Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Cepat Secara Alami Paling Ampuh

Cara menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala dapat anda lakukan dengan cepat secara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal tradisional alami yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar rumah anda.

Ketombe atau yang dikenal dengan dermatitis seboroik adalah suatu kondisi dimana kulit kepala yang kering membentuk serbuk putih dan berjatuhan sehingga menempel pada rambut dan kulit kepala.

Penyebab utama timbulnya ketombe ada bermacam - macam sekali misalnya saja kulit kepala yang terkena iritasi, pertumbuhan bakteri pada kulit kepala, inflamasi kulit kepala, tumbuhnya jamur pada kulit kepala serta penyabab lainnya yang dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kering dan berjatuhan.

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang umum sekali terjadi, namun jika ketombe yang berjatuhan berjumlah banyak sekali tentu saja akan mengganggu penampilan dan membuat rambut dan kulit kepala anda tidak nyaman sekali bukan.

Selain itu jika masalah ketombe sudah parah juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit kepala lainnya seperti melemahnya akar rambut yang dapat membuat rambut mudah rontok serta timbulnya rasa gatal yang luar biasa dari kulit kepala anda.

Untuk itulah tidak heran pada saat ini banyak sekali orang-orang yang sedang mengalami masalah ketombe ini mencari berbagai cara untuk menghilangkannya.

Alih - alih mencoba menghilangkan ketombe dengan menggunakan obat - obatan penghilang ketombe yang banyak mengandung bahan kimia dan tidak jelas kandungannya lebih baik anda mencoba mengatasi masalah ketombe ini secara alami terlebih dahulu yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal tradisional alami yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar rumah anda.

Selain aman tanpa efek samping yang berbahaya, menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami juga dapat membantu menutrisi rambut dan kulit kepala anda.

Sehingga bukan hanya ketombe pada kepala anda saja yang dapat hilang dengan sempurna namun rambut dan kulit kepala anda juga dapat menjadi lebih sehat.

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, untuk informasi lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Menghilangkan ketombe dengan garam

Ini merupakan cara menghilangkan ketombe yang paling umum sekali digunakan oleh orang-orang pada saat ini yaitu dengan menggunakan garam.

Garam merupakan bahan alami yang paling ampuh sekali untuk menghilangkan ketombe, selain itu untuk mendapatkan garam juga sangat mudah sekali, anda cukup berjalan beberapa langkah menuju dapur dan garam pun sudah bisa anda dapatkan.

Garam memiliki sifat abrasivitas yang secara aktif dapat meluruhkan serbuk putih ketombe secara tuntas sehingga ketombe pada kulit kepala dan rambut dapat hilang dengan sempurna, cara penggunaannya pun sangat mudah sekali.
  • Pertama ambil satu sendok makan garam.
  • Kemudian haluskan dan campur dengan sedikit air hangat agar garam mencair.
  • Lalu oleskan garam cair tersebut pada kulit kepala dan rambut kering anda secara merata.
  • Pijat kulit kepala anda selama 4 - 5 menit untuk merontokkan ketombe yang membandel pada kulit kepala.
  • Kemudian diamkan selama 10 menit.
  • Lalu bilas menggunakan shampoo sampai bersih.
  • Lakukan cara ini 1 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis atau lemon

Anda tidak perlu susah payah untuk menghilangkan ketombe, karena kedua buah yang biasanya tersaji dalam lemari pendingin anda dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala secara tuntas. Buah itu adalah buah lemon dan jeruk nipis.

Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan asam yang dapat membantu menetralkan pH kulit kepala, sehingga ketombe membandel yang menempel pada kulit kepala dan rambut dapat terangkat dengan sempurna.

Keunggulan lain lemon dan jeruk nipis selain dapat membantu mengangkat ketombe dari rambut dan kulit kepala juga dapat mencegah ketombe datang lagi disuatu hari nanti asalkan anda secara rutin menggunakan bahan alami ini.
  • Ambil beberapa buah jeruk nipis atau lemon.
  • Peras lalu ambil airnya 3 sendok makan.
  • Terapkan 2 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis tersebut langsung pada kulit kepala dan rambut anda sambil memijat-mijat kulit kepala sekitar 3 - 4 menit agar serbuk ketombe dapat terangkat dengan sempurna.
  • Lalu akhiri dengan membilas rambut dan kulit kepala anda dengan 1 gelas air yang dicampur dengan 1 sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis. Anda dapat menambahkan lebih banyak air jika rambut anda belum bersih sempurna.
  • Lakukan cara ini 1 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Lidah buaya telah sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Ia memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut, salah satunya adalah ke ampuhannya dalam membantu menghilangkan ketombe.

Lidah buaya dapat bertindak sebagai exfoliant yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala sehingga dapat mencegahnya berubah menjadi ketombe. Selain itu ia juga memiliki sifat anti bakteri dan fungisida alami yang dapat menghilangkan bakteri dan jamur penyebab terbentuknya ketombe pada kulit kepala anda.
  • Anda dapat menyiapkan gel lidah buaya secukupnya
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda
  • Biarkan selama 15 - 20 menit
  • Lalu bilas rambut anda menggunakan shampo ringan
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan ketombe dengan cuka sari apel

Cuka sari apel juga sangat ampuh sekali untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel dari kulit kepala anda, hal ini didukung oleh pernyataan Dr Mahmet Oz, beliau mengatakan bahwa cuka sari apel adalah bahan alami yang sangat baik sekali untuk menghilangkan ketombe yang sulit dihilangkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit kepala.

Sifat keasamaan pada cuka sari apel dapat menetralkan pH kulit kepala sehingga dapat mengusir jamur dan bakteri penyebab ketombe dari kulit kepala anda. Selain itu ia juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang sangat efektif sekali.

  • Campurkan 1/4 cuka sari apel dengan 1/4 air.
  • Masukkan kedua bahan diatas kedalam botol semprot.
  • Lalu semprotkan langsung ke rambut dan kulit kepala anda sampai rambut dan kulit kepala sedikit basah.
  • Untuk memperoleh hasil maksimal anda dapat memijat rambut dan kulit kepala selama 5 - 10 menit.
  • Lalu bungkus rambut anda menggunakan handuk kering selama 15 - 20 menit.
  • Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air atau shampoo sampai bersih.
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe dengan jahe

Salah satu bahan alami yang sering kita manfaakan untuk bumbu dapur ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan ketombe membandel yang banyak bertebaran di kepala kita. 

Jahe memiliki sifat anti inflamasi, ia dapat mengatasi iritasi, gatal atau alergi yang terjadi pada kulit kepala sehingga dapat mencegah terbentuknya ketombe. Plus, jahe juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut anda dapat tumbuh lebih cepat dan lebat.
  • Anda dapat menyiapkan rimpang jahe secukupnya
  • Parut hingga lembut kemudian campurkan dengan sedikit air, lalu peras dan ambil air nya saja
  • Gunakan air sari jahe tersebut untuk memijat lembut kulit kepala anda selama beberapa menit
  • Biarkan selama 20 - 30 menit
  • Kemudian bersihkan rambut anda dengan keramas
  • Lakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan minyak jojoba

Minyak jojoba sangat baik sekali untuk kesehatan kulit karena adanya kandungan vitamin E didalamnya. Ia dapat menghilangkan kulit kering dan terkelupas pada kulit kepala termasuk juga ketombe. Selain itu ia juga dapat menghidrasi kulit kepala serta mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat.
  • Anda dapat menyiapkan 3 - 4 sendok makan minyak jojoba
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda sambil memijat lembut kulit kepala selama beberapa menit
  • Jika sudah, tutupi rambut anda dengan topi mandi atau plastik selama 20 menit
  • Dan akhiri dengan membilasnya hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari sebelum mandi

Menghilangkan ketombe dengan bawang putih

Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengusir ketombe yang membandel dari kulit kepala anda.

Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang secara aktif dapat mengusir berbagai kuman, bakteri dan jamur penyabab timbulnya ketombe pada kulit kepala sehingga masalah ketombe dapat teratasi dengan sempurna bahkan sampai keakar-akarnya sehingga ketombe tidak mungkin dapat datang lagi dikemudian hari.

Cara penggunaan bawang putih untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala juga sangat mudah sekali, cukup anda ambil beberapa siung bawang putih, lalu menumbuknya sampai hancur, dan terapkan secara langsung pada kulit kepala anda.

Memang sih bawang putih ini memiliki bau yang menyengat dan tidak sedap, namun anda hanya cukup menerapkan bawang putih ini selama 5 menit, lalu membilasnya menggunakan shampoo sampai bersih, dijamin ketombe tidak akan datang lagi dikemudian hari.

Menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa

Selain dapat kita gunakan untuk menyehatkan dan melebatkan rambut ternyata minyak kelapa juga sangat ampuh sekali untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala.

Minyak kelapa memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti mikroba yang dapat menghilangkan berbagai macam jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Selain itu minyak kelapa juga dapat memberikan efek pelembab alami yang dapat merontokkan ketombe dari hasil kulit kepala yang mengering.
  • Ambil 1 sendok teh minyak kelapa dan 1 sendok teh jus lemon.
  • Campurkan kedua bahan diatas.
  • Lalu terapkan secara langsung pada rambut dan kulit kepala sambil memijat - mijat lembut kulit kepala.
  • Diamkan selama 15 - 20 menit.
  • Lalu bilas menggunakan shampoo sampai bersih.
  • Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe dengan baking soda

Satu lagi bahan dapur yang dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi masalah ketombe ini adalah baking soda.

Baking soda atau soda kue ini ternyata sangat ampuh sekali untuk menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala, hal ini dikarenakan baking soda memiliki sifat exfoliant ringan yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit kepala yang mati dan menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala.

Selain itu baking soda juga dapat membantu menetralkan pH kulit kepala sehingga jamur dan bakteri penyebab masalah ketombe tidak dapat hidup lagi dikulit kepala anda.
  • Siapkan 1 sendok makan baking soda.
  • Lalu terapkan secara langsung pada rambut dan kulit kepala anda.
  • Namun sebelum menerapkannya, pertama basahi ringan rambut anda terlebih dahulu.
  • Lalu terapkan secara langsung pada rambut dan kulit kepala anda secara merata sambil memijat-mijat kulit kepala.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Lalu bersihkan rambut anda menggunakan air bersih sampai bersih, jangan menggunakan shampoo.
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe dengan minyak jarak

Minyak jarak mengandung asam ricinoleat dan risin yang memiliki khasiat antimikroba dan dapat mengobati infeksi kulit kepala seperti ketombe dan dermatitis seboroik. Minyak jarak juga bersifat humektan dan dapat menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembab. Selain dapat menyingkirkan ketombe secara tuntas, anda juga bisa mendapatkan rambut halus dan mengkilap dengan perawatan ini.
  • Anda dapat menyiapkan 3 - 4 sendok makan minyak jarak
  • Kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala anda
  • Pijat kulit kepala selama beberapa menit
  • Biarkan selama semalam
  • Lalu bilas rambut anda ke esokan harinya
  • Anda dapat melakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari sebelum tidur

Menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang sangat baik sekali untuk kesehatan rambut, selain itu karena adanya kandungan pelembab alami didalamnya, minyak zaitun juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengangkat ketombe yang menempel pada rambut dan kulit kepala secara tuntas.
  • Siapkan 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Lalu panaskan minyak tersebut pada kompor sampai menjadi hangat.
  • Kemudian terapkan minyak zaitu pada rambut dan kulit kepala sambil memijat-mijat kulit kepala.
  • Lalu bungkus rambut anda menggunakan handuk hingga 20 - 30 menit.
  • Lalu bilas menggunakan shampoo atau air bersih.
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe dengan minyak pohon teh

Memiliki sifat anti jamur yang tinggi minyak pohon teh juga dapat kita manfaatkan untuk membantu mengusir ketombe yang membandel pada kulit kepala.
  • Siapkan satu sendok makan minyak pohon teh.
  • Lalu menerapkannya secara langsung pada rambut anda.
  • Diamkan selama 30 menit atau semalam.
  • Lalu bilas menggunakan air bersih.
  • Anda juga dapat mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan shampo yang biasa anda gunakan.

Menghilangkan ketombe dengan daun nimba

Daun nimba atau neem juga sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan ketombe, ia memiliki sifat anti jamur, anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat menghilangkan bakteri dan jamur penyebab ketombe pada kulit kepala anda dengan cepat. 
  • Anda dapat menyiapkan segenggam daun nimba
  • Lalu merebusnya menggunakan 1 liter air selama beberapa menit
  • Setelah dingin, saring daun neem dan ambil airnya saja
  • Gunakan air rebusan daun neem tersebut untuk membilas rambut dan kulit kepala anda
  • Diamkan selama 10 - 15 menit
  • Kemudain bilas lagi rambut dan kulit kepala anda menggunakan air bersih
  • Lakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan cuka putih

Cuka putih juga dapat anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan ketombe secara tuntas. ia memiliki kandungan asam asetat yang kuat, dapat mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala serta mengurangi rasa gatal yang timbul di kulit kepala kita.
  • Anda dapat mencampurkan 1/2 gelas cuka putih dengan 1 gelas air bersih
  • Gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut dan kulit kepala anda setelah anda keramas

Menghilangkan ketombe dengan minyak lavender

Minyak lavender memiliki sifat anti jamur, ia juga dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal. Plus ia juga dapat memberikan keharuman yang nikmat.
  • Anda dapat menyiapkan 10 - 12 tetes minyak lavender dan 1 sendok makan minyak zaitun
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga tercampur sempurna
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda
  • Pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit
  • Biarkan selama 20 - 30 menit
  • Kemudian bilas hingga bersih
  • Anda dapat melakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan ketombe Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat dan lemak sehat yang kesemuanya sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, ia dapat membersihkan kulit kepala secara tuntas, sehingga komedo di kulit kepala anda tidak ada yang tersisa, plus ia juga dapat melembabkan kulit kepala dan membuatnya menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan perawatan yang maksimal, anda juga dapat menambahkan minyak kelapa, minyak zaitun dan madu pada perawatan ini.
  • Siapkan 3 sendok teh yoghurt lembut, 2 sendok teh minyak zaitun, 2 sendok teh minyak kelapa dan 2 sendok teh madu
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga tercampur dengan sempurna
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda, sambil memijat lembut kulit kepala selama beberapa menit, jangan lupa pijat juga pangkal hingga ujung rambut anda.
  • Jika sudah, biarkan selama 30 - 40 menit
  • Lalu silahkan anda keramas menggunakan shampoo
  • Keringkan rambut anda
  • Kemudian oleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala anda
  • Lakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan madu

Selain baik untuk kesehatan tubuh, madu juga bagus sekali untuk kesehatan rambut. Madu kaya akan kandungan vitamin dan mineral, ia juga bersifat emolien, humektan, penyembuhan dan antimikroba.

Bahan alami berbentuk lengket dan memiliki rasa yang manis ini dapat membantu mencegah infeksi pantogen serta dapat menghilangkan berbagai macam mikroba penyebab ketombe pada kulit kepala anda. Plus ia juga dapat menenangkan kulit kepala dari rasa gatal akibat ketombe.
  • Anda dapat menyiapkan 2 - 3 sendok makan madu dan 1 gelas air hangat
  • Larutkan madu kedalam 1 gelas air hangat
  • Kemudian bilas kulit kepala dan rambut anda menggunakan campuran tersebut
  • Biarkan selama 15 - 20 menit
  • Lalu keramas menggunakan shampoo ringan
  • Lakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan minyak rosemary

Minyak rosemary sangat bagus untuk kesehatan rambut, ia juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengusir jauh-jauh bakteri jahat dan jamur penyebab ketombe pada kulit kepala anda.
  • Anda dapat menyiapkan minya rosemary secukupnya
  • Kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala anda, sambil memijat lembut kulit kepala selama beberapa menit
  • Diamkan selama semalam
  • Lalu bilas ke esokan harinya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan ketombe dengan kuning telur

Meskipun terlihat menjijikkan, namun menggunakan perawatan kuning telur untuk menghilangkan ketombe ini ternyata sangat efektif sekali. Kuning telur kaya akan kandungan biotin yang dapat menyingkirkan ketombe dari kulit kepala dengan cepat. Selain itu ia juga dapat membantu mengkondisikan rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat.
  • Anda dapat menyiapkan 2 butir telur
  • Pecah, lalu ambil kuning telurnya saja
  • Kocok kuning telur tersebut hingga tercampur sempurna
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala anda, namun sebelum menggunakannya, pastikan dulu rambut anda dalam keadaan kering
  • Setelah mengoleskan telur ke kulit kepala, tutup kepala anda menggunakan topi mandi atau plastik selama sekitar 1 jam
  • Lalu akhiri dengan keramas hingga rambut anda bersih dari kuning telur

Menghilangkan ketombe dengan teh hijau

Beruntung sekali bagi anda pencinta minuman teh, ternyata teh juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala, khususnya untuk teh hijau.

Teh hijau kaya akan kandungan katekin yang memiliki khasiat antijamur. Selain itu teh hijau juga memiliki kandungan polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang bisa membantu memulihkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.
  • Anda dapat menyiapkan 1 - 2 kantong teh hijau dan 1 gelas air panas
  • Larutkan teh hijau kedalam gelas air panas
  • Setelah dingin gunakan untuk membilas kulit kepala anda
  • Diamkan selama 15 - 20 menit
  • Kemudian cuci bersih rambut dan kulit kepala anda
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari

Menghilangkan ketombe dengan lemon dan yoghurt

Lemon sangat berperan besar dalam membantu menghilangkan ketombe, karena ia memiliki kandungan asam nitrat dan sifat anti mikroba. Plus dengan menambahkan yoghurt dapat membuat kulit kepala anda menjadi lebih sehat.
  • Anda dapat mencampurkan 4 sendok makan yoghurt lembut dengan 2 sendok air perasan lemon
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda
  • Pijat kulit kepala selama beberapa menit
  • Biarkan selama 10 - 15 menit
  • Kemudian bersihkan rambut anda dengan keramas
  • Anda dapat melakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan daun neem dan minyak zaitun

Kombinasi kedua bahan alami ini sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan ketombe. Minyak zaitun memiliki pelembab alami yang dapat membantu melembabkan rambut dan kulit kepala sehingga ketombe dapat lebih mudah untuk dihilangkan. Sedangkan daun nimba memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat baik sekali untuk pengobatan masalah ketombe.
  • Anda dapat menyiapkan daun nimba secukupnya 
  • Tumbuk hingga lembut daun nimba tersebut
  • Kemudian campurkan dengan beberapa sendok madu hingga membentuk adonan tipis
  • Lalu oleskan ke kulit kepala dan
  • Biarkan selama 1 jam
  • Kemudian bersihkan rambut anda dengan keramas
  • Lakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan pisang dan cuka sari apel

Pisang kaya akan kandungan vitamin B yang dapat menyehatkan kulit kepala dan. Sedangkan cuka sari apel memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengkondisikan kulit kepala anda dari masalah ketombe.
  • Siapkan 1 buah pisang matang dan 4 - 5 sendok makan cuka sari apel
  • Lembutkan pisang, kemudain campurkan dengan cuka sari apel hingga tercampur sempurna
  • Jika sudah, oleskan secara merata pada kulit kepala anda, sambil memijat lembut kulit kepala selama beberapa menit
  • Biarkan selama 20 - 30 menit
  • Kemudian bilas hingga bersih kulit kepala dan rambut anda
  • Anda dapat melakukan perawatan ini 3 - 4 kali dalam seminggu

Menghilangkan ketombe dengan baking soda, cuka sari apel dan lemon

Baking soda dan lemon dapat membantu membersihkan ketombe yang banyak bertebaran di kulit kepala. Mereka juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, sehingga bakteri dan jamur penyebab ketombe tidak mampu hidup diatasnya. Plus dengan tambahan cuka sari apel, hal ini dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap bakteri dan jamur penyebab ketombe.
  • Anda dapat menyiapkan 3 sendok makan air perasan lemon dan 3 sendok makan baking soda dan 3 sendok makan cuka sari apel
  • Campurkan ketiga bahan diatas hingga tercampur sempurna
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala anda
  • Biarkan selama 10 - 15 menit
  • Lalu cuci bersih rambut anda

Perbanyak mengkonsumsi air

Air sangat penting sekali untuk tubuh manusia, ia dapat menyehatkan tubuh serta membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Kekurangan air dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Bukan hanya dapat berdampak terhadap kesehatan tubuh saja, kekurangan air juga dapat berdampak terhadap kesehatan kulit. Dapat membuat kulit menjadi kering, pecah-pecah dan mengelupas, sama halnya seperti yang terjadi pada kulit kepala yang kemudian berdampak terhadap munculnya ketombe.

Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalami masalah ketombe, mulai sekarang penuhi asupan air anda setiap hari. Rekomendasi asupan air yang ideal adalah 8 gelas atau 2 liter perhari.

Hindari stress

Masalah ketombe juga sering disebabkan oleh depresi, kecemasan dan stres. Ia dapat membuat kulit menjadi mudah berminyak, kering, pecah-pecah dan akhirnya mengelupas sama halnya dengan yang terjadi pada kulit kepala anda . Untuk membantu mengatasinya cobalah melakukan yoga, jalan kaki, traveling, meditasi atau melakukan teknik relaksasi lainnya.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami, yang harus anda perhatikan bahwa pengobatan ketombe secara alami tidaklah memberikan hasil yang instan, oleh sebab itulah dibutuhkan kekonsistenan anda setiap hari untuk melakukannya agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan yang anda harapkan.
By