Cara Mengobati Diare Secara Tradisional Alami

Diare merupakan salah satu masalah gangguan pencernaan yang sering dialami oleh orang - orang pada saat ini. Diare dapat menyerang siapa saja baik orang tua, dewasa, anak - anak bahkan bayi yang masih kecil pun bisa mengalaminya.

Diare terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik sehingga membuat penderitanya sering mengalami mencret atau BAB yang berair.

Diare bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun secara umum penyebab utama diare adalah infeksi virus, infeksi bakteri, kecemasan, intoleran makanan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi, penyakit sindrom irirtasi usus serta penyakit lain seperti penyakit crohn dan kolitis ulserativa.

Bukan hanya mencret saja, diare juga biasanya disertai dengan gejala sakit perut, kembung, mual serta dehidrasi.

Perawatan lebih lanjut dengan dokter terkait memang merupakan solusi terbaik, namun jika anda merasa diare yang sedang anda alami tidak terlalu parah, pengobatan diare secara alami juga dapat menjadi pilihan terbaik.

Anda dapat dengan mudah menyingkirkan diare dengan berbagai pengobatan alami yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Berikut beberapa obat diare tradisional alami yang telah terbukti berdasarkan penelitian :

Sawo manila

Buah yang biasa tumbuh dipekarangan rumah ini ternyata sangat ampuh sekali untuk mengatasi diare. Seperti yang dikemukakan oleh Juwita , Jessy (2013) dalam jurnal penelitiannya yang berjudul AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH MUDA, DAUN DAN KULIT BATANG SAWO MANILA (Manilkara zapota (L.) Van Royen) TERHADAP Vibrio cholerae DAN Clostridium perfringens. Buah sawo sangat berkhasiat sebagai obat diare karena sawo memiliki berbagai macam kandungan alami didalamnya seperti tannin, saponin, dan falvonoida yang dapat ditemukan pada buah, daun dan batangnya.

Getah, daun dan buah sawo muda dapat direbus lalu dikonsumsi untuk menghentikan diare. Selain itu kulit kayu sawo juga dapat dijadikan teh lalu diminum untuk menghentikan diare.

Daun sirsak

Jika anda mengalami diare, daun sirsak merupakan salah satu pilihan bahan alami yang wajib anda coba. Karena menurut jurnal penelitan I Made Agus Sunadi Putra yang berjudul UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annonae muricata L.) DENGAN METODE DIFUSI AGAR CAKRAM TERHADAP Escherichia coli. Daun sirsak mengandung saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai desinfektan-antiseptik serta antibakteri. Selanjutnya untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai obat diare alami dapat dengan cara merebus daun sirsak kemudian meminum airnya secara rutin setiap hari.

Yoghurt

Tidak perlu repot - repot untuk menghilangkan diare, karena bahan makanan yang banyak tersedia dikulkas ini juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi diare. Hal ini dikarenakan yoghurt banyak mengandung bakteri hidup seperti lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Ini adalah bakteri baik sehingga jika masuk kedalam perut akan membantu memulihkan bakteri baik pada usus dan menyingkirkan bakteri buruk penyebab diare pada usus.

Pernyataan ini juga didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Assosiation pada tahun 2009. Peneliti menemukan bahwa prebiotik dapat membantu mengurangi diare terkait antibiotik.

Cara mengobati diare dengan yoghut juga sangat mudah sekali, cukup dengan mengkonsumsi yoghut setiap hari dapat membuat perut anda terhindar dari diare. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda juga dapat menambahkan 1 buah pisang ketika makan.

Prebiotik

Probiotik adalah sumber bakteri "baik" yang bekerja di saluran pencernaan anda untuk menciptakan lingkungan usus yang sehat. Mereka pada dasarnya adalah mikroorganisme hidup yang ada pada makanan tertentu.

Bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan anda diperlukan untuk menjamin sistem pencernaan tetap normal. Mereka memainkan peran penting dalam melindungi usus anda terhadap infeksi. Bila sistem anda diubah oleh antibiotik atau dibanjiri oleh bakteri atau virus yang tidak sehat, anda bisa terkena diare. 

Probiotik dapat membantu diare dengan mengembalikan keseimbangan bakteri di usus anda.

Ada banyak sekali makanan yang memiliki sumber prebiotik, diataranya adalah yoghurt, tempe, tahu, kedelai, kol, acar, kefir, coklat hitam, keju, dan lain-lain.

Cukup anda konsumsi makanan yang memiliki sumber perebiotik seperti diatas, maka sitem pencernaan anda akan menjadi lebih sehat dan masalah diare pun akan cepat-cepat teratasi.

Jahe

Jahe telah turun temurun diamanfaatkan untuk membantu mengobati diare. Ia dapat menenangkan sitem pencernaan, mempromosikan pelepasan cairan lambung, memperbaiki sistem pencernaan dan sering dimanfaatkan untuk pengobatan keracunanan makanan serta membantu menyingkirkan keram dan sakit perut.
  • Ambil sepotong kecil jahe, kemudian parut hingga lembut dan tambahkan dengan 1 sendok teh madu, konsumsilah ramuan ini 1 - 2 kali dalam sehari
  • Cara lainnya, anda juga dapat membuat teh dari jahe. Dengan mengiris sepotong kecil jahe, kemudian mencampurkannya dengan 1 cangkir air, lalu merebusnya hingga mendidih, setelah hangat atau dingin, minum hingga habis, ulangi perawatan ini 3 kali dalam sehari

Pisang

Pisang merupakan rekomendasi terbaik untuk membantu mengatasi diare yang kini sedang anda alami. Karena selain enak dan mudah untuk didapatkan, buah pisang sendiri memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin sendiri adalah suatu serat yang dapat larut dalam air dan ampuh sekali untuk mengurangi diare.

Selain itu pisang juga tinggi kalium, elektrolit, yang dapat mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat pisang sebagai obat diare alami, anda cukup memakan beberapa pisang masak setiap hari hingga diare benar - benar hilang. 

Teh chamomile

Ketika sedang diare biasanya disertai dengan gejala sakit perut dan mual. Untuk membantu mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan teh chamomile.

Teh chamomile memiliki sifat antispasmodic yang dapat mengurangi rasa sakit dan mual pada perut akibat diare serta membantu mengurangi peradangan usus.
  • Siapkan 1 sendok teh bungan chamomile, 1 sendok teh daun peppermint dalam secangkit air mendidih.
  • Aduk lalu diamkan selama 10 menit.
  • Kemudian saring dan minum sampai habis.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Biji fenugreek

Fenugreek atau biasa disebut dengan klabet adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif sekali untuk membantu mengobati diare. Ia dapat membantu mengobati diare karena tingginya kandungan lendir didalamnya. Lendir yang dihasilkan dari biji fenugreek tersebut dapat memberikan efek antidiarrheal yang kuat sehingga dapat dengan cepat mengobati diare yang kini sedang anda alami.
  • Anda dapat menyiapkan 1 sendok teh biji fenugreek dan 1 sendok makan yoghurt
  • Campurkan kedua bahan diatas, kemudian kunyah lalu telan hingga habis
  • Konsumsilah ramuan ini 3 kali dalam sehari

Nasi putih

Diare dapat membuat BAB menjadi encer, sehingga kita hanya perlu membuatnya lebih padat yaitu dengan banyak mengkonsumsi nasi putih.

Nasi putih sangat efektif untuk menghilangkan diare yang encer karena nasi putih mengandung banyak serat yang dapat membantu memadatkan BAB.

Anda hanya cukup mengkonsumsi banyak nasi putih tanpa campuran ketika diare ini menyerang hingga BAB yang anda keluarkan tidak encer lagi.

Cuka sari apel

Cuka sari apel  juga dapat anda manfaatkan untuk pengobatan diare yang efektif. Ia memiliki sifat antibakteri yang dapat mengusir jauh-jauh bakteri jahat penyebab diare pada sistem pencernaan anda.
  • Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel kedalam 1 gelas air matang
  • Minum larutan ini 2 - 3 kali dalam sehari hingga diare mereda

Sup wortel

Sup wortel sangat baik sekali untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami diare. Hal ini dikarenakan sup wortel memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik sekali bagi penderita diare. Sangat penting sekali mencukupi asupan nutrisi ketika mengalami diare karena selama diare penyerapan nutrisi pada perut cenderung tergangu dan tidak terserap dengan sempurna.

Cukup anda buat sup wortel dan anda konsumsi secara rutin ketika sedang mengalami diare, anda juga dapat mengkonsumsinya bersama dengan nasi putih.

Sereal

Sereal terbuat dari tepung tapioka, yang jika dikonsumsi ia dapat menyerap kelebihan cairan pada sistem pencernaan anda. Sehingga fases yang dihasilkan pun akan lebih bagus.

Anda dapat mengkonsumsi sereal ini untuk sarapan ketika anda sedang mengalami diare. Cara ini juga cocok untuk mengatasi diare pada anak-anak dan remaja.

Oralit

Oralit merupakan obat umum yang sering dipakai untuk mengobati diare, ia digunakan untuk mengurangi dan meredakan cairan didalam fases penderita diare. Selain dengan membeli oralit di apotik atau toko obat terdekat, anda juga dapat membuat sendiri oralit tersebut.
  • Siapkan 1 liter air matang, 8 sendok teh gula pasir, dan setengah sendok teh garam
  • Campurkan semua bahan diatas hingga larut dengan sempurna
  • Lalu minum 3 kali dalam sehari

Penuhi asupan cairan

Selama mengalami diare biasanya tubuh akan kekurangan cairan karena cairan selalu dikeluarkan melalui BAB tanpa proses penyerapan yang sempurna. Oleh sebab itulah jika anda mengalami diare usahakan untuk mencukupi asupan air setiap hari sehingga tubuh anda tidak mengalami dehidrasi.

Usahakan untuk mengkonsumsi air setidaknya 8 gelas setiap hari agar cairan dalam tubuh anda tetap terkontrol dan anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat bedampak buruk terhadap ketahanan tubuh anda.

Itulah tadi beberapa cara mengobati diare secara tradisional alami, sebagai pelengkap dibawah ini juga telah saya sediakan beberapa informasi penting tentang cara mencegah diare agar anda dapat selalu waspada terhadap diare dikemudian hari.

Cukup istirahat

Pencerita diare dianjurkan memiliki waktu cukup untuk istirahat. Hal ini berguna untuk mengumpulkan energi agar tubuh cepat dalam melakukan proses penyembuhan. 

Cukup istirahat juga berguna agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat tubuh kehilangan kesadaran, kurang fokus, lemah, lesu dan letih. 

Kapan saatnya pergi kedokter ?

Dalam beberapa kasus, diare memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun jika setelah 1 - 2 minggu diare tidak kunjung sembuh, sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

Atau jika tubuh anda menunjukkan gejala-gejala dehidrasi yang luar biasa seperti badan lemas, lesu, letih, kurang foskus, bahkan kehilangan kesadaran, sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk berobat ke rumah sakit atau klinik dokter terdekat untuk pertolongan lebih lanjut.

Itulah tadi beberapa cara mengobati diare yang dapat anda gunakan untuk mengatasi diare yang kini sedang anda alami, selain dengan memperhatikan cara-cara diatas, untuk membantu mengatasi diare secara tuntas dan untuk memastikan anda tidak terkena diare lagi dikemudian hari, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips seperti dibawah ini.

Cara mencegah diare

  • Mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, terutama setelah beraktifitas seperti berkebun, BAB, menceboki anak, bermain dengan binatang peliharaan.
  • Bersihkan sela - sela kuku anda untuk mencegah kotoran terselip dan untuk menghilangkan bakteri yang berkembang biak disana.
  • Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang
  • Makan makanan yang dimasak dari bahan-bahan yang segar
  • Mengkonsumsi makanan yang lembut dan rendah serat
  • Minum air yang bersih dan sehat.
  • Hindari makanan yang sudah kadaluarsa
  • Bersihkan selalu toilet anda dengan cairan pembersih untuk mencegah bakteri jahat berkembang biak yang dapat masuk ke sistem pencernaan anda.
Masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli terhadap diare. Mulai sekarang mari kita mulai gerakan Indonesia bebas diare.
By