Makanan Penambah Darah Paling Ampuh dan Telah Terbukti Efektif

Apakah anda sering merasa pusing, sakit kepala, cepat, lelah, lemas atau kurang konsentrasi, jangan-jangan anda sedang mengalami masalah kurang darah ?

Masalah kurang darah atau biasa disebut dengan anemia merupakan masalah umum yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini. Baik pria, wanita, balita, anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua dapat mengalaminya.

Namun menurut penelitian, para wanita cenderung lebih beresiko mengalami masalah ini, khususnya bagi mereka yang sedang memasuki masa subur, masa kehamilan dan menyusui.

Anemia sendiri terjadi ketika tubuh memiliki sel darah merah dengan jumlah dibawah normal. Sel darah merah merupakan sel yang umum terdapat pada darah menusia. Didalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang terdiri dari zat besi dan protein. Hemoglobin ini sangat penting sekali bagi tubuh manusia, karena ia bertanggung jawab memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Jika sel darah merah pada tubuh rendah atau tidak cukup hemoglobin. Proses kerja tubuh menjadi terganggu, sehingga tubuh akan menunjukkan gejala-gejala seperti kepala menjadi pusing, kelelahan, tubuh menjadi lemas, otak tidak fokus, sakit kepala dan lain-lain.

Ada banyak sekali penyebab anemia, namun penyebab anemia paling umum adalah karena tubuh kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, vitamin B-12, tembaga, vitamin C, dan vitamin A.

Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalami anemia, asupan nutrisi seperti diatas wajib sekali anda penuhi setiap hari.

Atau jika anda sedang mengalami anemia, dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti diatas juga dapat membantu mengatasi anemia yang kini sedang anda alami.

Untuk mempermudah anda menemukan makanan apa saja yang cocok untuk menambah darah. Berikut dibawah ini caramedika berikan daftar pilihan terbaiknya.

Hati

Makanan penambah darah terbaik adalah makanan yang berasal dari hati hewan-hewan. Hati memiliki banyak sekali kandungan baik untuk membantu menambah darah seperti zat besi, vitamin B12, asam folat, dan vitamin C. 

Dari sekian banyak hati hewan, hati domba merupakan juaranya, selanjutnya adalah hati sapi, hati kalkun dan hati ayam.

Daging sapi

Jika anda suka makan daging, pilihan terbaik untuk membantu menambah darah adalah dengan rutin mengkonsumsi daging sapi. Daging sapi merupakan makanan sumber zat besi yang paling baik. Dari 85 gram daging sapi setidaknya menyediakan 2.1 mg zat besi. Namun usahakan untuk memilih daging sapi tanpa lemak, sehingga tetap aman terhadap kolesterol anda.

Kedelai 

Sebenarnya hampir semua makanan yang berasal dari kacang-kacangan ampuh untuk membantu menambah darah, namun kacang kedelai merupakan pilihan teratasnya. 

Kacang kedelai tinggi kandungan zat besi, ia juga kaya akan protein. Diperkirakan hanya dengan 1 gelas kacang kedelain sudah dapat memenuhi asupan mineral harian anda. 

Namun dalam kacang kedelai juga terdapat asam fitat, yang jika ikut dikonsumsi, ia dapat menghambat penyerapan zat besi dari kacang kedelai itu sendiri. 

Untuk mensiasatinya, sebelum mengkonsumsi kacang kedelai, usahakan untuk merendam kacang kedelai kedalam air hangat selama semalam sebelum anda mengolahnya.

Roti gandum 

Roti gandum merupakan makanan yang sering disajikan ketika sarapan pagi. Jika anda adalah orang yang suka makan roti, beruntunglah anda, karena roti, khususnya roti gandum, ternyata juga dapat membantu menambah darah pada tubuh anda.

Roti gandum merupakan sumber zat besi yang baik. Hanya dengan mengkonsumsi 1 iris roti gandum saja, sudah dapat memberikan 6 persen kebutuhan zat besi harian anda.

Oatmeal

Oatmeal juga dapat membantu menambah darah pada tubuh anda. Ia kaya akan akan kandungan zat besi, vitamin B12, serat dan kandungan nutrisi lainnya. 

Menurut USDA, secangkir oatmeal instan sudah dapat memenuhi 60 % kebutuhan zat besi harian tubuh anda.

Telur

Telur merupakan makanan merakyat yang sering kita konsumsi setiap hari. Telur juga ampuh sekali untuk membantu menambah darah, ia kaya akan kandungan zat besi dan protein, yang tidak hanya dapat membantu menambah darah, tetapi ia juga dapat memberikan energi dan membentuk massa otot anda.

Bayam

Mungkin anda tidak menyangka, ternyata sayuran yang sering kita konsumsi setiap hari ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menambah darah. Bayam merupakan sayuran yang merakyat, ia dapat kita jumpai dengan mudah di pasar tradisional atau toko kelontong terdekat. 

Khasiat bayam untuk membantu menambah darah sudah tidak diragukan lagi. Sayuran hijau ini merupakan gudangnya nutrisi, ia kaya akan kandungan zat besi, vitamin C, vitamin A, Vitamin B9, vitamin E, kalsium, betakaroten dan serat.

Setengah cangkir bayam rebus, setidaknya mengandung 3,2 mg zat besi yang dapat memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan zat besi harian wanita.

Anda dapat mengkonsumsi bayam ini setiap hari dengan diolah sesuai dengan selera anda, bisa anda jadikan sup, salad, lalapan atau dikombinasikan dengan aneka masakan lainnya.

Selain bayam, sayuran lain yang tidak kalah khasiatnya dengan bayam adalah selada, brokoli, seledri, kangkung dan sayuran hijau lainnya.

Tomat

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C sangat penting sekali dalam membantu menambah darah, karena ia berperan besar terhadap penyerapan zat besi pada tubuh. Jika anda ingin menambah darah, mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C merupakan pilihan terbaiknya.

Jeruk

Selain tomat, jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan jeruk digadang-gadang merupakan buah dengan sumber vitamin C paling baik di planet ini. Jika anda banyak mengkonsumsi vitamin C, hal ini dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh anda menjadi lebih optimal.

Delima

Buah delima merupakan buah dengan kandungan yang komplit, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat, potassium dan zat besi yang kesemuanya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh anda.

Buah delima dapat membantu memasok zat besi pada darah, yang berdampak pada berkurangnya gejala anemia, seperti kepala pusing, badan lemah dan kelelahan.

Buah bit

Pilihan tepat untuk membantu menambah darah adalah dengan rutin mengkonsumsi buah bit. Buah ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, selain itu ia juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting lainnya. Rutin mengkonsumsi buah bit tidak hanya dapat membantu menambah darah pada tubuh anda, ia juga dapat menyehatkan tubuh anda secara keseluruhan.

Selai kacang

Gak heran selai kacang masuk kedalam daftar makanan penambah darah terbaik, karena ia terbuat dari bahan dasar kacang yang memang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Hanya dari 2 sendok makan selai kacang, ia mengandung 0.6 mg zat besi.

Untuk mengoptimalkan manfaatnya, anda dapat mengkonsumsi selai kacang yang dioleskan diatas roti gandum kemudian anda konsumsi sebagai sarapan sehat setiap hari, sebagai pelengkap, anda juga dapat mengkombinasikannya dengan segelas jus jeruk atau lemon.

Dada ayam

Selain gurih dan enak, rutin mengkonsumsi dada ayam juga dapat membantu menambah darah dengan cepat, karena adanya kandungan zat besi yang tinggi didalamnya. 

Anda bisa mendapatkan 0.7 mg zat besi, hanya dari 100 g dada ayam.

Kerang

Kalau kalian gak suka dengan makanan darat, makanan laut dapat anda jadikan alternatif terbaik untuk membantu menambah darah pada tubuh anda. Contoh makanan laut terbaik untuk membantu menambah darah adalah kerang. 

Kerang merupakan makanan laut yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi sekali, sehingga tidak heran ia dapat membantu menambah darah dengan cepat. Selain itu ia juga memiliki kandungan nutrisi lain yang kesemuanya sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Jika dirinci, dari 100 gram kerang mengandung 28 mg zat besi, 22.1 mg vitamin C, dan 98.9 mcg vitamin B12.

Beras merah

Jika anda ingin menambah darah, mulai sekarang anda dapat beralih dari mengkonsumsi berat putih ke beras merah. Selain dapat memberikan kalori pada tubuh ia juga kaya akan kandungan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh anda.
Dari 100 gram beras merah, setidaknya mengandung 0.4 mg zat besi.

Ikan

Selain kerang, makanan laut lain yang terbukti efektif untuk menambah darah adalah ikan, khususnya untuk ikan tuna, ikan salmon dan ikan sarden.

Ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, selain adanya zat besi yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh, ia juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat mencegah pembekuan darah dan mengurangi resiko terkena stroke.

Coklat hitam

Jika anda pecinta coklat, beruntunglah anda, karena ternyata coklat juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menambah darah pada tubuh kita, namun usahakan untuk memilih jenis coklat hitam, karena coklat hitam merupakan jenis coklat yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dari 100 gram coklat hitam saja sudah dapat memenuhi 35 persen kebutuhan asupan zat besi harian anda.

Selain dapat membantu menambah darah, coklat hitam juga memiliki manfat hebat lainnya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Brokoli

Salah satu sayuran sehat yang sangat efektif untuk membantu menambah darah adalah brokoli. Sama seperti bayam, ia juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sekali. Sehingga dapat dengan cepat meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh anda.

Dari 100 gram brokoli diperkirakan mengandung 2.7 mg zat besi, ia juga memiliki cukup serat untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Biji bunga matahari

Buat anda yang suka ngemil, mulai sekarang boleh nih banyak-banyak ngemil kuaci. Kuaci atau biji bunga matahari ternyata juga ampuh sekali untuk membantu menambah darah pada tubuh anda.

Selain memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, ia juga mengandung nutrisi penting lainnya termasuk zat besi. Hanya dengan mengkonsumsi 1 cangkir biji bunga matahari, ia sudah dapat mencukupi hampir setengah kebutuhan asupan zat besi harian anda.

Makanan penambah darah lainnya

Diatas merupakan daftar makanan penambah darah terbaik yang dapat anda konsumsi setiap hari. Menurut healthline.com, jika anda ingin menambah darah, intinya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B-12, tembaga, vitamin C, dan vitamin A.

Selain dengan mengkonsumsi makanan penambah darah seperti diatas, dibawah ini juga caramedika berikan beberapa rekomendasi makanan penambah darah lainnya yang sangat disayangkan jika tidak anda tambahkan pada menu harian anda. 
  • Tahu
  • Tempe
  • Seledri
  • Kangkung
  • Susu kedelai
  • Zaitun hitam
  • Jus asam
  • Blue berry
  • Stroberi
  • Buah anggur
  • Buah apel
  • Buah kurma
  • Pisang
  • Semangka
  • Kismis
  • Aprikot
  • Lobak
  • Asparagus
  • Kacang polong
  • Kacang mede
  • Kacang merah
  • Buah aprikot
  • Ubi jalar
  • Lentil
  • Biji labu
  • Wijen
  • Kacang almond
  • Kacang buncis
  • Tiram
  • Kentang
  • Daging bebek
  • Daging angsa
  • Daging kalkun
  • Cherry
  • Blewah
  • Alpukat
  • Kiwi
  • Sukun
  • Buah naga
  • Sirsat
  • Pepaya
  • Jambu Biji
  • Mangga
  • Kacang hijau
  • Kacang panjang
  • Kol
  • Sawi
  • Buncis
  • Daging kambing
  • Udang
  • Mentimun
  • Daun singkong
  • Pare
  • Pak choy
  • Wortel
  • Labu
  • Telur puyuh
  • Daging puyuh
  • Telur ayam
  • Telur bebek
  • Telur angsa
  • Itik
  • Telur itik
  • Jahe
  • Dll
By