Penyebab dan cara mengatasi perut kembung secara alami paling ampuh, cepat dan terbukti efektif

Apakah anda pernah mengalami masalah perut kembung ?. Jika anda pernah mengalaminya tentu saja rasanya tidak nyaman sekali bukan ?.

Perut kembung merupakan masalah umum yang sering diderita oleh orang-orang pada saat ini, masalah ini bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Sebelum anda mencoba menyingkirkan masalah perut kembung tersebut, langkah pertama yang paling bijak untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebabnya, sehingga masalah perut kembung dapat lebih mudah anda atasi.

Penyebab perut kembung

Berikut merupakan penyebab perut kembung yang sering menjadi biang masalah perut kembung tersebut.

Penumpukan Gas

Penumpukan gas di perut dan usus adalah salah satu penyebab paling umum menyebabkan perut kembung. Hal ini dapat ditandai dengan munculnya gejala seperti :
  • Bersendawa berlebihan
  • Mual
  • Terus-terusan pengen BAB
  • Dan perut terasa penuh
Jika anda mengalami masalah perut kembung yang diakibatkan oleh penumpukan gas yang berlebihan pada usus dan perut anda, anda jangan terlalu khawatir, karena biasanya masalah tersebut dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan menghilangnya gas dari perut anda.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga dapat menjadi penyebab timbulnya masalah perut kembung. Gangguan pencernaan atau biasa disebut dispepsia, adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit di perut. 

Selain itu gangguan pencernaan juga dapat membuat perut kita menjadi terasa penuh dan kembung. Namun anda jangan terlalu khawatir, Karena kebanyakan orang mengalami episode gangguan pencernaan ini hanya singkat dan dari waktu ke waktu saja.

Masalah ini sering disebabkan oleh:
  • Makan terlalu banyak
  • Makanan yang pedas atau asam
  • Minum alkohol yang berlebihan
  • Menggunakan obat-obatan yang dapat mengiritasi lambung, seperti ibuprofen
  • Infeksi perut ringan

Gastroparesis

Gastroparesis merupakan gangguang otot lambung yang membuat otot lambung menjadi lemah dalam mencerna makanan, sehingga fungsi pencernaan pun menjadi terganggu. 

Masalah ini dapat ditandai dengan :
  • Perut terasa kembung
  • sembelit
  • Perasaan kenyang sangat cepat saat makan
  • Kehilangan selera makan
  • Perut mulas
  • Perut mual dan terasa ingin muntah
  • Timbulnya rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut

Sembelit

Sembelit sering menyebabkan kembung. Sembelit merupakan suatu gangguan pencernaan yang terjadi akibat pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan.

Penyebab sembelit meliputi:
  • Dehidrasi
  • Tidak cukup serat dalam makanan
  • Intoleransi makanan
  • Kehamilan
  • Gangguan usus tertentu
  • Defisiensi nutrisi, termasuk magnesium
  • Obat-obatan tertentu
  • Pada kebanyakan orang, episode konstipasi berumur pendek.

Infeksi Perut 

Infeksi perut dapat menyebabkan gas berlebih sehingga perut menjadi kembung, masalah ini sering disebabkan oleh bakteri seperti Escherichia coli atau Helicobacter pylori, atau infeksi virus seperti norovirus atau rotavirus. Masalah ini juga biasanya disertai oleh:
  • Diare
  • Muntah
  • Mual
  • Sakit perut
Infeksi perut biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, beberapa orang mungkin mengalami dehidrasi parah atau terus memburuk selama beberapa hari.

Intoleransi makanan

Beberapa orang menjadi kembung setelah makan makanan tertentu. Misalnya, orang yang tidak toleran laktosa , atau yang menderita alergi gluten atau penyakit celiac. 

Beberapa orang juga mengaku mengalami masalah kembung akibat mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, pedas dan masam.

Selain itu menurut beberapa penelitian, minuman berkarbonasi juga berkontribusi besar terhadap timbilnya masalah perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung secara alami

Diatas merupakan beberapa penyebab perut kembung. Setelah mengetahui berbagai penyebab perut kembung, lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung tersebut.

Secara umum masalah perut kembung memang dapat sembuh dengan sendirinya, tergantung penyebab perut kembung tersebut, namun jika anda mengalami ketidaknyamanan dan ingin cepat-cepat menghilangkan masalah perut kembung tersebut. Beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami dibawah ini dapat anda jadikan solusi terbaiknya.

Minyak peppermint 

Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial terbaik untuk mengurangi kembung dan peradangan. Minyak peppermint dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Tidak hanya efektif untuk membantu menenangkan otot perut, ia juga dapat membantu menghilangkan gas dari perut anda. Sehingga masalah perut kembung pun dapat cepat-cepat teratasi.

Untuk memanfaatkannya sebagai obat alami perut kembung, anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint ini pada aneka masakan anda atau dengan mencampurkannya pada minuman kesukaan anda, seperti jus, wedah jahe atau teh.

Jahe

Jahe merupakan obat alami yang sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi perut kembung. Senyawa gingerol dan shogaol yang ditemukan pada jahe secara efektif dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan terutama masalah peradangan di usus anda.

Untuk memanfaatkannya, anda dapat membuat wedang jahe dengan mengiris tipis jahe menjadi beberapa bagian, kemudian merendamnya kedalam air mendidih selama 10 menit, kemudian meminumnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak peppermint atau lemon pada wedang jahe yang anda buat.

Sebagai alternatif lainnya, anda juga dapat mencampurkan jahe tersebut pada aneka masakan kesukaan anda.

Minyak Chamomil

Minyak chamomil juga dapat anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan masalah perut kembung.  Minyak chamomil secara efektif dapat mengurangi jumlah peradangan di usus. Selain itu ia juga dapat membantu mengurangi rasa nyari dan sakit akibat peradangan perut tersebut.

Ketika masalah perut kembung disertai rasa sakit pada perut terjadi, anda dapat mengambil beberapa tetes minyak chamomil kemudian mengoleskannya secara merata pada bagian perut anda. Rasakan aromanya dan biarkan selama beberapa menit.

Minyak Atsiri Cumin

Minyak esensial jinten atau cumin dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kembung. Minyak atsiri ini bekerja dengan mengurangi kram dan rasa sakit akibat gejala kembung.

Anda dapat mengkonsumsi beberapa tetes minyak jinten atau mengoleskannya pada perut anda ketika masalah perut kembung terjadi.

Probiotik 

Cara lain yang bagus untuk mengatasi kembung adalah dengan memasukkan bakteri sehat ke dalam usus menggunakan probiotik. Menambahkan lebih banyak bakteri "baik" ke sistem pencernaan Anda akan membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah penumpukan bakteri "jahat" yang mungkin menghasilkan gas berlebih dan menyebabkan kembung. Anda bisa mendapatkan probiotik dengan mengonsumsi sumber makanan kaya probiotik seperti yogurt Yunani, asinan kubis, kefir, dan banyak lagi.

Teh herbal

Pilihan lain yang baik untuk mengatasi gejala kembung adalah dengan meminum teh herbal. Teh memiliki kandungan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi iritasi dan peradangan pada usus anda. Salah satu teh herbal yang paling efektif untuk mengatasi perut kembung tersebut adalah teh dandelion, ia dapat bertindak sebagai diuretik ringan yang juga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan.

Anda dapat mengkonsumsi teh herbal tersebut ketika masalah perut kembung datang 2-3 kali dalam sehari.

Mengkonsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan berserat juga dapat anda jadikan solusi untuk membantu mengatasi masalah perut kembung yang kini sedang anda alami. Karena dengan mengkonsumsi makanan berserat dapat membantu pencernaan anda menjadi lebih lancar sehingga masalah sembelit dan penumpukan gas yang membuat perut anda kembung dapat segera diatasi. 

Ada banyak sekali contoh makanan berserat yang dapat anda konsumsi untuk membantu mengatasi masalah perut kembung tersebut, seperti pisang, apel, kentang, wortel, brokoli, kacang-kacangan, lobak, selada dan lain-lain.

Lemon

Lemon dapat merangsang enzim pencernaan dan membantu mempercepat proses penyembuhan gangguan pencernaan yang terjadi di usus anda sehingga masalah pada perut seperti perut kembung dapat segera diatasi.

Untuk memanfaatkannya anda dapat membuat sendiri segelas air lemon dengan memeras beberapa buah lemon kemudian mencampurkannya dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang makasimal anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air perasan jahe atau minyak peppermint.

Lakukan gerakan yoga sederhana

Tidak hanya meredakan nyeri otot dan persendian, tetapi yoga juga menawarkan kelegaan ketika sistem pencernaan anda sedang mengalami masalah, seperti halnya masalah perut kembung tersebut.

Ada banyak sekali latihan yogaa berbeda yang dapat anda lakukan di rumah untuk meredakan kembung dan mengurangi rasa sakit di perut. Intinya adalah lakukan jenis yoga yang berfokus pada pernafasan dan otot-otot sekitat perut anda.

Sebagai contoh adalah gerakan yoga apanasana, dengan awalan berbaring telentang dan memeluk lutut ke dada, kemudian lakukan gerakan telentang dengan mengangkat lutut ke satu sisi dan membiarkan kepala anda jatuh ke arah yang berlawanan. 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Selain dengan menerapkan cara-cara diatas, untuk membantu mengatasi masalah perut kembung secara tuntas, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

Tips mengatasi perut kembung secara tuntas

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang manis-manis
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang makanan yang asin-asin
  • Hindari mengkonsumsi alkohol
  • Perhatikan kebersihan makanan anda
  • Perbanyak makanan makanan yang mengandung serat
  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat teratur
Sekian artikel tentang cara mengatasi perut kembung secara alami, semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi untuk kita semua.

Referensi : medicalnewstodaymonqbustle
By