umbian lainnya.

Roti gandum

Sumber karbohidrat terbaik selain kentang adalah roti gandum. Roti gandum cenderung memiliki kandungan karbohidrat yang terkontrol dibandingkan nasi, ia juga kaya serat yang dapat membuat perut anda lebih kenyang dan berbagai macam vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Jika anda terbiasa mengkonsumsi nasi coba deh mulai sekarang beralih ke roti gandum, tentu akan terlihat perubahan berat badan yang lebih terkontrol dibandingkan ketika anda mengkonsumsi nasi.

Roti gandum ini paling enak jika dikonsumsi sebagai sarapan pada pagi hari, ketika sarapan, anda dapat mengkonsumsi 2 roti gandum dengan di lumeri madu, plus minumannya susu. Di jamin berat badan anda akan bertambah dalam hitungan hari.

Buah-buahan

Mungkin tidak anda sadari bahwa ternyata buah-buahan ikut ambil bagian penting dalam menambah berat badan, mengapa hal ini terjadi ?

Karena sebenarnya buah-buahan memiliki kandungan gula alami sebagai penghasil kalori yang dapat memberikan energi besar untuk tubuh manusia.

Buah-buahan seperti alpukat, pisang, mangga, pepaya, apel, nanas adalah pilihan buah yang baik sekali untuk membantu menambah berat badan berdasarkan saran pakar kesehatan.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu pilihan buah terbaik jika anda ingin manambah berat badan. Buah ini merupakan buah yang kaya nutrisi, satu setengah buah alpukat banyak mengandung 140 kalori, selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan tinggi kalsium, vitamin E, vitamin B dan asam folat.

Selain bermanfaat untuk menambah berat badan buah alpukat juga sangat baik sekali untuk kesehatan jantung anda. 

Buah alpukat bisa anda langsung anda konsumsi atau bisa juga dengan membuat jus yang segar sebagai pelangkap nutrisi harian anda.

Daging merah

Daging merah merupakan makanan yang tepat jika anda ingin mendapatkan berat badan ideal karena daging merah kaya akan kandungan protein, lemak dan zat besi, protein sendiri merupakan zat pembangun pada tubuh manusia, membangun sel-sel yang rusak sehingga tercipta sel-sel baru sebagai pembentuk masa tubuh anda.

Namun anda harus memperhatikan porsi dalam mengkonsumsi daging merah ini karena daging merah juga memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat menggangu kesehatan.

Porsi yang tepat menurut World Cancer Research Found dalam mengkonsumsi daging merah agar tidak mengganggu kesehatan adalah 70 gram perhari.

Ikan salmon dan ikan berminyak

Sama seperti daging merah, ikan juga banyak mengandung protein, terutama ikan yang berminyak seperti ikan salmon, ikan makareal dan ikan tuna. Selain protein kandungan lain yang patut diperhitungkan dari ikan adalah asam lemak omega 3 nya. Ia sangat baik untuk kesehatan dan juga dapat memerangi berbagai macam penyakit.

Intinya: Salmon dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat sehat. Mereka juga menyediakan sumber protein berkualitas tinggi untuk membantu anda membangun otot.

Anda dapat mengkonsumsi beberapa potong ikan tuna atau ikan berminyak lainnya setiap hari, bisa dengan dikukus atau dengan menggorengnya menggunakan minyak sehat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang sangat baik sekali untuk menambah berat badan, menurut pakar kesehatan kacang-kacangan banyak mengandung lemak, vitamin dan mineral serta nutrisi baik lainnya yang sangat dibutuhkan untuk menambah massa tubuh dan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Kacang-kacangan juga banyak mengandung serat, dengan mengkonsumis segenggam kacang-kacangan akan membuat perut anda kenyang berjam-jam.

Tambahkan kacang-kacangan di menu camilan anda, atau anda bisa menambah kacang di makanan sereal sarapan anda.

Selai kacang

Makanan olahan dengan bahan kacang-kacangan seperti selai kacang juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu menambah berat badan yang ideal, selai kacang kaya akan kandungan protein dan lemak yang sangat tinggi dan baik sekali untuk mendongkrak berat badan anda.

Satu sendok selai kacang mengandung 100 gram kalori dan 4 gram protein, selain itu selai kacang juga mengandung vitamin E, vitamin B3, magnesium dan folat.

Untuk mempercepat memperoleh berat badan yang anda inginkan anda bisa mengoleskan selai kacang ini dengan roti gandum tawar atau oatmeal pada saat sarapan.

Dan ketika memilih produk selai kacang, sangat disarankan sekali untuk memilih produk selai kacang dengan bahan-bahan alami tanpa tambahan gula.

Susu

Susu kaya akan kandungan protein, lemak dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan sekali untuk menambah masa tubuh.

Selain itu susu juga tinggi kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Karena mengkonsumsi susu sangat sehat sekali tidak heran susu menjadi rekomendasi para pakar kesehatan untuk selalu dikonsumsi setiap hari.

Anda bisa mengkonsumsi susu pada pagi hari sebagai pelengkap sarapan dan pada malam hari sebelum tidur, usahakan untuk meminum susu sapi murni yang masih terjaga kualitasnya dan juga hindari penambahan gula pada susu.

Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang baik sekali untuk menambah berat badan, keju memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu namun keju lebih tinggi lemak, itulah sebabnya keju bisa lebih mempercepat menambah berat badan.

Olahan makanan dari keju juga memiliki variasi yang banyak sekali, sehingga anda tidak mudah bosan mengkonsumsinya, namun tetap disarankan untuk memilih produk keju alami dan tidak mengandung bahan-bahan lain yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Oatmeal

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa oatmeal adalah makanan yang dapat menurunkan berat badan, memang itu benar namun manfaat sebenarnya adalah makanan yang dapat manambah berat badan, oatmeal ini memiliki kandungn karbohidrat dan protein yang pas sehingga sangat stabil untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Rutin mengkonsumsi oatmeal juga tidak membuat berat badan naik drastis, justru oatmeal ini jika digunakan sebagai penambah berat badan dapat memberikan nutrisi serta rasa kenyang yang ekstra sekali.

Anda bisa mengkonsumsi oatmeal ini pada saat sarapan, agar lebih lezat bisa mengkombinasikannya dengan susu dan di campur dengan kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein.

Minyak nabati

Minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak safflower adalah minyak yang baik sekali untuk mengolah berbagai masakan menjadi cita rasa yang tinggi.

Berbagai minyak nabati ini juga kaya akan kandungan kalori yang terkontrol sehingga dapat menambah berat badan secara aman tanpa dihantui oleh kolestrol jahat.

Susu dan almond

Pilihan nikmat untuk menambah berat badan ideal juga dapat anda lakukan dengan banyak mengkonsumsi susu dan almond. Kedua makanan ini dapat membantu menambah berat badan anda dengan cepat. 

Dalam segelas susu mengandung sekitar 14 gram protein sedangkan alomond kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang dapat memberikan kalori ektra. Kedua makanan ini juga sangat nikmat sekali jika dikombinasikan bersama.

Anda dapat mencampurkan segenggam almond kedalam susu yang mendidih untuk menu sarapan anda setiap hari, sebagai penambah rasa, anda juga dapat menambahkan gula, madu, kurma, keju atau yoghurt didalamnya.

Pisang

Buah yang batangnya banyak tumbuh dipekarangan rumah kita ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menambah berat badan dengan cepat. Pisang kaya akan kalori, ia juga kaya akan karbohidrat dan potassium. Ini merupakan buah penambah berat badan yang dapat anda konsumsi secara instan. 

Anda dapat memakan buah pisang sebagai buah pencuci mulut setelah anda makan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat mengkonsumsi banyak pisang setiap hari sebagai camilan atau makanan tambahan.

Pisang dan susu

Kedua makanan ini sama-sama dapat menambah berat badan dengan cepat, ini merupakan kombinasi makanan yang cocok untuk membantu menambah berat badan sekaligus membentuk massa otot anda.

Pisang kaya akan karbobidrat sedangkan susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Anda dapat mengkonsumsi 2 buah pisang pada pagi dengan ditemani oleh 1 gelas susu murni, agar lebih nikmat anda juga dapat menambahkan gula, madu atau yoghurt sebagai campurannya.

Telur

Jika anda ingin menambah berat badan, rutin mengkonsumsi telur merupakan pilihan terbaiknya. Telur adalah salah satu makanan penambah berat badan yang paling populer sekali. Ia memiliki paket kandungan nutrisi yang lengkap, ada protein, lemak, vitamin, mineral serta berbagai macam kandungan nutrisi lainnya.

Jika kalian ingin menambah berat badan dengan banyak mengkonsumsi telur, usahakan untuk memakan lebih banyak putih telur, karena kuning telur cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Anda dapat mengkonsumsi 3 butir telur ketika sarapan, 5 butir telur ketika makan siang dan 4 butir telur ketika makan malam, sebagai pendamping anda juga dapat mengimbanginya dengan mengkonsumsi beberapa buah pisang dan 1 gelas susu murni.

Mie

Mie merupakan salah satu makanan yang yang merakyat dan sangat digemari oleh masyarakat pada saat ini, ia memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat membantu menambah berat badan dengan cepat. Namun ia termasuk makanan yang rendah nutrisi, sehingga jika anda ingin menambah berat badan dengan banyak mengkonsumsi mie, anda juga perlu manambahkan makanan pendamping untuknya.

Agar dapat lebih nikmat dan memberikan tambahan nutrisi yang cukup untuk anda, anda dapat mencampurkan telur, daging, dan sayuran kedalam mie yang akan anda konsumsi.

Mangga

Buah mangga merupakan buah yang nikmat, ia juga mudah untuk ditemukan, dan ternyata buah mangga juga sangat efektif sekali untuk membantu menambah berat badan. Buah mangga adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral namun tetap bebas sodium, lemak maupun kolesterol.

Ia juga kaya akan kandungan fluktosa yang dapat memberikan kalori ekstra untuk tubuh anda, plus membantu menambah berat badan anda. Namun mengkonsumsi mangga saja tidak cukup, agar dapat memberikan hasil yang maksimal, anda juga perlu tambahan makanan pendamping seperti susu, gula, atau madu.

Anda dapat mengkonsumsi 3 - 5 mangga matang di ikuti dengan 1 gelas susu yang dicampur gula atau madu setiap hari.

Buah ara

Buah ara atau buah tin telah sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membantu menambah berat badan. Buah ini memang efektif sekali untuk menambah berat badan. Ia kaya akan kandungan karbohidrat dan lemak tak jenuh ganda yang dapat memberikan kalori ekstra untuk tubuh anda.

Anda dapat mengkonsumsi 4 - 5 buah tin setiap hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat merendam buah tin kering kedalam 2 gelas susu, simpan ke dalam lemari pendingin, dan mengkonsumsinya ketika sarapan di pagi hari.

Kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau sebagai campuran makanan. Ini kaya akan kandungan asam lemak esensial yang dapat membantu menambah berat badan.

Untuk mendapatkankan hasil yang maksimal anda juga dapat menambahkan susu atau madu sebagai pendampingnya ketika makan.

Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan sehat berprotein tinggi, ia dapat menambah berat badan dengan cepat plus membuat perut anda kenyang lebih lama. Rutin mengkonsumsi beberapa mangkuk yoghurt dengan tambahan gula setiap hari dapat memberi tambahan berat badan beberapa kilogram. 

Minyak sehat

Campurkan minyak sehat kedalam aneka masakan anda sehari-hari, hal ini dapat membantu menambah berat badan anda dengan cepat. Minyak sehat seperti minyak canola, minyak ikan, minyak zaitun, minyak biji rami dll kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat memberikan kalori alami pada tubuh anda dan dapat memberikan peningkatan berat badan anda secara signifikan.

Keju

Keju merupakan makanan olahan yang terbuat dari susu, selain nikmat dan sehat, ia juga dapat membantu menambah berat badan dengan cepat. Keju kaya akan kandungan protein, kalsium, dan lemak. Satu porsi keju bisa memberi cukup kalori ke tubuh anda. 

Pilih keju cottage karena mengandung kasein protein berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang cepat, anda dapat mengkonsumsi 1 porsi keju sebelum tidur, plus dengan meminum 1 gelas susu.

Beras merah

Jika anda ingin manambah berat badan dengan cepat dan sehat, beras merah dapat anda jadikan pilihan terbaiknya. Beras merah kaya akan kandungan karbohidrat, serat dan protein yang dapat memberikan asupan kalori tinggi untuk tubuh anda. 

Agar dapat memberikan hasil yang cepat dan maksimal, anda juga dapat menambahkan makanan pendamping seperti daging, ikan, telur dan sayuran kedalam menu makanan ini.

Oatmeal

Meski oatmeal sering dianggap sebagai makanan penurun berat badan, tetapi ia juga dapat membantu menambah berat badan bila dikombinasikan dengan susu atau makanan berprotein tinggi lainnya. 

Karena kaya serat dan nutrisi, satu mangkuk penuh oatmeal dapat memberikan kalori yang diperlukan ke tubuh anda. Anda bisa menyiapkan oatmeal dengan susu. Sajikan dengan madu dan topping segenggam kacang, buah kering, atau campuran lainnya untuk meningkatkan berat badan anda.

Jahe

Jahe memang tidak dapat memberikan tambahan kalori untuk tubuh anda, namun ia dapat meningkatkan nafsu makan anda.

Jahe sangat membantu ketika anda memiliki nafsu makan yang buruk. Ia dapat menghangatkan jalur pencernaan, sehingga meningkatkan aliran darah dan meningkatkan rasa lapar. Anda bisa membuat wedang jahe yang dapat anda konsumsi setiap hari atau mencampurkannya dengan aneka masakan kesukaan anda.

Teh chamomile

Sama seperti jahe, teh chamomile juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anda yang buruk, sehingga nafsu makan anda akan meningkat yang kemudian akan berdampak terhadap kenaikan berat bada anda.

Chamomile memiliki sifat antispasmodik dan juga merupakan obat yang hebat untuk masalah pencernaan terkait seperti gas, dispepsia dan gangguan pencernaan. Plus, ia juga dapat merangsang nafsu makan yang pada gilirannya memungkinkan seseorang untuk menambah berat badan dengan makan lebih banyak. Minum teh chamomile 1 - 3 kali sehari secara teratur untuk hasil yang cepat.

Baca juga : Cara menggemukkan badan dengan cepat secara alami

Baiklah itulah tadi rekomendasi daftar makanan sehat yang bisa anda konsumsi untuk membantu menambah berat badan anda menjadi ideal, Anda juga harus ingat untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi harian anda agar berat badan dapat terkontrol tetap ideal.
By