Cara Agar Cepat Hamil Secara Alami

Memiliki buah hati merupakan suatu harapan terbesar bagi pasangan yang telah menikah. Karena dengan memiliki buah hati dapat membuat garis keturunan kita tetap berlanjut dan eksistensi manusia di bumi dapat tetap bertahan.

Namun untuk bisa mendapatkan keturunan tidaklah sesederhana yang dipikirkan oleh orang-orang. Hubungan badan saja tidaklah cukup. Agar dapat hamil dengan cepat, sebelumnya perlu sekali persiapan yang harus anda lakukan.

Berikut ini beberapa tips dan cara agar anda dapat hamil dengan cepat :

Jadwalkan konseling prakonsepsi 

Dalam penjelasan sederhana, prakonsepsi dapat diartikan sebagai "sebelum hamil", jadi yang dimaksud dengan jadwalkan konseling prakonsepsi adalah bimbingan sebelum kehamilan. Bukan berarti anda tidak mengerti bagaimana bayi dibuat, namun jika anda dan pasangan anda telah benar-benar siap untuk memulai sebuah keluarga, rutin memeriksakan diri dengan ahli kesehatan terkait sebelum hamil merupakan langkah cerdas untuk memulainya.

Pada konseling prakonsepsi biasanya akan ada agenda pemeriksaan kesiapan kesehatan reproduksi dan selama kunjungan itu, anda akan berkesempatan untuk meninjau riwayat kesehatan anda dan mendiskusikan kemungkinan masalah yang mungkin muncul selama kehamilan karena kondisi medis masa lalu atau saat ini. anda juga harus siap dengan daftar semua obat yang ada saat ini, seandainya ada kemungkinan dampak negatif pada kesuburan atau kehamilan anda.

Berhenti menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi merupakan alat yang digunakan seseorang untuk menghalangi kehamilan. Sudah jelas sekali, jika anda ingin hamil, mulai sekarang jangan gunakan lagi alat kontrasepsi, tergantung dari jenis alat kotrasepsi apa yang anda gunakan.

Ada banyak sekali alat kontrasepsi yang telah beredar pada saat ini, misalnya saja kondom, pil KB, suntik KB, IUD, spermisida, diafragma dan lain-lain.

Khusus bagi anda yang menggunakan alat kontasepsi hormonal seperti pil KB, suntik KB dan IUD, perlu beberapa waktu bagi tubuh anda untuk kembali normal.

Jika anda pernah menggunakan alat kontrasepsi hormonal dalam waktu yang lama, siklus ovulasi dan menstruasi mungkin tidak akan segera terjadi. Mereka mungkin absen atau sangat tidak teratur selama sekitar satu bulan. Jika setelah 8 sampai 10 minggu anda masih belum mendapatkan menstruasi, sebaiknya anda mencari bantuan dari dokter untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Dapatkan waktu yang tepat

Tidak semua hari cocok untuk melakukan hubungan intim yang dapat menghasilkan kehamilan. Hal ini karena adanya siklus kesuburan pada wanita.

Hanya ada 6 hari perbulan kemungkinan besar hubungan intim akan menghasilkan kehamilan. Lima hari menjelang ovulasi dan hari ovulasi itu sendiri.

Oleh sebab itulah perbanyak melakukan hubungan intim ketika anda sedang memasuki masa subur. Namun jika anda tidak punya waktu luang melakukannya, hubungan badan pada 1 - 2 hari sebelum ovulasi merupakan hari terbaik agar cepat mendatangkan kehamilan.

Untuk membantu anda mengetahui apakah anda sedang memasuki masa ovulasi, berikut tanda-tanda yang dapat anda perhatikan :
  • Keluarnya bercak - bercak encer pada miss V
  • Lendir serviks yang terlihat jelas dan berbentuk elastis
  • Meningkatnya libido
  • Payudara menjadi sensitif
  • Payudara menjadi lembut
  • Kembung
  • Indra pengecap, penglihatan dan pembau menjadi lebih tajam
  • Peningkatan suhu tubuh
  • DLL

Posisi hubungan intim yang baik

Posisi hubungan intim yang baik juga dapat mempengaruhi kehamilan. Agar sperma benar-benar masuk kedalam vagina dan terjadi pembuahan, ketika sedang melakukan hubungan intim, sangat disarankan untuk memposisikan vagina anda sedikit menghadap keatas. Posisi laki-laki diatas dan posisi wanita dibawah.

Setelah selesai berhubungan intim, pastikan juga agar vagina anda tidak menghadap kebawah agar sperma dapat mengalir ke rahim dengan sempurna.

Setelah anda selesai berhubungan intim, anda dapat berbaring dengan menggunakan bantal yang rendah serta mengganjal posisi pinggul dan kaki anda dengan bantal yang lebih tinggi hingga beberapa jam.

Waktu hubungan intim yang tepat

Kebabanyakan para ahli menyarankan untuk melakukan hubungan intim pada pagi hari, karena menurut penelitian, pada pagi hari produksi sperma telah mencapai puncaknya, sehingga sperma yang dihasilkan ketika berhubungan dapat lebih banyak dan sehat. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan besar untuk mendapatkan kehamilan.

Para ahli juga mengatakan cara terbaik untuk hamil cepat adalah melakukan hubungan seks sehari sekali, setiap hari, selama masa subur sebelum dan sesudah ovulasi. Jika anda berhubungan seks terlalu sering, jumlah sperma pasangan anda mungkin lebih rendah, sperma sudah tua dan tidak bisa berenang secepat mungkin.

Jangan berhubungan intim menggunakan pelumas

Beberapa orang mengatakan bahwa berhubungan badan menggunakan pelumas dapat memberikan kenikmatan lebih dan dapat membantu sperma bergerak lebih cepat. Namun kenyataannya adalah hal ini malah dapat menghambat usaha anda agar hamil lebih cepat, karena pelumas menggunakan banyak formula, formula-formula yang terkandung dalam pelumas tersebut dapat mengganggu keseimbangan pH pada vagina yang berakibat menurunnya mobilitas sperma.

Jangan meningkatkan suhu tubuh setelah berhubungan

Untuk meningkatkan keberhasilan agar hamil dengan cepat, usahakan setelah berhubungan dengan pasangan jangan meningkatkan suhu tubuh anda.  Karena sperma mulai kehilangan motilitas dan kelangsungan hidupnya, jika semakin tinggi suhu lingkungannya.

Intinya, setelah berhubungan dengan pasangan, jangan lakukan upaya apapun yang dapat meningkatkan suhu tubuh anda, misalnya saja berolahraga, mandi air hangat, latihan berat dan lain-lain.

Penuhi nutrisi harian anda

Jika anda ingin cepat hamil, memenuhi asupan nutrisi pada tubuh anda setiap hari sangat penting sekali anda lakukan. Berbagai macam vitamin dan mineral diperlukan untuk membantu kesiapan tubuh anda memasuki masa kehamilan, selain itu tubuh anda juga perlu asam folat.

Asam folat merupan nutrisi penting yang dibutuhkan pada masa kehamilan dan pra kehamilan.  Menurut penelitian, asam folat dapat membantu meningkatkan ovulasi, meningkatkan kesuburan, dan penting untuk perkembangan janin.

Selain dengan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, anda juga dapat memperoleh asam folat ini dari tablet vitamin prenatal, tentunya dengan rekomendasi dan anjuran dokter terkait.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya penting untuk kesehatan, tapi juga bisa mempengaruhi kesuburan anda. Memastikan anda memasukkan makanan sehat tertentu dalam makanan anda akan memastikan tubuh anda tidak kekurangan nutrisi kunci dan vitamin kunci. Berikut adalah rekomendasi makanan sehat yang dapat membantu anda cepat hamil : 
  • Bayam 
  • Pisang 
  • Telur 
  • Sereal yang diperkaya 
  • Kacang, kacang lentil, kacang-kacangan 
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang merupakan kunci untuk sel telur dan sperma sehat karena mengandung seng. Pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu mengatur hormon, serta telur dan sereal yang diperkaya dapat membantu anda mendapatkan Vitamin D yang cukup. 

Kurangnya vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat ketidaksuburan. Terakhir, kacang-kacangan, kacang lentil dan kacang-kacangan dikenal sebagai penguat kesuburan karena mengandung protein nabati yang hebat.

Jangan merokok

Jika anda ingin hamil cepat, rokok adalah musuh terbesar anda. Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi hampir seluruh kesehatan tubuh anda termasuk juga kesehatan kesuburan.

Bagi wanita, merokok berpotensi menurunkan kadar estrogen, yang kemudian berdampak juga terhadap menurunnya probabilitas ovulasi dan siklus menstruasi. Selain itu merokok juga dapat meningkatkan resiko keguguran dan kehamilan ektopik ( kehamilan di luar rahim ). 

Sedangkan bagi pria merokok dapat menurunkan kualitas sperma dan beresiko terhadap masalah ejakulasi dini serta impotensi.

Kurangi mengkonsumsi kafein

Bagi anda pencinta minuman kopi, jika anda ingin hamil cepat, mulai sekarang kurangi mengkonsumsi kopi, karena menurut penelitian, kafein yang terkandung pada kopi berpotensi menimbulkan masalah kesuburan yang dapat menghambat program kehamilan yang kini sedang anda lakukan.

Anda tidak perlu menghilangkan kebiasaan meminum kopi sepenuhnya. Cukup batasi saja, bisa dengan 1 gelas perhari pada pagi hari atau siang hari.

Hindari alkohol

Meminum minuman beralkohol merupakan salah satu larangan terbesar dalam agama Islam. Hal ini memang benar adanya, karena selain dapat mempengeruhi kesehatan tubuh dan pikiran, alkohol juga ternayata dapat mempengaruhi kesehatan kesuburan anda.

Jika anda ingin hamil cepat, menghindari minum minuman beralkohol sangat penting sekali anda lakukan. 

Tidak ada alkohol yang dianggap aman untuk diminum saat hamil , dan karena anda tidak akan tahu kapan anda hamil, dokter menyarankan untuk tidak meminumnya sama sekali.

Bersiaplah untuk mengecek kehamilan

Setelah anda melakukan usaha-usaha untuk mencoba hamil, kini saatnya anda mengecek apakah anda positif hamil apa belum. Semakin cepat anda mengetahui bahwa anda hamil, semakin cepat bagi anda untuk mensiapkan masa kehamilan. Jika anda positif hamil, segeralah berkonsultasi dengan dokter terkait untuk konsultasi masa kehamilan demi kesehatan ibu dan janin.

Ada beberapa metode untuk mengecek kehamilan, cara paling mudah adalah dengan membeli tes kehamilan berbentuk pen yang banyak dijual di apotik-apotik terdekat. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam urin anda. Hormon ini di produksi oleh plasenta yang terus meningkat diawal masa kehamilan.

Jika pada tes pertama masih negative, anda jangan berkecil hati, mungkin hormon hCG yang diproduksi oleh tubuh anda masih rendah, cobalah tes lagi di kemudian hari hingga masa ovulasi anda datang kembali.

Selain dengan menggunakan alat tes kehamilan. Kehamilan juga dapat diketahui dengan timbulnya tanda-tanda dan gejala-gejala seperti mual, muntah-muntah, dan lain-lain ( selangkapnya : ciri-ciri wanita hamil muda beserta gejala dan tanda-tandanya).

Jika tes negatif

Jika anda telah melakukan beberapa kali tes namun tetap belum menunjukkan hasil positif atau tubuh anda belum menunjukkan gejala-gejala atau tanda-tanda bahwa anda hamil, anda jangan panik, karena hampir 85 % pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan gagal dalam percobaan di bulan pertama, anda dapat mencobanya lagi pada bulan berikutnya.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena anda salah menghitung masa subur, sehingga sperma pasangan anda tidak pernah memiliki kesempatan untuk membuahi sel telur anda.

Teruslah berusaha dan berdo'a, maka usaha anda pasti akan membuahkan hasil dikemudian hari 😁

Berapa lama untuk hamil ?

Untuk memberikan gambaran kepada anda, sebenarnya butuh waktu berapa lama sih untuk bisa benar-benr hamil ?

Menurut Mayo Clinic, Sebagian besar pasangan sehat yang sering melakukan hubungan seks tanpa alat kontrasepsi dapat hamil dalam waktu satu tahun , 38 persen hamil setelah satu bulan, 68 persen setelah tiga bulan, 81 persen setelah enam bulan dan 92 persen setelah 12 bulan. Tetap saja, terkadang anda memerlukan bantuan untuk hamil.

Selain itu, karena kesuburan menurun seiring bertambahnya usia, anda mungkin mungkin memerlukan pertolongan kehamilan jika anda telah memasuki usia 35 tahun. Semakin cepat anda menemui dokter, semakin besar kemungkinan anda untuk hamil dengan cepat.
By