Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Sakit tenggorokan merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan sekali, apalagi ketika untuk menelan, area tenggorokan terasa nyeri nyut-nyut. Aduhhhh sakit banget pokoknya.

Penyebab sakit pada tenggorokan biasanya timbul karena area tenggorokan kita mengalami peradangan misalnya saja akibat infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi jamur, iritasi polusi, merokok, udara yang kering, asam refluk, alergi, iritasi atau berteriak berlebihan.

Jangan kalian anggap remeh masalah sakit tenggorokan ini, awalnya sih memang hanya terasa cengkring-cengkring di tenggorokan, namun jika masalah sakit tenggorokan ini tidak segera anda atasi, lama kelamaan sakit pada tenggrokan akan menjadi akut dan terasa sangat menyakitkan sekali.

Memang benar bahwa masalah sakit tenggorokan ini sangat menyiksa sekali, namun sebelum kalian memutuskan untuk melakukan pengobatan dengan dokter atau obat - obatan di apotik, alangkah baiknya anda mencoba cara alami terlebih dahulu untuk menghilangkan masalah sakit tenggorokan ini.

Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami ini hanya dengan menggunakan bahan - bahan tradisional alami. Oleh sebab itulah selain aman, cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan obat tradisional alami juga telah terbukti ampuh secara turun temurun bahkan beberapa penelitian medis pun menyebutkan demikian.

Berkumur dengan air garam hangat

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang pertama adalah dengan menggunakan air garam, cara ini sangat simple sekali. Ketika tenggorokan kita sakit, terlepas dari apapun itu penyebabnya, itu karena sel-sel dalam selaput lendir tenggorokan kita mengalami pembengkakan dan peradangan.

Garam dapat membantu mengikat air dan lendir yang terdapat pada tenggorokan kita, yang kemudian dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu hal ini juga dapat membantu membersihkan kelebihan lendir pada hidung dan tenggorokan sehingga dapat mencegah terjadinya hidung tersumbat.
  • Siapkan 1 cangkir air hangat dan 1/2 sendok teh garam.
  • Masukkan garam pada air hangat tersebut.
  • Aduk hingga merata.
  • Kemudian gunakan kumur - kumur 3 kali dalam sehari.

Lemon dan madu

Campuran kedua bahan alami ini sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi masalah sakit tenggorokan. Madu dapat membantu menenangkan rasa sakit pada tenggorokan sedangkan lemon dapat membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan anda.
  • Siapkan 1 sendok teh madu, air perasan dari setengah buah lemon dan satu cangkir air hangat.
  • Campurkan madu dan lemon tersebut kedalam satu cangkir air hangat tersebut.
  • Aduk hingga merata.
  • Dan minum secara perlahan - lahan.
  • Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

Cuka sari apel

Karena kandungan sifat antibakterinya, cuka sari apel sangat cocok sekali kita gunakan sebagai obat alami untuk mengusir jauh-jauh masalah sakit tenggorokan ini. Ramuan ini akan lebih ampuh jika ditambah dengan lemon dan madu. Madu dapat membantu menenagkan tenggorokan, dan lemon dapat dengan cepat mengeluarkan lendir dari tenggorokan anda.
  • Siapkan 1 sendok makan cuka sari apel, 1 sendok teh jus lemon, 1 sendok teh madu dan 1 cangkir air hangat.
  • Campurkan semua bahan diatas kedalam satu cangkir air hangat.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu minum secara perlahan-lahan.
  • Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

Minyak kelapa

Siapa sangka, ternyata bahan alami yang sering kita manfaatkan untuk menggoreng makanan ini dapat membantu mengobati sakit tenggorokan yang kini sedang anda alami.

Minyak kelapa hadir dengan sejumlah manfaat yang luar biasa. Menurut penelitian, ia syarat akan anti inflamasi yang dapat membantu melawan infeksi, peradangan dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan anda. Minyak kelapa juga menyejukkan , ia dapat membantu melumasi selaput lendir pada tenggorokan anda.
  • Anda dapat menyiapkan 1 sendok makan minyak kelapa murni
  • Kemudian masukkan ke mulut anda
  • Dan biarkan ia meleleh sampai ke tenggorokan anda
  • Anda dapat mengulangi perawatan sakit tenggorokan menggunakan minyak kelapa ini 2 kali dalam sehari
Alternatif lainnya, anda juga dapat mencampurkan minyak kelapa ini pada aneka makanan yang ingin anda konsumsi, seperti pada sup, pada coklat panas, pada teh panas atau pada aneka makanan lainnya,

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini juga sangat ampuh sekali untuk menghilangkan masalah sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan sifat antiseptik, antibakteri dan allicin. Allicin merupakan suatu senyawa yang terdapat pada bawang putih, senyawa ini sangat ampuh sekali untuk membantu mengusir jauh-jauh rasa sakit pada tenggorokan karena senyawa allicin dapat membantu melawan kuman dan membunuh bakteri penyebab timbulnya masalah sakit tenggorokan.

Memang sih rasanya tidak begitu menyenangkan, namun khasiat bawang putih untuk mengobati sakit tenggorokan sangat ampuh sekali.
  • Siapkan 1 siung bawang putih mentah dan konsumsi setiap hari, kunyah selama beberapa detik menggunakan gigi lalu telan.
  •  Jika anda merasa tidak sanggup untuk mengkonsumsi bawang putih mentah secara bulat-bulat, anda juga dapat menambahkannya kedalam aneka masakan kesukaan anda.

Terapi uang air panas

Ini merupakan terapi yang sangat ampuh sekali untuk menghilangkan sakit tenggorokan yang sedang anda alami. Uap air panas dapat dengan cepat meredakan nyeri pada tenggorokan dan membuat tenggorokan lebih mudah untuk bernafas jika terjadi sesak.

Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi kesauna, karena kita bisa membuat sendiri dirumah.
  • Siapkan air secukupnya, panci, handuk dan baskom.
  • Rebus air menggunakan panci hingga mendidih.
  • Kemudian angkat dan tuangkan kedalam baskom.
  • Selanjutnya silahkan anda duduk bersandar dengan nyaman sambil meletakkan baskom yang berisi air panas tersebut didepan anda.
  • Hirup uap panas yang keluar dari air panas didalam baskom tersebut perlahan-lahan menggunakan hidung dan mulut anda.
  • Jika perlu tutup atas kepala anda menggunakan handuk sambil membungkuk, agar uap air panas tidak melebar kemana-mana.
  • Gunakan cara ini 1 kali dalam sehari dengan durasi sekitar 15 menit, sebaiknya gunakan cara ini sebelum mandi pada sore hari.

Baking soda

Baking soda merupakan obat sakit tenggorokan rumahan yang di anggap paling mudah, sederhana dan efektif. Hal ini dikarenakan baking soda kaya akan kandungan yang dapat mengusir masalah sakit tenggorokan paling cepat seperti sifat anti bakteri yang dapat membunuh kumpulan bakteri penyebab sakit tenggorokan yang bersarang pada tenggorokan anda. 

Selain itu baking soda juga memiliki kandungan PH-Alkaline yang dapat menenangkan rasa sakit pada area tenggorokan anda.
  • Siapkan 1 cangkir air hangat, 1/2 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam.
  • Masukkan baking soda dan garam kedalam 1 cangkir air hangat.
  • Lalu aduk hingga merata.
  • Kemudian tuangkan larutan tersebut pada tenggorokan anda selama beberapa detik, dan akhiri dengan berkumur-kumur.
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

Kayu manis

Kayu manis adalah rempah harum dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi dan dapat memberikan manfaat antibakteri. 

Ia adalah obat tradisional untuk pilek dan flu. Selain itu ia juga digunakan dalam pengobatan Cina untuk meringankan sakit tenggorokan. 

Teh kayu manis tersedia untuk pembelian di hampir semua toko kelontong baik untuk varietas herbal maupun varietas reguler. 

Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke teh herbal atau teh hitam yang dapat anda konsumsi setiap hari.

Teh chamomile

Jika anda pecinta minuman teh, anda bisa mencoba meminum teh chamomile ini sebagai minuman teh harian anda. Teh chamomile adalah obat alami untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan, teh chamomile mengandung sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, selain itu teh chamomile juga memiliki sifat menenangkan yang dapat meredakan sakit tenggorokan dengan cepat dan mudah.
  • Siapkan 1 kantung teh chamomile dan 1 cangkir air hangat.
  • Kemudian masukkan kantung teh kedalam cangkir air hangat tersebut lalu tutup menggunakan penutup gelas selama 10 menit.
  • Tambahkan sedikit madu dan lemon jika anda menyukainya.
  • Jika sudah minum perlahan-lahan hingga habis.
  • Anda dapat mengkonsumsi teh chamomile untuk menghilangkan sakit tenggorokan ini 2 kali dalam sehari.

Teh peppermint

Selain dengan teh chamomile, anda juga dapat memanfaatkan teh peppermint untuk membantu mengobati sakit tenggorokan yang kini sedang anda alami.

Peppermint mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan infeksi atau peradangan yang terdapat pada tenggorokan. Ia juga memiliki sifat dingin menyegarkan yang dapat membantu menenangkan rasa sakit pada tenggorokan anda.

Anda dapat membuat teh peppermint sendiri dengan merebus beberapa lembar daun peppermint kedalam air yang mendidih, setelah itu masukkan kedalam cangkir, dan minum ketika masih hangat.

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan resep minuman tradisional yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk membantu mengusir jauh-jauh rasa sakit yang sering menyerang tenggorokan kita.

Khasiat jahe untuk tenggorokan ini adalah dapat mengusir rasa nyeri yang terjadi pada tenggorokan karena jahe memiliki sifat penenang, selain itu jahe juga memiliki sifat anti ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan anda. Sifat anti bakteri yang terdapat pada jahe juga lumayan kuat, sehingga dapat juga untuk membantu mengusir jauh-jauh bakteri penyebab sakit tenggorokan yang bersarang pada tenggorokan anda.
  • Sipakan 1 siung jahe ukuran sedang, cangkir, panci dan air secukupnya ( untuk takaran 1 gelas ).
  • Bersihkan jahe terlebih dahulu kemudian potong-potong kecil-kecil lalu rebus dengan air yang telah anda siapkan didalam panci sebelumnya.
  • Setelah mendidih, biarkan panci diatas kompor selama 5 - 10 menit.
  • Kemudian tuangkan kedalam cangkir.
  • Diamkan hingga hangat, lalu minum wedang jahe tersebut sambil menghirup uap nya secara perlahan-lahan.
  • Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe untuk menghilangkan sakit tenggorokan ini 2 kali dalam sehari.

Kunyit

Selain jahe kunyit juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan sakit tenggorokan yang kini sedang anda alami. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti infalamsi yang dapat meredakan rasa nyeri dan menyembuhkan peradangan pada tenggorokan kita.
  • Siapkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan 1 cangkir air hangat.
  • Campurkan kunyit dengan air dalam cangkir tersebut.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu minum secara perlahan-lahan.
  • Anda dapat meminum ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Madu

Jika anda menginginkan bantuan terhadap sakit tenggorokan dengan cepat, madu adalah solusinya. Madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat menumpas bakteri penyebab sakit tenggorokan yang bersarang pada tenggorokan anda. Selain itu madu juga memiliki sifat penyembuhan yang dapat meredakan rasa sakit akibat infeksi dan peradangan pada tenggorokan anda.
  • Sebenarnya untuk memanfaatkan madu sebagai obat sakit tenggorokan alami anda dapat mencampurkannya dengan berbagai bahan alami lain seperti kunyit, jahe atau lemon seperti yang telah dijelaskan pada artikel diatas, namun untuk penggunaan secara khususnya anda dapat menyiapkan 1 - 2 sendok makan madu dan 1 gelas air panas.
  • Masukkan madu kedalam 1 gelas air panas tersebut.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu minum 2 kali dalam sehari.
  • Untuk perawatan yang lebih optimal anda juga dapat melengkapinya dengan mengkonsumsi 1 sendok makan madu sebelum tidur malam.

Teh fenugreek

Fenugreek atau di Indonesia sering disebut dengan klabet / klebet ini juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mngobati sakit tenggorokan yang kini sedang anda alami.

Fenugreek memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh Fenugreek adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan kekuatan penyembuhan fenugreek ini bisa menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau pembengkakan pada tenggorokan. 

Anda dapat merebus beberapa biji fenugreek kedalam air mendidih, Setelah hangat atau dingin, tuangkan kedalam cangkir yang dapat anda konsumsi setiap hari.

Cabai rawit atau saus pedas

Cabai rawit sering sekali digunakan sebagai pereda nyeri karena adanya kandungan capcaisin didalamnya. 

Capcaisin ini merupakan senyawa yang dapat menghambat reseptor rasa sakit, sehingga dapat meringankan rasa sakit yang timbul dari tenggorokan anda.

Meski belum terbukti secara ilmiah, menelan cabai rawit dicampur air hangat dan madu bisa membantu menghilangkan rasa sakit karena sakit tenggorokan. 

Ingat bahwa sensasi terbakar awal biasa terjadi. Cabai rawit juga tidak boleh dikonsumsi jika anda memiliki luka terbuka di mulut anda.

Perbanyak mengkonsumsi air

Ketika anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Penting sekali bagi anda untuk memastikan kebutuhan asupan air harian anda selalu terpenuhi dengan baik. Karena dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat menjaga agar selaput lendir di tenggorokan anda tetap terhidrasi, sehingga masalah sakit tenggorokan dapat sembuh lebih cepat. 

Selain itu dengan banyak mengkonsumsi air putih juga dapat membantu melegakan tenggorokan anda, ketika rasa nyeri atau sakit pada tenggorokan anda sedang terjadi.

Istirahat

Tubuh anda memerlukan waktu untuk penyembuhan, jika anda sedang mengalami sakit tenggorokan, sangat disarankan bagi anda untuk bersitirahat yang cukup. Hal ini bermanfaat untuk membantu tubuh mengumpulkan energi untuk melawan virus, kuman dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. 

Selain itu, dengan istirahat yang cukup juga dapat membuat fokus tubuh anda untuk menyembuhkan masalah yang sedang terjadi.

Itulah tadi beberapa cara mengobati sakit tenggorokan secara tradisional alami, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan anda juga perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini.

Tips menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat

  • Hindari merokok
  • Hindari mengkonsumsi makanan berminyak seperti makanan bersantan, gorengan, dan junk food.
  • Hindari mengkonsumsi makan yang garing - garing seperti kerupuk, snack, kacang, atau makanan yang garing-garing lainnya.
  • Hindari menghirup udara kotor atau berdebu, jika perlu gunakan masker jika beraktifitas diluar ruangan.
  • Hindari mengkonsumsi minuman dingin atau es.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang hangat, lembut dan berkuah.
  • Hindari makanan yang pedas dan panas
  • Hindari makanan yang asam-asam
By